PT DI Dapat Pesanan 29 Unit Pesawat N219

Oleh : Herry Barus | Jumat, 05 Oktober 2018 - 16:30 WIB

Pesawat N219 (ist)
Pesawat N219 (ist)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- PT Dirgantara Indonesia mendapat pesanan 20 unit pesawat N219 Nurtanio dari PT Aviastar Mandiri yang akan digunakan sebagai alat tranportasi udara dan ditempatkan di daerah terpencil.

"Pesawat N219 Nurtanio dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara nasional di wilayah perintis dan dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti angkutan penumpang, angkutan barang, maupun ambulans udara," ujar Direktur Niaga PTDI Irzal Rinaldi di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/10/2018)

Sebagai wujud komitmen, kedua perusahaan telah melakukan penandantanganan nota kesepahaman di sela penyelenggaraan Indonesia Business and Development (IBD) Expo 2018 di Surabaya, Rabu (3/10).

Penandatanganan dilakukan antara Direktur Niaga PTDI, Irzal Rinaldi dan Direktur Utama PT Aviastar Mandiri, Muhammad Alvin Reza, serta disaksikan Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media, Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno bersama Direktur Utama PTDI,Elfien Goentoro.

Pesawat N219 Nurtanio merupakan pesawat berkapasitas 19 penumpang dengan dua mesin turboprop yang mengacu kepada regulasi CASR Part 23, yang ide dan desainnya dengan pengembangan program oleh PTDI dan LAPAN.

Pesawat ini, kata dia, berkecepatan maksimum mencapai 210 knot, dan kecepatan terendah mencapai 59 knot, yang artinya cukup rendah, tapi masih bisa terkontrol sehingga sangat penting terutama saat memasuki wilayah bertebing-tebing.

"Pesawat jenis ini sangat relevan dengan kondisi alam di Indonesia yang umumnya berbukit-bukit dan banyak pegunungan sehingga membutuhkan pesawat dengan kemampuan manuver pada kecepatan rendah," ucapnya.

Dengan demikian, keberadaan pesawat jenis ini diharapkan menjadi solusi distribusi logistik yang terintegrasi, efektif dan efisien dengan harapan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Oleh PTDI, pesawat jenis sama akan diproduksi secara bertahap, yakni awalnya diproduksi enam unit dengan menggunakan kapasitas produksi eksisting, lalu menjalankan sistem automasi pada proses manufacturing, dan secara bertahap kemampuan delivery akan terus meningkat sampai mencapai 36 unit per tahun.

Sementara itu, PT Aviastar Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penerbangan ke daerah terpencil di Indonesia yang mengoperasikan pesawatnya di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Papua dengan "home base" di Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cibinong New City

Minggu, 05 Juli 2020 - 22:17 WIB

Winner Group Hadirkan Cibinong New City, CBD Pertama Di Cibinong

Pengembang properti asal Batam, Winner Group berkolaborasi dengan Sapta Group, yang merupakan anak perusahaan PT. Bumi Citra Permai, Tbk,. tengah mengembangkan Cibinong New City. Proyek prestisius…

Pesan Protokol Kesehatan di Sosial Media Facebook Presiden Jokowi

Minggu, 05 Juli 2020 - 20:13 WIB

Jokowi Unggah Pesan Berperilaku di Era New Normal, Netizen: Gregetan Pak, Orang Pada Gak Sadar, Malah Buka Maskernya Baru Batuk

Presiden Joko Widodo (Jokowidalam sebuah postingan di platform sosial media Facebook miliknya @Presiden Joko Widodo, Minggu (5/7) menjelaskan bagaimana masyarakat berperilaku dalam tatanan hidup…

Ilustrasi Uang (ist)

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:53 WIB

Kabar Gembira! Pemerintah Tetapkan Dana Desa Rp71,19 Triliun, Keluarga Penerima Manfaat Mendapat Rp2,7 juta

Pemerintah telah menerbitkan PMK 50/2020 yang mengubah ketentuan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa yang mengatur relaksasi persyaratan, tahapan penyaluran, serta prioritas penggunaan Dana Desa.…

Bank BNI

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:31 WIB

Rayakan Ulang tahun ke-74 di Tengah Pandemi, Dirut Herry Sidharta: Sikap Sense of Crisis Tertanam dalam Benak BNI

Ulang tahun ke-74, yang jatuh hari ini, 5 Juli 2020, menjadi momen istimewa bagi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI karena hari bahagia itu dirayakan ketika Indonesia tengah dilingkupi…

Lerby Eliandry Bali United FC

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:00 WIB

Lerby Penggawa Bali United Sap Berlatih Bersama Tim

Kompetisi Liga 1 2020 yang akan diselenggarakan kembali pada bulan Oktober mendatang mendapat respon positif dari salah satu penyerang Bali United. Kabar baik ini berdasarkan surat resmi PSSI…