Presiden Jokowi Bahas Indo-Pasifik dalam Pleno KTT ASEAN

Oleh : Herry Barus | Rabu, 14 November 2018 - 05:30 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Singapura- Presiden Joko Widodo membahas perkembangan konsep kerja sama kawasan Indo-Pasifik dalam sesi pleno KTT Ke-33 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Pusat Konvensi Suntec, Singapura.

"Agar sentralitas tetap terjaga, maka tidak ada jalan lain bagi ASEAN kecuali menggunakan KTT Asia Timur sebagai platform utama pembahasan konsep ini," kata Presiden dalam pidatonya pada Selasa malam (13/11/2018)

Kondisi tidak pasti dan besarnya tantangan yang dihadapi di kawasan Indo-Pasifik dapat menimbulkan ancaman kepada perdamaian, stabilitas dan kemakmuran dalam kaitannya dengan tarik menarik konstelasi kekuatan dunia.

Presiden menambahkan posisi ASEAN yang berada di kawasan Indo-Pasifik harus mampu menjadi poros, memainkan peranannya dan mengubah ancaman menjadi peningkatan kerja sama.

"ASEAN harus tetap menjadi motor bagi perdamaian dan kesejahteraan. ASEAN harus dapat mengubah potensi ancaman menjadi kerja sama, potensi ketegangan menjadi perdamaian," ujar Jokowi.

Konsep Indo-Pasifik dapat dikembangkan dengan peningkatan kerja sama yang mengedepankan prinsip keterbukaan dan penghormatan terhadap hukum internasional.

Presiden mengatakan ASEAN perlu mengembangkan kerja sama Indo-Pasifik dengan mengedepankan penghormatan kepada hukum internasional serta sentralitas ASEAN.

Kepala Negara menyambut baik tanggapan positif negara-negara ASEAN terhadap konsep Indo-Pasifik yang dijadikan konsep bersama ASEAN.

"Saya gembira draf konsep bersama tersebut telah dibahas dan Insya Allah dapat segera disepakati. Konsultasi informal juga telah dilakukan dengan negara mitra ASEAN," ucapnya.

Presiden menambahkan wawasan yang inovatif tersebut akan memberikan arah kerja sama bagi ASEAN kedepan dengan menekankan Indo-Pasifik sebagai pusat geo-strategis untuk mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan bersama.

Kepala Negara telah mengikuti pembukaan KTT Ke-33 ASEAN dan Jamuan Makan Malam Resmi ASEAN serta Pertemuan Pleno ASEAN.

Selain itu, Kepala Negara juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala pemerintahan dan kepala negara pada Rabu (14/11) dan juga dengan negara mitra ASEAN yakni KTT Ke-21 ASEAN-Tiongkok, KTT Ke-20 ASEAN-Korea Selatan, KTT Ke-3 ASEAN-Rusia, KTT Ke-21 ASESAN-Jepang, KTT Ke-2 RCEP, dan KTT Ke-6 ASEAN-AS.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi BNI usai paparan kinerja

Senin, 29 April 2024 - 18:33 WIB

BNI Raih Laba Bersih Rp5,33 Triliun Kuartal I 2024

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI konsisten mencatatkan pertumbuhan kinerja keuangan yang positif dan berkelanjutan pada periode awal tahun 2024.

Program BISA

Senin, 29 April 2024 - 18:05 WIB

Cegah Stunting di Jawa Barat dan NTT, Program BISA Tingkatkan Perilaku CTPS Sebesar 81,5%

Save the Children bersama dengan mitra konsorsium Unilever Lifebuoy, berhasil meningkatkan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui program…

Industri logam dan baja

Senin, 29 April 2024 - 17:35 WIB

Mantaps! Industri Manufaktur RI 'Kokoh' Ditengah Ketidakstabilan Kondisi Ekonomi Global

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan April 2024 masih ekspansi 52,3, turun sebesar 0,75 poin dibandingkan Maret 2024 sebesar 53,05, meskipun ekspansinya melambat, hal ini merupakan sinyal…

Bank Jatim (Foto Moneter)

Senin, 29 April 2024 - 17:16 WIB

Wow! Awali Tahun 2024, Bank Jatim Cetak Kinerja Ciamik

Jakarta-PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) sukses mencatatkan kinerja yang positif sepanjang Triwulan Pertama 2024.

CEO YAMADA Consulting & Spire yang juga Executive Officer dan Head of Global Business Development YAMADA Consulting Group Ryosuke Funayama (kedua dari kanan) dan COO YAMADA Consulting & Spire Jeffrey Bahar (pertama dari kanan) didampingi beberapa staf berpose bersama di kantor pusat YAMADA Consulting Group, Tokyo, Jepang, belum lama ini.

Senin, 29 April 2024 - 17:09 WIB

Keren! Spire Research and Consulting Rebranding Jadi YAMADA Consulting & Spire

Jakarta-Spire Research and Consulting, perusahaan riset dan konsultasi bisnis terkemuka Asia Pasifik yang berpusat di Singapura, menyatakan saat ini telah terintegrasi penuh dengan YAMADA Consulting…