PT Krakatau Steel akan Akuisisi Pabrik Baja di 2019

Oleh : Herry Barus | Selasa, 27 November 2018 - 13:06 WIB

Ilustrasi Baja
Ilustrasi Baja

INDUSTRY.co.id - Jakarta-PT Krakatau Steel (Persero) Tbk berencana mengakuisisi pabrik baja lokal pada tahun depan.

"Rencananya, kita ambil pabrik yang kolaps dan sudah kolaps," tutur Direktur Utama Silmy Karim ditemui Imq di kantor Kementerian BUMN belum lama ini.

Menurut dia, rencana aksi korporasi dapat direalisasikan jika perusahaan sudah sehat sehinga lembaga keuangan dan investor menjadi percaya terhadap perseroan. Dengan adanya rencana pengambilalihan pabrik ini, Krakatau Steel mendapatkan tambahan 1 juta ton baja.

"Tetapi, kami belum bisa disclosure identitas, jumlah yang diakuisisi, serta nilai transaksinya," katanya.

Saat ini, kapasitas produksi baja Krakatau Steel sekitar 5 juta ton. Pada tahun depan, akan bertambah sebanyak 1,5 juta ton dengan rampungnya pembangunan pabrik hot strips mill (HSM) 2 atau pabrik baja lembaran panas 2, sehingga total kapasitas rolling akan mencapai 3,9 juta ton per tahun.

Ia menambahkan, pembangunan kluster 10 juta ton baja di Cilegon ditargetkan rampung pada 2025. Oleh sebab, kapasitas produksi perseroan dapat mencapaii 10 juta ton.

Pada 2019, perseroan mengalokasikan belanja modal sebesar US$200 juta. Rincian penggunaan dananya untuk pembangunan pembangkit listrik, coil center, serta coll rolling mill.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Senin, 16 September 2019 - 09:00 WIB

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Dua perusahaan berbasis digital yakni PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.

Ilustrasi Gula (Ist)

Senin, 16 September 2019 - 08:07 WIB

Swasembada Gula Putih di Depan Mata

Jakarta - Dorongan terus dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap investor di bidang gula untuk meningkatkan kapasitas produksi gula guna mencapai target memenuhi kebutuhan gula…

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 September 2019 - 08:02 WIB

Awal Pekan IHSH Bergerak Terkoreksi

Jakarta - Secara teknikal pergerakan IHSG mengkonfirmasi pola dark cloud cover dengan terkoreksi menguji MA50 kembali yang berad dikisaran 6300. Indikator Stochastic memiliki pola dead-cross…

 founder BeauCell Indah Ludiana Ester Meiliana dan Imelda Willy bersama Para selebritis saat pembukaan Beaucell

Senin, 16 September 2019 - 08:02 WIB

Klinik Kecantikan BeauCell Selaraskan Dengan Teknologi Industri 4.0

Pesatnya kemajuan teknologi di industri 4.0 juga berdampak pada industri kecantikan. Seiring perubahan zaman masyarakat urban mengidamkan kehadiran klinik kecantikan terpadu yang menawarkan…

Fajar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

Senin, 16 September 2019 - 07:42 WIB

Bekraf Sambut Kehadiran Blockchain Bisa Atasi Sejumlah Persoalan Hak Intelektual

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menyambut antusias keberadaaan tekhnologi blockhain di tanah air karena sangat membantu mengatasi sejumlah persoalan Hak Inelektual yang terjadi selama ini. Sejumlah…