Produksi Batu Bara Jambi Naik Semester I

Oleh : Herry Barus | Rabu, 17 Oktober 2018 - 04:48 WIB

Kapal pengangkut batu bara (ist)
Kapal pengangkut batu bara (ist)

INDUSTRY.co.id - Jambi- Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi menyebutkan produksi batu baru di provinsi tersebut naik, menjadi 4,5 juta ton pada semester pertama 2018 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan Pengusahaan Minerba pada Dinas ESDM Provinsi Jambi, Novaizal, di Jambi, Selasa (16/10/2018)  mengatakan produksi tersebut sebagian besar untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri.

"Dari total produksi selama periode tersebut, sebanyak 3,4 juta untuk memenuhi kebutuhan domestik seperti untuk bahan bakar pembangkit listrik dan perusahaan semen," katanya.

Sedangkan sisanya untuk kebutuhan pasar ekspor dengan tujuan ke berbagai negara, antara lain Tiongkok, Vietnam dan India.

Semester I tahun lalu produksi batu bara Jambi hanya mencapai 3,6 juta ton.

Adapun daerah penghasil komoditas tambang tersebut, kata dia, adalah Kabupaten Sarolangun yang terdapat 13 perusahaan dan Kabupaten Bungo sebanyak enam perusahaan.
 

Sementara saat ini untuk harga batubara acuan (HBA) mencapai 100,89 Dollar AS per ton atau tergantung kualitas sulfur dan ash fusion temperature.

Sebelumnya pemerintah setempat menyatakan potensi batu bara di Provinsi Jambi mencapai 1,52 matrik ton (mt) berdasarkan data Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi.

Selain itu disebutkan cadangan batu bara di Jambi sebanyak 800 juta metrik ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Sabtu, 21 September 2019 - 18:00 WIB

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Ikatan Guru Indonesia(IGI) memberikan penghargaan “Anugerah Pendidikan Indonesia 2019” (API 2019) sebagai wujud apresiasi terhadap komitmen dan kontribusi bagi dunia pendidikan oleh pejabat…

Penjualan perdana OPPO A9 2020

Sabtu, 21 September 2019 - 17:41 WIB

OPPO Lakukan Penjualan Perdana Perangkat Teranyar A9 2020 di Bekasi

Setelah resmi diperkenalkan pada 17 September 2019 kemarin, OPPO melakukan penjualan perdana perangkat A9 2020 di enam kota yakni Bekasi, Jakarta, Bandung, Balikpapan, Medan dan Bali.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya seusai meluncurkan masterplan pengembangan wisata religi di Kecamatan Tanara

Sabtu, 21 September 2019 - 17:40 WIB

Menpar Luncurkan Masterplan Pengembangan Wisata Religi di Kecamatan Tanara

Masterplan pengembangan wisata religi mulai diterapkan di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, seiring dengan diluncurkannya rencana induk tersebut.

H. Priyadi Abadi, MPar Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) paling kiri

Sabtu, 21 September 2019 - 17:11 WIB

Halal Tour Jamin Makanan dan Waktu Ibadah ke Luar Negeri

Jakarta -- Kenapa harus Halal Tour? Sebuah pertanyaan yang untuk sebagian orang akan merasa kurang nyaman menyebutnya, kenapa harus halal? Tapi bagi umat Islam, persoalan halal menjadi penting…

Tiga Kandidat Rektor akan Lakukan Debat Publik

Sabtu, 21 September 2019 - 17:00 WIB

Tiga Kandidat Rektor akan Lakukan Debat Publik

Memberi ruang bagi para kandidat untuk memaparkan sekaligus mempertahankan visi-misi mereka, berikut kesempatan mengkritisi pandangan para pesaingnya melatarbelakangi Majelis Wali Amanat Universitas…