SHIFT Indonesia Gelar Indonesia Operational Excellence Conference and Award 2018

Oleh : Herry Barus | Minggu, 14 Oktober 2018 - 15:04 WIB

SHIFT Indonesia Gelar Indonesia Operational Excellence Conference and Award 2018
SHIFT Indonesia Gelar Indonesia Operational Excellence Conference and Award 2018

INDUSTRY.co.id - Jakarta– SHIFT Indonesia akan kembali menggelar Indonesia Operational Excellence Conference and Award 2018 atau OPEXCON 2018 pada 7 November 2018 di The Ritz Carlton, Jakarta. OPEXCON adalah  acara tahunan yang diselenggarakan oleh SHIFT Indonesia sebagai platform untuk mempertemukan para pelaku bisnis dari lintas sektor untuk berbagi pengetahuan bisnis terkait budaya operational excellence.

Pada tahun ketujuh penyelenggaraan, OPEXCON akan mengangkat tema “Agility, Customer Centricity and Operational Transformation in VUCA World”. Topik ini dipilih untuk membantu industri di Indonesia lebih siap dalam menghadapi era VUCA (Volatile, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) yang penuh dengan gejolak dan ketidakpastian.

Seperti kita ketahui perkembangan teknologi dan maraknya digitalisasi berhasil membawa perubahan besar dalam dunia industri. Misalnya, hadirnya bisnis platform berbasis teknologi. Mereka mengoperasikan bisnis menggunakan data dan teknologi tanpa harus memiliki aset tangible yang besar. Mereka berhasil menghadirkan model bisnis baru yang memiliki kecepatan dan kelincahan inovasi di dalamnya. Hal ini mendorong para pelaku bisnis untuk beradaptasi dan memiliki pola pikir baru.

Menjawab tantangan tersebut, OPEXCON akan menghadirkan profesional dari lintas sektor untuk berbagi pengetahuan dan best practice yang telah sukses dijalankan. Sehingga, OPEXCON mampu menjadi forum yang memberikan peluang besar bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan ide baru untuk bisnis mereka, saling bertukar pikiran untuk menghadapi tantangan di era VUCA, dan sebagai sarana untuk mengembangkan jaringan bisnis yang strategis karena acara ini selalu menghadirkan 1000 peserta potensial dari berbagai industri.

“OPEXCON 2018 akan menghadirkan para business leaders di Indonesia yang sudah implementasi suatu metode atau sistem untuk menyesuaikan dengan era VUCA. Oleh karena itu seluruh Perusahaan di Indonesia yang ingin mengetahui solusinya wajib untuk hadir di OPEXCON 2018,” kata Ferdinan Hasiholan, Chairman SHIFT Indonesia.

Selain konferensi, SHIFT Indonesia juga akan memberikan penghargaan kepada perusahaan swasta dan BUMN terbaik yang berhasil melakukan efisiensi dan meningkatkan profitabilitas perusahaan melalui perbaikan proses yang berkelanjutan (continuous improvement). Sebagai informasi, setiap tahunnya SHIFT Indonesia menyelenggarakan kompetisi project di bidang improvement, Tahun ini final penjurian OPEXCON Project Competition dilangsungkan pada 9-11 Oktober 2018.

“Eksistensi OPEXCON menjadi bukti bahwa perusahaan di Indonesia terus melakukan perbaikan pada proses dan sistem secara berkesinambungan. Oleh karena itu OPEXCON memberikan apresiasi kepada perusahaan yang melakukan perbaikan secara konsisten dan berkontribusi besar bagi organisasi dan juga individual,” ungkap Ferdinan.

Hendra Yetty, Kabid. Litbang Teknologi Industri, Puslitbang Teknologi Industri dan Kekayaan Intelektual, Kementerian Perindustrian menyatakan bahwa Kementerian Perindustrian sangat mendukung OPEXCON. Menurutnya, seiring dengan perubahan yang terjadi di sektor industri global termasuk adanya revolusi industri 4.0, pelaku bisnis perlu menyesuaikan dan mempersiapkan diri dengan terus melakukan improvement untuk meningkatkan daya saing industrinya.

“Sejalan dengan hal ini maka Kementerian Perindustrian mendukung “OPEXCON Project Competiton” yang diselenggarakan oleh SHIFT Indonesia. Dimana kompetisi ini menampilkan proyek-proyek perbaikan secara berkelanjutan yang telah sukses dilakukan oleh perusahaan-perusahaan, dengan hasil yang terbukti dapat meningkatkan produktifitas, efisiensi dan atau profit perusahaan nya.

Diharapkan proyek-proyek perbaikan ini terus dilakukan dan mendapatkan perhatian dan dukungan penuh, baik dari pihak manajemen perusahaan maupun dari pemerintah, sehingga dapat meningkatkan daya saing industri nasional. Untuk itu maka perlu diberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah berhasil sebagai pemenang OPEXCON Project Competition”, terangnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Selasa, 17 September 2019 - 15:09 WIB

Karhutla Bukan Bencana dari Tuhan, Tetapi Kelalaian dalam Perencanaan dan Pencegahan

Jakarta-Karhutla yang terjadi terus-menerus ini bukanlah musibah dari Tuhan sebagaimana yang disebutkan Kepala Kantor Staff Kepresidenan (KSP), Moeldoko. Penyebab karhutla adalah kelalaian dalam…

Gedung DPR RI

Selasa, 17 September 2019 - 15:01 WIB

Revisi UU KPK Disetujui DPR RI

Rapat Paripurna DPR RI ke-9 Masa Persidangan I periode 2019-2020 menyetujui hasil revisi Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk disahkan menjadi undang-undang.

Kuwat Sri Hudoyo

Selasa, 17 September 2019 - 15:00 WIB

Kemenkes Mendorong Industri Farmasi Domestik Lewat E-Katalog

Kementerian Kesehatan terus berupaya meningkatkan daya saing industri farmasi dan alat kesehatan dalam negeri dengan e-katalog maupun mendorong riset terapan biofarmaka dan vaksin

Kebakaran Hutan

Selasa, 17 September 2019 - 14:45 WIB

Indonesia Darurat Udara Bersih

Jakarta-Permasalahan udara bersih saat ini tidak hanya menjadi isu masyarakat perkotaan metropolitan seperti Jakarta, tetapi juga telah menjadi masalah di berbagai daerah di Sumatera dan Kalimantan.

Novita Dewi

Selasa, 17 September 2019 - 14:00 WIB

Novita Dewi Luncurkan Single Batak Rasa Latin

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat tarik suara X Factor, Novita Dewi mencoba menerobos industri musik yang tengah lesu darah dengan menggelontorkan single terbaru bernuansa latin.