Produksi Berlebih, Gapki Minta Pemerintah Dorong Ekspor CPO

Oleh : Hariyanto | Kamis, 11 Oktober 2018 - 10:25 WIB

kelapa sawit (ilustrasi)
kelapa sawit (ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) meminta pemerintah mengambil langkah untuk mendorong ekspor Crude Palm Oil (CPO) karena produksi CPO berlebih. 

"Volume ekspor minyak sawit dan turunannya pada Agustus 2018 mencapai 3,3 juta ton. Angka itu meningkat kalau dibandingkan dengan Juli 2018 yang tercatat 3,22 juta ton," kata Ketua Umum GAPKI, Joko Supriyono, di Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Sementara, Direktur Eksekutif GAPKI, Mukti Sardjono, mengatakan harga yang rendah dimanfaatkan importer untuk membeli minyak sawit dalam jumlah besar.

"Permintaan pasar global yang tinggi terhadap minyak sawit belum mampu mengerek harga," ungkapnya.

Menurut Mukti, perselisihan dagang antara India dan AS memberikan peluang sawit untuk memasok minyak nabati pengganti dari minyak kedelai. Harga sawit global terus tertekan karena narga minyak nabati lain, khususnya kedelai, serta stok minyak sawit melimpah di Indonesia dan Malaysia.

"Tingginya ekspor produk minyak sawit dan implementasi kewajiban B20 belum mampu mengurangi penurunan stok minyak sawit secara signifikan di dalam negeri," ujar Mukti.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 09 Desember 2019 - 08:23 WIB

IHSG Berpola Naik Cermati Saham-saham Pilihan

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di level 6089 - 6261 pada perdagangan Senin (9/12/2019). Cermati saham-saham yang direkomondasikan.

Industri Es Krim Tumbuhan di Atas 10 Persen Lima Tahun ke Depan

Senin, 09 Desember 2019 - 08:00 WIB

Industri Es Krim Tumbuhan di Atas 10 Persen Lima Tahun ke Depan

Tetra Pak® Indonesia Indonesia memaparkan tren kunci global dan regional dalam industri es krim pada tahun 2019 di seminar eksklusif konsumen bagi para pemain kunci industri es krim di Jakarta…

Garuda Indonesia

Senin, 09 Desember 2019 - 07:30 WIB

IPW Nilai Pihak Terlibat Kasus Garuda Terlibat KKN

Pihak pihak tertentu jangan berusaha melindungi rombongan Ari Arkhara dengan Undang Undang Kepabeanan. Sebab apa yang dilakukan Dirut PT Garuda dan rombongannya itu adalah penyalahgunaan wewenang,…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 09 Desember 2019 - 07:17 WIB

Awal Pekan IHSG Diprediksi Menguat

Jakarta - Secara teknikal pergerakan IHSG break out Moving Average MA50 di level 6144 sebagai konfirmasi penguatan menguji upper bollinger bands di kisaran 6200. Indikator stochastic bergerak…

Eric Saputra Country Head Ninja Xpress (kiri Baju putih)

Senin, 09 Desember 2019 - 07:00 WIB

Lokalisme Ninja Xpress, Festival Brand Lokal

Ninja Xpress terobsesi! Obsesi untuk tumbuh bersama dan mendukung perkembangan bisnis UKM melalui beragam inisiatif. Inilah yang menjadi dasar Ninja Xpress mempersembahkan LOKALisme, sebuah…