Aceh Tengah Targetkan Produksi Kopi 800 Kh/Ha

Oleh : Herry Barus | Minggu, 18 November 2018 - 06:37 WIB

Tanaman kopi (foto Industry.co.id)
Tanaman kopi (foto Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Banda Aceh- Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pertanian daerah setempat menargetkan produksi komoditas kopi di kawasan tersebut mencapai 800 kilogram per hektare pada 2018.

"Kita tergetkan produksi kopi pada tahun ini meningkat dari 774 kilogram per hektare pada tahun 2017 menjadi 800 kilogram per hektare tahun ini," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah, Juanda di Takengon, Sabtu (17/11/2018)

Ia menjelaskan pihaknya terus berupaya agar produktivitas kopi arabica di Dataran Tinggi Gayo tersebut mengalami peningkatan setiap tahunnya, sehingga program meningkatkan kesejateraan petani dapat terwujud di masa mendatang.

Ada pun langkah-langkah yang terus dilakukan dalam mendongkrak produktivitas tersebut diantaranya peremajaan, rehabilitasi, pemangkasan dan perawatan yang baik guna memperoleh hasil maksimal.

Ia menyebutkan Kabupaten Aceh Tengah miliki lahan kopi seluas 46 ribu hektare, yang terdiri dari lima ribu hektare tanaman tua dan 41 ribu hektare lainnya merupakan tanaman produktif.

Juanda menambahkan salah satu program yang sedang digalakkan untuk peningkatan produktivitas hasil pertanian milik petani di daerah berhawa dingin tersebut adalah dengan membentuk tim brigade pemangkasan kopi tingkat kecamatan guna meningkatkan produksi kopi arabica di daerah setempat.

"Brigade pemangkasan kopi yang awalnya digagas pada bulan enam di Kecamatan Bies, kini sudah berjumlah enam kecamatan dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Tengah," kata Kepala Dinas Pertanian Aceh Tengah, Juanda di Banda Aceh, kepada awak media.

Ia menjelaskan pemangkasan tanaman kopi memiliki peranan penting untuk meningkatkan produktivitas dan menjadikan tanaman tersebut tumbuh subur dan produktif.

"Pemangkasan ini juga bagian untuk membantu pencegahan hama penyakit yang dapat menyerang tanaman kopi," katanya.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 08:00 WIB

DPR: Hilangkan Ego Kelompok yang Lampaui Batas Toleransi Hukum

Ketua DPR Bambang Soesatyo(Bamsoet) mengimbau semua elemen masyarakat segera menghilangkan ego kelompok yang melampaui batas toleransi hukum dan undang-undang (UU). Setiap kelompok masyarakat…

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 06:40 WIB

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019

Torehan prestasi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali terukir berkat komitmennya dalam membangun solusi perbankan yang tepat untuk nasabah di tengah masifnya transformasi digital saat ini.…

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.