Bahas Pembangunan Jalan tol Serang-Panimbang, Menpar: Presiden Sendiri yang Berjanji Tol Itu Akan Jadi

Oleh : Hariyanto | Selasa, 02 Oktober 2018 - 20:49 WIB

Menteri Pariwisata, Arief Yahya (ist)
Menteri Pariwisata, Arief Yahya (ist)

INDUSTRY.co.id - Tanjung Lesung - Menteri Pariwisata (Menpar) RI, Arief Yahya mengtakan, bahwa fokus pemerintah untuk mensukseskan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung adalah pembangunan jalan tol Serang-Panimbang.

“Dulu waktu pak presiden ke sini, saya hanya minta satu saja yaitu jalan tol Serang-Panimbang. Seingat saya dulu 83 koma sekian kilometer tapi ternyata terakhir 84 kilometer, dan saat itu juga diputuskan dibangun tol Serang-Panimbang,” ungkap Menpar, Arief Yahya pada saat  membuka Festival Pesona Tanjung Lesung di Kampung Wisata Cikadu, Pandeglang, Jumat (28/9/2018) lalu.

Mengenai jaminan, Menpar menyampaikan, akan dikeluarkan dari Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII) bahwa tol tersebut akan jadi.

"Jadi kalau ada yang bertanya bagaimana tolnya? Nanti pemerintah akan mengeluarkan jaminan, presiden sendiri yang berjanji tol itu akan jadi," kata Menpar.

Pembangunan jalan tol Serang—Panimbang dibagi menjadi tiga seksi yakni seksi 1 (Serang—Rangkas Bitung) sepanjang 26,50 kilometer, seksi 2 (Rangkas Bitung—Bojong) sepanjang 33 kilometer, dan seksi 3 (Bojong—Panimbang) dengan panjang 24,40 kilometer.

Dalam proyek yang dibangun dengan skema KPBU tersebut, pemerintah hanya akan mengerjakan seksi 2 sepanjang 33 km, sedangkan 50,67 km sisanya dikerjakan oleh PT Wijaya Karya Serang Panimbang.

Jadwal konstruksi bagian badan usaha jalan tol (BUJT) memang ditargetkan rampung pada September 2019 dan ditargetkan sudah dapat beroperasi pada tahun yang sama.

Nilai investasi proyek yang dikerjakan oleh PT Wijaya Karya Serang Panimbang adalah Rp5,30 triliun, sedangkan yang dikerjakan pemerintah mencapai Rp2,04 triliun.
 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Uni-Charm Indonesia Tbk meresmikan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dengan total 12 MWp yang terpasang di 3 pabrik.

Selasa, 30 April 2024 - 20:36 WIB

Resmikan PLTS, Uni-Charm Indonesia Umumkan Pembelian REC Dari PLN

Dengan upaya PT Uni-Charm ini, ada 16,000,000 kWh/tahun energi yang dihasilkan dari 3 pabrik berhasil dialihkan ke green energy, dan berkontribusi mengurangi lebih dari 14,000 ton CO2 yang dihasilkan…

DEMO ANARKIS YANG DILAKUKAN DI KANTOR PUSAT BTN

Selasa, 30 April 2024 - 19:35 WIB

BTN Sayangkan Demo Anarkis yang Dilakukan di Kantor Pusat BTN

Jakarta-Aksi Demonstrasi yang terjadi di Kantor Pusat PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mulai meresahkan, pada hari kedua aksi unjuk rasa yang mengatasnamakan Kelompok Anti Korupsi (KAK)…

Penandatanganan Land Purchase Agreement antara Subang Smartpolitan & BYD

Selasa, 30 April 2024 - 19:30 WIB

Kucurkan Investasi Jumbo, BYD Segera Bangun Pabrik Mobil Listrik di Subang Smartpolitan

Subang Smartpolitan "Green, Smart and Sustainable City dengan bangga menyambut BYd, salah satu pionir industri kendaraan listrik (EV) global sebagai tenant terbesar terbarunya. Pendirian pabrik…

Ilustrasi

Selasa, 30 April 2024 - 19:24 WIB

Cara Menguji Perangkat Anda Sesuai Standar Pengisian Nirkabel Rezence VN88

Pengisian daya wireles menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, menawarkan cara yang nyaman dan bebas repot untuk mengisi daya perangkat Anda tanpa memerlukan kabel yang kusut.…

Rumah contoh Karawang Green Village 3

Selasa, 30 April 2024 - 17:49 WIB

Tawarkan Konsep Hunian Ramah Anak, Citanusa Group Hadirkan Karawang Green Village 3

Citanusa Group menghadirkan Karawang Green Village 3 (KGV3) yang merupakan sebuah kawasan residensial yang menyasar masyarakat di kawasan industri dengan menawarkan konsep “Home for Family”…