Perpanjangan Landasan Pacu Kertajati Selesai Akhir Tahun

Oleh : Herry Barus | Selasa, 02 Oktober 2018 - 15:00 WIB

Bandara Kertajati
Bandara Kertajati

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perpanjangan landasan pacu Bandara Kertajati di Jawa Barat, dari 2.500 meter menjadi 3.000 meter ditargetkan rampung akhir tahun ini.

"Kami tunggu secepatnya surat itu dan kontraktor sudah siap mengerjakan untuk tambah yang 500 meter. Ditargetkan selesai sebelum 31 Desember 2018 dalam tahun ini, supaya tidak terbawa ke 2019," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (1/10/218)

Awaluddin menjelaskan bahwa pembangunan sisi udara, terutama landasan pacu terhenti karena masih menunggu keputusan Gubernur Jawa Barat.

"Saya sudah menyurati gubernur pada saat itu Pak Aher (Ahmad Heryawan), waktu itu Mei 2018. Kemudian surati kembali pada waktu pelaksana jabatan Gubernur Jabar Pak Iriawan, itu Agustus 2018. Nah dua surat itu belum dijawab," katanya.

Saat ini, lanjut dia, dalam dua minggu akan keluar surat hak pakai lahan persetujuan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai dasar AP II mengerjakan lahan tersebut.

"Insya Allah bisa sesuai target karena ruang kerja masih longgar, pergerakan pesawat masih kecil, bisa kerja siang atau malam. Waktu tiga bulan sampai Desember mudah-mudahan tuntas dan tidak ada kendala kecuali ada masalah cuaca," katanya.

Dalam kesempatan sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan perpanjangan landasan pacu bisa segera rampung agar segera bisa digunakan untuk penerbangan haji dan umroh.

"Karena jamaah umroh Jabar ini besar sekali tiap tahun menunjukkan ekonomi baik, salah satu indikator ekonomi baik ya kelas menengah banyak umroh. Nah ini pertama akan terbang di sana. Kemudian perpanjangan landasan menjadi.3.000 meter supaya bandaranya keren, pesawat-pesawat berbadan lebar Airbus bisa datang," katanya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga meminta agar perpanjangan landasan pacu Bandara Kertajati bisa segera dilakukan.

"Tapi yang pasti secara fisik bahwa kewajiban AP II untuk melakukan perpanjangan landasan pacu jadi 3.000 meter bisa dilaksanakan dalam waktu dekat dengan suatu cara penggunaan tanah tertentu. Saya pikir itu solusi yg baik dan bisa membuat Kertajati bisa digunakan dengan pesawat apapun termasuk Boeing 777 dan ini sebentar lagi akan ada umrah di sana," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

DFSK Indonesia Donasikan Super Cab

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:40 WIB

DFSK Mudahkan Konsumen Miliki Super Cab Dengan Cicilan Mulai Rp100 Ribu Perhari

Pikap produksi Cikande, Serang, Banten ini hadir dengan kombinasi tenaganya yang kuat, muatan lebih banyak, tangguh, dan sangat terjangkau oleh kantong konsumen.

Rusun ASN Ditjen Imigrasi Kota Batam

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:31 WIB

Kementerian PUPR Resmikan Rusun ASN Ditjen Imigrasi Kota Batam

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan telah menyelesaikan pembangunan Rusunawa yang diperuntukan bagi Aparatur Sipil Negara…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:08 WIB

Menteri PUPR Targetkan Renovasi Masjid Istiqlal Rampung Maret 2020

Renovasi Masjid Istiqlal merupakan tindaklanjut perintah Presiden Joko Widodo usai menerima kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Masjid Istiqlal pada tanggal 30 Mei 2018 lalu.

Joune Ganda (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 14:39 WIB

Calon Kuat Bupati Minut, Pengusaha Joune Ganda Masuk Struktur DPD PDIP Sulut

Keseriusan pengusaha muda Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda untuk membangun Sulawesi Utara (Sulut) pada umumnya, dan secara khusus tanah kelahirannya Minut semakin terlihat.

Joune Ganda Berharap Liga Bridge Siswa Upaya Cari Bibit Baru

Minggu, 21 Juli 2019 - 14:30 WIB

Joune Ganda Berharap Liga Bridge Siswa Upaya Cari Bibit Baru

Pelaksanaan Liga Bridge Siswa dan Mahasiswa Zona 2 Seri 1 di SMAN Airmadidi, Minut, Sabtu (20/7/2019), disaksikan langsung Ketua Gabsi Sulut, Joune Ganda.