Bandara Kertajati Bebaskan Biaya Mendarat dan Parkir Pesawat

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 03 November 2018 - 17:20 WIB

Bandara Kertajati
Bandara Kertajati

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati membebaskan biaya mendarat serta parkir pesawat untuk menarik maskapai membuka rute ke daerah tersebut mengingat saat ini baru diisi oleh satu maskapai, yaitu Citilink rute Kertajati-Surabaya.

"Pertama kami memberikan kebijakan insentif kepada maskapai dengan tidak memberikan landing fee, parking fee," kata Direktur Operasi dan Pengembangan Strategi Bisnis BIJB Agus Sugeng Widodo di BIJB Kertajati, Majalengka, Jumat (2/11/2018).

Pembebasan biaya mendarat dan biaya parkir pesawat meerupakan satu dari empat strategi yang dilakukan agar bandara tersebut semakin ramai dikunjungi.

Strategi lainnya, yaitu untuk meningkatkan jumlah penyewa gerai di BIJB Kertajati, Agus memberikan potongan harga untuk menyewa tempat usaha di sana. Selain itu, pihaknya juga mengurangi jumlah bagi hasil (revenue sharing) dengan para calon penyewa gerai. Tak hanya itu, Agus juga menyampaikan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan yang bekerja di sektor perjalanan pariwisata seperti ASITA dan PHRI untuk semakin meningkatkan kesadaran terhadap keberadaan BIJB Kertajati.

"Kami pun bekerja sama dengan pemerintah kota setempat dan bertemu dengan kepala daerahnya dan dinas pariwisata untuk menyampaikan bahwa bandara ini sangat mendukung pertumbuhan ekonomi di Ciayu Majakuning (Cirebon Indramayu Majalengka Kuningan)," jelas Agus.

Strategi lainnya untuk meningkatkan penggunaan BIJB Kertajati adalah dengan menggelar berbagai macam acara seperti Kertajati Funbike dan lain sebagainya.

"Ini agar orang tertatik ke sini, lihat-lihat pameran-pameran di sini agar masyarakat tahu dan foto-foto di sini," kata Agus.

Di sisi lain, Agus pun mengungkapkan kendala utama yang menyebabkan sepinya BIJB Kertajati sampai saat ini.

Kendala tersebut adalah masih dibukanya Bandara Husein Sastranegara di Bandung.

"Kendala utama cuma satu, itu Bandung belum ditutup karena Tol Cisumdawu juga belum jadi. Kalau Bandung sudah ditutup maka permasalahan Kertajati akan selesai semua," ujarnya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Noah

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:20 WIB

Dua Tahun Digarap, Noah Rilis Album 'Keterkaitan Keterikatan’

Ariel, Lukman, Uki, dan David melakukan serangkaian kegiatan yang diberi nama 7 Days in Paradise.

Fashion show di ajang Jakarta Youth Meet Up.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:08 WIB

Jakarta Youth Meet Up Wujudkan Inspirasi dan Selebrasi Anak Muda

Entusiasme anak muda terlihat dari banyaknya pengunjung yang terus berdatangan.

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp di Bangkok, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:57 WIB

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp

Kontribusi SCG di bidang Pendidikan, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di negara tempatnya beroperasi.

KoinWorks berhasil memenangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase and Competition Indonesia 2019 untuk kategori Lending yang diumumkan Kamis, 22 Agustus 2019 di JW Marriott Hotel, Jakarta.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:44 WIB

KoinWorks Menangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase

Berhasil mengalahkan lima pesaing utama lainnya yang sebagian besar berasal dari industri fintech dan perbankan.

Riko Gunawan, Head of Commercial Products and Solution Acer Indonesia pada konferensi pers solusi Smart Water, Smart Power, Smart Lighting, dan Smart Agriculture sebagai solusi berteknologi Internet of Things (IoT) di Jakarta, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:02 WIB

Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Biaya, Acer Perkenalkan Solusi IoT

Membantu perusahaan dan pelaku bisnis meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya melalui konektivitas antar perangkat.