Pemda Diharapkan Kembangkan Sektor Pariwisata Geopark

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 01 Desember 2018 - 12:41 WIB

Geopark Tingkatkan Partisipasi, dan Pendapatan Masyarakat Sekitar
Geopark Tingkatkan Partisipasi, dan Pendapatan Masyarakat Sekitar

INDUSTRY.co.id - Bogor- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak kepala daerah berinvestasi mengembangkan geopark karena memiliki nilai keekonomian yang dapat dijual sehingga meningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

"Saya yakinkan pada semua kepala daerah, bahwa geopark bisa dijual. Tapi kalau tidak investasi tidak bisa, harus investasi," katabya saat menghadiri penyerahan sertifikat pengakuan Geopark Nasional untuk delapan kepala daerah yang berlangsung di Geopark Pongkor, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/11/2018)

Menurutnya, perkembangan geopark di Indonesia relatif lambat dibandingkan negara lain di Indonesia, padahal potensinya jauh lebih banyak.

Ia mencontohkan China memiliki 34 geopark berstatus (UGG) atau UNESCO Global Geopark dan 204 geopark nasional. Sementara Indonesia baru memiliki 15 geopark nasional dan empat Geopark UGG.

Menpar mensinyalir kondisi ini dikarenakan definisi geopark belum mencantumkan nilai keekonomian. "Inilah yang saya curiga, para bupati, dan wali kota tidak tertarik berinvestasi, karena kalau disebut nilai keekonomiannya tinggi pasti pada mau berinvestasi," katanya.

Menpar membandingkan pengembangan geopark di China yang memiliki 37 UGG dan 204 geopark nasional mampu mendatangkan wisatawan 21 juta pengunjung, dan Pulau Jeju, Korea Selatan delapan juta pengunjung.

"Ini bukti geopark menarik wisatawan dalam jumlah yang besar," katanya.

Menpar menyebutkan 65 persen sumbangan ekowisata di China bersumber dari geopark, sedangkan di Indonesia baru 35 persen.

Contohnya pengembangan geopark Indonesia adalah Geopark Gunung Sewu yang mampu menarik lima juga wisatawan. Sedangkan geopark Malaysia mampu menarik enam juta pengunjung.

Ia menyebutkan, Danau Toba sebelum ditetapkan sebagai geopark belum bisa menarik wisatawan lebih banyak. Sejak ditetapkan sebagai geopark nasional kini rata-rata pengunjung naik 300 persen. Untuk mendorong keseriusan pemerintah kota dan kabupaten mengembangkan geopark, Menpar meminta Komite Geopark Nasional untuk mencantumkan nilai keekonomian dalam definisi geopark.

"Maka saya minta kepada tim agar nilai keekonomian dari geopark dimasukkan dalam definisi," katanya kepada awak media.

Ia kembali mencontohkan Geopark Danau Toba. Nama Geopark Danau Toba bisa mensejahterakan masyarakat di sana dengan pertumbuhan PAD rata-rata 79 persen, atau 80 persen. Menpar menyaksikan penyerahan sertifikat pengakuan status Geopark Nasional kepada delapan geopark, salah satunya Geopark Pongkor - Bogor.

"Saya harapkan Geopark Pongkor ini bisa menyejahterakan masyarakat terutama di daerah sini (Pongkor) dan lebih luas lagi di kabupaten Bogor," katanya.

Penambahan jumlah status Geopark Nasional tahun 2018 sebanyak delapan geopark diharapkannya semakin melestarikan dan menyejahterakan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BBM, SPBU (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 21 April 2021 - 18:14 WIB

Asik...Pertamina Guyur Promo di Harkonas, Konsumen Bisa Beli BBM Dengan Harga Rp300 Per Liter

Sepanjang bulan April, masyarakat bisa menikmati pembelian Pertamax Series dan Dex Series dengan harga hemat Rp 300 per liter tanpa batas maksimal transkasi menggunakan aplikasi MyPertamina…

VIDIA Penyelenggara Sertifikat Elektronik

Rabu, 21 April 2021 - 18:00 WIB

Penyelenggara Sertifikat Elektronik Sediakan Dokumen Digital Terpercaya melalui Tanda Tangan Elektronik

PT Indonesia Digital Identity (VIDA) menjadi perusahaan Penyelenggara Sertifikat Elektronik pertama di Indonesia yang terdaftar sebagai penyedia layanan tanda tangan elektronik yang aman dan…

Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Arcandra Tahar

Rabu, 21 April 2021 - 17:15 WIB

Arcandra Tahar Sebut PGN Punya Peran Penting Ambil Peluang Optimalkan Kebutuhan LNG Dunia yang Semakin Membesar

Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Arcandra Tahar mengungkapkan, PGN memiliki posisi strategis dalam penyediaan energi yang ramah lingkungan dan efisien di dalam negeri. Dijelaskan…

KSPI

Rabu, 21 April 2021 - 17:00 WIB

Buruh Desak MK Batalkan UU Cipta Kerja

Mahkamah Konstitusi menggelar sidang pendahuluan uji formil judicial review UU Cipta Kerja, Rabu (21/4/2021). Uji formil ini dimohonkan oleh Riden Hatam Aziz dan kawan-kawan, yang merupakan…

Pelayanan Rapid Antigen di Rest GT Gunung Sugih, Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar

Rabu, 21 April 2021 - 17:00 WIB

Hutama Karya Tingkatkan Pelayanan Test Rapid Antigen Sepanjang Masa Pamdemi

Dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19 di tengah momen Ramadhan tahun 2021 ini, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tetap melakukan…