Kopi Rempah Indonesia Digemari di London

Oleh : Herry Barus | Kamis, 08 November 2018 - 16:02 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Zeynita Gibbons London- Paviliun Indonesia memperkenalkan kopi rempah-rempah dengan campuran cengkeh, pala, jahe merah, gula aren, vanila dan kayu manis serta bunga lawang.

Campuran kopi Indonesia itu diminati pengunjung Paviliun Indonesia di pameran pariwisata WTM London yang berlangsung di gedung Excel dari tanggal 5 sampai 7 November 2018.

"Saya mencampurkan bahan-bahan rempah-rempah dari Indonesia dengan kopi ternyata banyak diminati oleh pengunjung paviliun," ujar Sujonsen kepada Antara London, Rabu (7/11/2018)

Kopi Indonesia yang berasal dari berbagai daerah sangat digemari pengunjung Paviliun Indonesia yang setiap hari rela antre hanya untuk dapat mencicipi kopi Indonesia dengan campuran rempah-rempah yang juga punya khasiat bagi kesehatan.

Selain kopi yang dicampur rempah-rempah, pojok kopi di paviliun Indonesia juga menyediakan berbagai macam kopi, ujar Sujonsen, barista dari AEKI Cerita Kopi yang bertugas menyediakan kopi kepada pengunjung paviliun Indonesia di pameran pariwisata WTM London Aroma kopi yang semerbak mengundang pengunjung paviliun Indonesia yang tampil dengan ikon kapal Phinisi merefleksikan penghargaan bangsa Indonesia terhadap budaya bangsa, untuk mencicipi kopi asli dari Indonesia.

Sujonsen mengatakan banyak pengunjung yang bertanya tentang asal kopi, dan umumnya pengunjung rela antre untuk mencicipi kopi Gayo yang berasal dari Sumatera apalagi dengan adanya berbagai rempah-rempah tradisional Indonesia dan bahkan ada yang minta resep campuran rempah-rempahnya apa aja.

Menurut Sujonsen adapun kopi yang dipromosikan di antaranya adalah kopi Aceh Gayo, Flores, Sumatra Mandheling, Sumatra Toba Samosir Janji Maria , kopi Bali Kintamani dan kopi Toraja Mamasa dan Java.

Antusias pengunjung "Coffee Corner" di anjungan Indonesia sangat banyak dan beberapa pengunjung menikmati kopi asli Indonesia yang dibawa langsung dari daerahnya. Kopi yang khusus didatangkan dari daerah masih berupa kopi mentah dan baru diolah di Jakarta untuk bisa disajikan langsung kepada pengunjung.

Salah seorang pengemar kopi asal London mengatakan bahwa ia sangat suka akan rasa dan aroma kopi yang disajikan. "Aromanya sangat harum dan rasanya asli kopi apalagi dengan ditambah berbagai rempah-rempah, ujar salah seorang pengunjung.

Coffee Corner Indonesia di paviliun Indonesia setiap hari menyediakan sebanyak 600 cangkir.

"Saya membawa coffee bean dari 8 jenis daerah yang berbeda," katanya sambil memperlihatkan kopi yang dibawanya.

Sujonsen mengatakan sangat bangga akan kekayaan alam Indonesia salah satunya adalah kopi. Apalagi Indonesia dikenal sebagai salah satu pengekspor kopi nomor empat terbesar di dunia termasuk Inggris dimana masyarakatnya pengemar kopi.

Kehadiran Indonesia di pameran pariwisata London tidak disia-siakan untuk mempromosikan kopi Indonesia kepada pengunjung WTM London dan hasilnya sangat memuaskan karena banyak pengunjung yang tertarik ingin mencoba kopi Indonesia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pusjarah TNI Gelar Lomba Lukis SMA Tingkat Nasional

Kamis, 14 November 2019 - 04:30 WIB

Pusjarah TNI Gelar Lomba Lukis SMA Tingkat Nasional

Dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI tahun 2019, Pusat Sejarah Tentara Nasional Indonesia (Pusjarah TNI) menggelar “Lomba Melukis SMA Tingkat Nasional” dengan menggunakan kanvas berukuran…

Korps Marinir

Kamis, 14 November 2019 - 04:00 WIB

Dankomar Tijau Gladi Bersih HUT ke 74 Korps Marinir

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) menyaksikan langsung pelaksanaan gladi bersih upacara peringatan HUT ke 74 Korps Marinir tahun 2019 di lapangan hitam Bhumi…

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Kamis, 14 November 2019 - 03:30 WIB

Ketua MPR Minta Iuran BPJS Kesehatan Kelas III Tidak Naik

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) serta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tidak menaikan iuran BPJS…

HUT ke 74 Marinir di Tuban Dimeriahkan dengan Festival Layang-Layang

Kamis, 14 November 2019 - 03:00 WIB

HUT ke 74 Marinir di Tuban Dimeriahkan dengan Festival Layang-Layang

Komunitas Layang Layang menggelar “Tuban National Kite Festival” di lapangan Puslatpur Marinir Animha Tuban. Festival ini dalam rangka memeriahkan HUT ke 74 Korps Marinir. Festival ini diikuti…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Rabu, 13 November 2019 - 22:21 WIB

BNI Syariah Catat Empat Kesepakatan Bisnis di Pembukaan ISEF 2019

Jakarta - BNI Syariah mencatatkan empat kesepakatan bisnis dalam acara business matching pada pembukaan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (13/11) dihadiri…