Sial Intefood Dongkrak Kuliner Nusantara Tembus Pasar Internasional

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 21 November 2018 - 13:52 WIB

Pameran kuliner internasional Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November 2018 di JIExpo Kemayoran (Foto: INDUSTRY.co.id)
Pameran kuliner internasional Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November 2018 di JIExpo Kemayoran (Foto: INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pameran Sial Interfood 2018 resmi dibuka hari ini. Pameran kuliner internasional ini diharapkan memperkenalkan dan semakin mempopulerkan kuliner khas Indonesia. Pameran yang berlangsung empat hari mulai 21 hingga 24 November ini diikuti 1.000 peserta dari 49 negera, tentunya ini menjadi ajang meningkatkan ekspor produk industri makanan.

"Saya lihat acara pameran ini merupakan konten gabungan bagaimana bisa menarik wisatawan. Mengingat spending wisatawan asing untuk kuliner ketika berlibur mencapai 30 persen," kata Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Rizki Handayani

Dia juga menjelaskan bahwa industri kuliner Indonesia kini berkembang luar biasa. Hal ini terlihat dari mulai banyaknya masyarakat yang menggunakan platform digital untuk mempromosikan produk yang mereka jual. Belum lagi pedagang kaki lima di lokasi-lokasi destinasi wisata yang dibanjiri oleh wisatawan terutama malam hari.

"Ini berkembang luar biasa. Kuliner bisa siapa saja. Ini bicara kreativitas pelayanan SDM enggak bisa digantikan teknologi. Industri makanan kita berkembang," ujar dia.

Kini yang perlu diperhatikan, kata dia, adalah kualitas dan kebersihan untuk memberikan standarisasi penyajian bahan. Pemerintah daerah pun harus turut andil dalam mengedukasi pedagang kaki lima mengenai standar kebersihan dan higienitas.

"Yang perlu Pemda lakukan adalah tempat kuliner malam ada syarat kebersihan dan hygine yang perlu diperhatikan," ucapnya.

Sementara itu, CEO PT Kristamedia Pratama selaku pihak penyelenggara acara Daud D Salim menyampaikan Sial Interfood tak sekedar pameran melainkan diselenggarakan kompetisi memasak antar chef dari berbagai bidang masakan, demo teh dan kompetisi menyeduh teh, seminar dan workshop mengenai kopi dan wine, juga pertemuan bisnis antar pelaku industri kuliner internasional.

Ia  menambahkan disini ada banyak pameran makanan minuman, restoran, kafe, catering, dan lainnya. Ada banyak produk yang ditampilkan mulai dari kopi teh, cokelat, rempah-rempah, dan lainnya. Yang lebih menarik acara ini didukung asosiasi. Ada kompetisi kuliner yang pesertanya adalah chef dari hotel berbintang. Tahun lalu yang ikut ada 312 chef hotel berbintang.

“Tahun ini akan ada 610 chef. Dan, 10 persennya berasal dari chef internasional. Juri internasional ada 20 orang lebih. Selain itu untuk pertama kali akan ada proses pembuatan teh Nusantara. Ada banyak ragam teh Tanah air," pungkasnya

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…