1.673 Prajurit dan Presiden Jokowi Upacara HUT TNI ke 73

Oleh : Herry Barus | Jumat, 05 Oktober 2018 - 10:17 WIB

Presiden Jokowi HUT TNI ke 73 (Foto Tribunnews)
Presiden Jokowi HUT TNI ke 73 (Foto Tribunnews)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sebanyak 1.673 prajurit TNI mengikuti upacara peringatan HUT Ke-73 TNI yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, di Lapangan Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2018)

Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman. Sementara Kasad Jenderal TNI Mulyono memimpin HUT TNI di Merauke, Papua.

Ke-1.673 personel itu terdiri dari Batalyon Upacara 1 Perwira Gabungan, yaitu 1 Kompi Upacara Pamen, 1 Kompi Upacara Pama, 1 Kompi Upacara Wanita TNI, 1 Batalyon Upacara TNI AD, 1 Batalyon Upacara TNI AL, 1 Batalyon Upacara TNI AU, 1 Kompi Upacara PNS TNI dan Satsik Type "A" Gabungan TNI.

Komposisi pasukan parade adalah kelompok panji-panji TNI dan Angkatan, Batalyon Upacara Pasukan Tidak Bersenjata yang terdiri dari (Kompi Upacara Pamen/Pama, Kompi Upacara Wan TNI, Kompi Upacara PNS), Batalyon Upacara Pasukan Bersenjata: 1 Batalyon TNI AD (1 Kompi Upacara Kopassus, 1 Kompi Upacara Kostrad; 1 Batalyon TNI AL (1 Kompi Upacara Marinir, 2 Kompi Upacara Pelaut); 1 Batalyon TNI AU (1 Kompi Paskhas, 1 Kompi Crew TNI AU), dan Satsik Type "A" Gabungan TNI.

Sedangkan alutsista sebagai background upacara pada hari ini adalah 2 pucuk Meriam Armed Caesar 155 GS, 2 Unit Leopard, 2 Unit Anoa SM 2 dan 2 Unit Anoa 6x6 dari satuan TNI AD, 2 pucuk BTR 4, 2 pucuk RM 70 Grad, 2 pucuk BMP3F dari satuan Marinir, Penangkis serangan udara Oerlikon Skyshield dari satuan TNI AU.

Tema peringatan HUT TNI Ke-72 kali ini adalah "Profesionalisme TNI Untuk Rakyat". Makna dari tema tersebut adalah prajurit TNI yang berbasis kompetensi, prajurit TNI yang harus kuat, handal dan semua tugas serta kewajibannya di dharma baktikab untuk rakyat, yang senantiasa dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit yang merupakan nafas bagi semua prajurit berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Tampil sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Pnb Yoyos Kuscahyono yang sehari-harinya menjabat sebagai Asops Kosekhanud II. Pengucap Sapta Marga yakni Lettu Inf MZ Firmansyah (Dan Unit 1/1/3 Yon 12 Grup 1 Kopassus) dan sebagai cadangan Lettu Laut (S) Agung Yustian yang kesehariannya menjabat Askadep Minlog KRI Sutanto-337 Satkor Koarmada 1, dan Lettu Pnb Dimas Aryan Nalendra yang menjabat Perwira Penerbang Golongan VIII Skuadron Udara 17 Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Sementara perwakilan penerima tanda kehormatan yakni Kolonel Cpl Herry Keswanto (Bintang Eka Paksi Nararya) yang menjabat Komandan Pusdik Pal Kodiklat TNI AD, Kapten Mar Sunardi (Bintang Jalasena Nararya) jabatan Kasi UDK Kima Brigif 1 Pasmar Jakarta dan Peltu Argo Budi Prasetyo (Bintang Swa Buana Paksa) jabatan Bintara Adminku Progar Spersau.

Kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangkaian HUT Ke-73 TNI, yaitu dimulai dari kegiatan Outbound Wartawan, Joy Sailing bersama Pemimpin Redaksi (Pemred) media massa, Pemecahan Rekor Dunia MURI Tari Gemu Famire, Gebyar Karya Pertiwi, Ziarah Nasional ke (makam Panglima Besar Jenderal Soedirman, makam Presiden RI pertama, kedua dan keempat), Panglima TNI Cup, Silahturahim dengan para Veteran dan Wartawan Veteran, Pameran Alutsista di seluruh Kotama Ops TNI, Membatik Massal, Kegiatan Bakti Sosial yang dilaksanakan di (Merauke, Pulau Sabang dan Kupang).

Selain itu, "Flag Relya" bendera Sang Merah Putih dari Sabang sampai Merauke oleh prajurit TNI. Setelah pelaksanaan upacara masih ada kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Gala Dinner dan Panglima TNI Award serta diakhiri dengan Lomba TNI International Maraton yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 November 2018 di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB).

HUT Ke-73 TNI tahun 2018 dilaksanakan dengan sederhana dan serentak di seluruh kotama Ops yang tergelar di bumi nusantara. Upacara di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, dipimpin Presiden RI Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara. Kasad Jenderal TNI Mulyono bertindak sebagai Inspektur Upacara di titik terdepan sisi Timur Indonesia.

Sementara, Pangdam Iskandari Muda bertindak sebagai Inspektur Upacara di titik terdepan sisi 1 Barat Indonesia, sedangkan Danrem 131/Stg bertindak sebagai Inspektur Upacara di Pulau Miangas sebagai titik terdepan sisi Utara Indonesia dan Danrem 161/WS bertindak sebagai Inspektur Upacara di Pulau Rote sebagai titik terdepan sisi Selatan Indonesia.

 Hadir dalam upacara peringatan HUT TNI itu, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, sejumlah menteri kebinet kerja, seperti Mendagri Tjahjo Kumolo dan Menhan Ryamizard Ryacudu, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang dan sejumlah atase pertahanan dari negara sahabat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).