Perpanjangan Landasan Pacu Kertajati Selesai Akhir Tahun

Oleh : Herry Barus | Selasa, 02 Oktober 2018 - 15:00 WIB

Bandara Kertajati
Bandara Kertajati

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perpanjangan landasan pacu Bandara Kertajati di Jawa Barat, dari 2.500 meter menjadi 3.000 meter ditargetkan rampung akhir tahun ini.

"Kami tunggu secepatnya surat itu dan kontraktor sudah siap mengerjakan untuk tambah yang 500 meter. Ditargetkan selesai sebelum 31 Desember 2018 dalam tahun ini, supaya tidak terbawa ke 2019," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (1/10/218)

Awaluddin menjelaskan bahwa pembangunan sisi udara, terutama landasan pacu terhenti karena masih menunggu keputusan Gubernur Jawa Barat.

"Saya sudah menyurati gubernur pada saat itu Pak Aher (Ahmad Heryawan), waktu itu Mei 2018. Kemudian surati kembali pada waktu pelaksana jabatan Gubernur Jabar Pak Iriawan, itu Agustus 2018. Nah dua surat itu belum dijawab," katanya.

Saat ini, lanjut dia, dalam dua minggu akan keluar surat hak pakai lahan persetujuan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai dasar AP II mengerjakan lahan tersebut.

"Insya Allah bisa sesuai target karena ruang kerja masih longgar, pergerakan pesawat masih kecil, bisa kerja siang atau malam. Waktu tiga bulan sampai Desember mudah-mudahan tuntas dan tidak ada kendala kecuali ada masalah cuaca," katanya.

Dalam kesempatan sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan perpanjangan landasan pacu bisa segera rampung agar segera bisa digunakan untuk penerbangan haji dan umroh.

"Karena jamaah umroh Jabar ini besar sekali tiap tahun menunjukkan ekonomi baik, salah satu indikator ekonomi baik ya kelas menengah banyak umroh. Nah ini pertama akan terbang di sana. Kemudian perpanjangan landasan menjadi.3.000 meter supaya bandaranya keren, pesawat-pesawat berbadan lebar Airbus bisa datang," katanya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga meminta agar perpanjangan landasan pacu Bandara Kertajati bisa segera dilakukan.

"Tapi yang pasti secara fisik bahwa kewajiban AP II untuk melakukan perpanjangan landasan pacu jadi 3.000 meter bisa dilaksanakan dalam waktu dekat dengan suatu cara penggunaan tanah tertentu. Saya pikir itu solusi yg baik dan bisa membuat Kertajati bisa digunakan dengan pesawat apapun termasuk Boeing 777 dan ini sebentar lagi akan ada umrah di sana," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Chubb General Insurance Indonesia secara resmi meluncurkan aplikasi layanan klaim inovatif telepon seluler di Indonesia bernama Chubb Mobile Assistance pada Senin (4/12)

Selasa, 21 Mei 2019 - 17:29 WIB

Chubb Gandeng Airy Hadirkan Asuransi Perjalanan

PT Chubb General Insurance Indonesia (Chubb) hari ini mengumumkan kerja sama penyediaan asuransi perjalanan dengan Airy, salah satu perusahaan Accommodation Network Aggregator (ANO) terkemuka…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 16:45 WIB

Triwulan I/2019, Sejumlah Sektor Industri Manufaktur Catatkan Kinerja Positif

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, sejumlah sektor industri manufaktur mampu mencatatkan kinerja positif di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I tahun 2019.

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal HKI Kemenhum-HAM, Brigjen Pol Reinhard Silitonga

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:31 WIB

Direktorat Jenderal HKI Tutup Ratusan Portal E-Dagang Bermasalah

Jakarta - Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum - HAM melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa telah menutup ratusan portal e-Dagang bermasalah yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan Bazar Lebaran di Plasa Industri Kemenperin

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pegawai dan Masyarakat, Kemenperin Gelar Bazar Lebaran

Kementerian Perindustrian senantiasa mendorong sektor industri manufaktur agar siap memenuhi kebutuhan konsumen terutama di pasar domestik selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Hoshinoya Guguan

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:45 WIB

Resort Pemadian Air Panas Mewah di Taiwan, Hoshinoya Guguan Akan Resmi Dibuka pada 30 Juni 2019

Perusahaan Manajemen Hotel Terkemuka, Hoshino Resorts akan segera membuka HOSHINOYA di Guguan wilayah pemandian air panas yang terletak di pinggiran kota Taichung, Taiwan, pada 30 Juni 2019…