Konsumen Indonesia Ternyata Masih Khawatirkan Keamanan dalam Metode Pembayaran yang Baru

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 04 Desember 2018 - 15:54 WIB

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia. (Foto Dok Industry.co.id)
Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia. (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id-Jakarta– Visa, penyedia teknologi pembayaran digital, pada Selasa (4/12/2018) meluncurkan Future of Security Roadmap untuk Indonesia yakni sebuah skema yang menjabarkan pendekatan dalam meningkatkan keamanan sistem pembayaran di Indonesia selama empat tahun ke depan.

Roadmap ini berfokus pada sejumlah inisiatif utama dalam meningkatkan keamanan pembayaran seiring perkembangan teknologi yang mengubah cara konsumen dalam membayar. Beberapa inisiatif tersebut, diantaranya:

  • Devalue Data – Mengenkripsi data sensitif dengan menggunakan Kartu Chip EMV dan Tokenisasi
  • Protect Data – Melindungi data pembayaran dengan mematuhi Payment Card Industry Data Security Standards (PCI DSS)
  • Harness Data – Menghentikan penipuan sebelum terjadi menggunakan Dynamic Risk-Based Authentication
  • Empower Everyone – Merangkul pemegang kepentingan dalam memperkuat keamanan pembayaran

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, menyampaikan kebanggaanya karena dapat meluncurkan Future of Security Roadmap untuk Indonesia.

“Memastikan keamanan ekosistem pembayaran merupakan prioritas utama dan kami meyakini bahwa hal ini merupakan tanggung jawab bersama antara penyedia jaringan pembayaran, konsumen, perbankan, dan pemerintah. Perkembangan teknologi mendorong cara-cara pembayaran yang inovatif, tetapi di sisi lain, juga membawa risiko tersendiri,”ujarnya.

 Untuk mencegah penipuan, tentunya penting untuk berkolaborasi dan berinvestasi dalam meningkatkan keamanan sistem pembayaran, selaras pentingnya berinovasi dalam menciptakan pengalaman baru dalam bertransaksi.

Roadmap Visa diterbitkan demi menjawab pesatnya transformasi pembayaran di Indonesia seiring hadirnya sejumlah inovasi seperti pembayaran mobile yang semakin meningkatkan ekspektasi konsumen saat melakukan pembayaran.

Berdasarkan studi Consumer Payment Attitudes yang dilakukan Visa, keamanan merupakan kekhawatiran utama para konsumen di Asia Tenggara, di mana dua pertiga konsumen (67%) merasa khawatir dengan keamanan informasi pribadi mereka saat menggunakan ponsel untuk melakukan pembayaran.

Saat ditanya secara spesifik, konsumen di Indonesia menyebutkan bahwa kehilangan atau kecurian ponsel, menjadi korban peretasan atau pencurian data, serta serangan malware dan virus dalam ponsel merupakan tiga kekhawatiran terbesar saat melakukan pembayaran menggunakan ponsel.

Visa bekerja sama dengan para pemangku kepentingan di industri pembayaran, termasuk diantaranya institusi keuangan, pelaku usaha, pembuat kebijakan, penegak hukum, dan pemegang akun dalam rangka memastikan keamanan pembayaran. Visa Future of Security Roadmap merupakan sebuah dokumen yang komprehensif disusun dari hasil konsultasi dan kerja sama yang dapat digunakan sebagai panduan untuk meningkatkan keamanan sistem pembayaran di Indonesia.

Visa menyajikan roadmap tersebut ke seluruh dunia untuk memperkokoh keamanan ekosistem pembayaran global, serta berkolaborasi dengan sejumlah institusi di Indonesia untuk menyelaraskan inisiatif keamanan tersebut.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nikmati Kemudahan Menginap saat Libur Lebaran bersama Traveloka

Rabu, 22 Mei 2019 - 14:07 WIB

Nikmati Kemudahan Menginap saat Libur Lebaran bersama Traveloka

Nikmati Kemudahan Menginap saat Libur Lebaran bersama Traveloka

Peringati Hari Jadi, CKB Logistics Bagi Berkah Ramadan untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Rabu, 22 Mei 2019 - 13:59 WIB

Peringati Hari Jadi, CKB Logistics Bagi Berkah Ramadan untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Peringati Hari Jadi, CKB Logistics Bagi Berkah Ramadan untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Kerjasama Grab dan Pegadaian

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:51 WIB

Jaring Nasabah Baru, Pegadaian dan Grab Kerjasama Produk #PegadaianGrabBenefit

Kerjasama ini merupakan bentuk program #PegadaianGrabBenefit yang bertujuan untuk mendapatkan segmen nasabah baru yaitu Mitra Grab serta mendorong peningkatan kinerja bisnis Produk Kreasi Multiguna…

Dirjen Kemensos, Harry Hikmat (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:48 WIB

Penyaluran Bansos PKH Makin Transparan Dengan OM-SPAN

Kementerian Sosial berkomitmen untuk menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan akuntabel.

Indterior 2019 Akan Kembali Digelar

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:02 WIB

Dukung Industri Interior Indonesia, Indterior 2019 Akan Kembali Digelar

Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta dan PT Citra Inovasi Strategi (CIS) Exhibition kembali mengumumkan kolaborasi konsep unik & kreatif dalam rangka menyelenggarakan pameran…