PT DI Dapat Pesanan 29 Unit Pesawat N219

Oleh : Herry Barus | Jumat, 05 Oktober 2018 - 16:30 WIB

Pesawat N219 (ist)
Pesawat N219 (ist)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- PT Dirgantara Indonesia mendapat pesanan 20 unit pesawat N219 Nurtanio dari PT Aviastar Mandiri yang akan digunakan sebagai alat tranportasi udara dan ditempatkan di daerah terpencil.

"Pesawat N219 Nurtanio dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara nasional di wilayah perintis dan dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti angkutan penumpang, angkutan barang, maupun ambulans udara," ujar Direktur Niaga PTDI Irzal Rinaldi di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/10/2018)

Sebagai wujud komitmen, kedua perusahaan telah melakukan penandantanganan nota kesepahaman di sela penyelenggaraan Indonesia Business and Development (IBD) Expo 2018 di Surabaya, Rabu (3/10).

Penandatanganan dilakukan antara Direktur Niaga PTDI, Irzal Rinaldi dan Direktur Utama PT Aviastar Mandiri, Muhammad Alvin Reza, serta disaksikan Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media, Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno bersama Direktur Utama PTDI,Elfien Goentoro.

Pesawat N219 Nurtanio merupakan pesawat berkapasitas 19 penumpang dengan dua mesin turboprop yang mengacu kepada regulasi CASR Part 23, yang ide dan desainnya dengan pengembangan program oleh PTDI dan LAPAN.

Pesawat ini, kata dia, berkecepatan maksimum mencapai 210 knot, dan kecepatan terendah mencapai 59 knot, yang artinya cukup rendah, tapi masih bisa terkontrol sehingga sangat penting terutama saat memasuki wilayah bertebing-tebing.

"Pesawat jenis ini sangat relevan dengan kondisi alam di Indonesia yang umumnya berbukit-bukit dan banyak pegunungan sehingga membutuhkan pesawat dengan kemampuan manuver pada kecepatan rendah," ucapnya.

Dengan demikian, keberadaan pesawat jenis ini diharapkan menjadi solusi distribusi logistik yang terintegrasi, efektif dan efisien dengan harapan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Oleh PTDI, pesawat jenis sama akan diproduksi secara bertahap, yakni awalnya diproduksi enam unit dengan menggunakan kapasitas produksi eksisting, lalu menjalankan sistem automasi pada proses manufacturing, dan secara bertahap kemampuan delivery akan terus meningkat sampai mencapai 36 unit per tahun.

Sementara itu, PT Aviastar Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penerbangan ke daerah terpencil di Indonesia yang mengoperasikan pesawatnya di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Papua dengan "home base" di Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Evelina F. Pietruschka selaku Presiden Komisaris WanaArtha Life.

Jumat, 24 Januari 2020 - 18:32 WIB

WanaArtha Life Ambil Bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020

Switzerland-PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life kembali ambil bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020 yang ke-50, tanggal 21-24 Januari…

Komoditas Porang

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:49 WIB

Kementan Fasilitasi Madiun Bangun Kawasan Porang Genjot Ekspor

Tanaman porang saat ini mulai dilirik untuk dikembangkan secara luas. Pasalnya, produk dari komoditas ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Yang paling menarik untuk dijadikan bahan baku kosmetik…

Ilustrasi penipuan

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:03 WIB

Sepeda Listrik Murah Menjamur, Waspada Penipuan

Transaksi penipuan online seakan tak pernah henti dilakukan. Berbagai cara dan modus dilakukan untuk meraih keuntungan besar, meskipun ada ancaman pidana yang siap menjerat para pelaku.

Direksi PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia (ACPI). Dari kiri ke kanan : Nicolaus Prawiro, Sujaya Dinata Pangestu, Grace Juliana (Direktur Keuangan). Foto: istimewa

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:00 WIB

Asuransi Cakrawala Proteksi Tempati Kantor Baru di Citra Towers

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia (ACPI) saat ini terus memperkuat kegiatan operasional seiring pertumbuhan bisnis yang dialaminya. Salah satu usaha memperkuat…

Sandra Sunanto, Direktur Utama PT Hartadinata Abadi Tbk (kiri)

Jumat, 24 Januari 2020 - 16:21 WIB

Hartadinata Resmikan Toko Claudia Perfect Jewellery dan ACC Premium di Bandung

PT Hartadinata Abadi Tbk (Hartadinata), produsen dan penyedia perhiasan emas terintegrasi Indonesia, dengan bangga meresmikan toko Claudia Perfect Jewellery dan ACC Premium yang terletak di…