755 Desa di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat Telah Disurvey Tim Ekspedisi Papua Terang

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 29 September 2018 - 09:05 WIB

General Manager PLN WP2B Ari Dartomo
General Manager PLN WP2B Ari Dartomo

INDUSTRY.co.id - Jayapura - Ekspedisi Papua Terang yang besertaka rekan-rekan mahasiswa (relawan) serta pegawai PLN (volunteer) resmi ditutup pada hari kamis (27/9/2018) di PLN Wilayah Papua & Papua Barat. Terhitung 755 desa yang telah disurvey oleh Tim Ekspedisi Papua Terang dengan lokasi tersebar di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Hingga saat ini tim ekspedisi sedang melakukan verifikasi data oleh PLN WP2B guna mendapatkan data yang akurat. Desa-desa yang telah disurvey tersebut secepatnya akan dilistriki oleh PLN sesuai dengan harapan masyarakat desa yang terus menanti akan datangnya listrik.

“Terima kasih kepada teman semua yang kurang lebih 2 bulan ini telah membantu PLN dan pemerintah pusat dalam melakukan survey desa yang ada di Papua dan Papua Barat. Semoga apa yang dilakukan teman-teman semua dapat terjawab secepatnya dengan terlistrikinya desa-desa di Tanah Papua ini yang belum berlistrik” ujar General Manager PLN WP2B Ari Dartomo saat memberikan sambutan.

Rasa lelah yang dialami oleh para relawan ekspedisi begitu tidak nampak karena tertutup dengan keseruan yang dialaminya dalam melakukan survey. Berbagai pengalaman yang mereka alami dalam melakukan survey dari pengalaman senang hingga yang penuh tantangan. Tidak hanya itu, rasa kekeluargaan pun mereka perlihatkan pada tiap-tiap posko yang ada.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh pemerintah pusat melalui PLN dengan diadakannya Ekspedisi Papua Terang ini. Perjalanan 4 sampai 6 jam kita lalui untuk ke satu desa. Namun, kelelahan itu tergantikan dengan sambutan yang begitu ramah dari masyarakat desa beserta tawa dan canda dengan anak-anak disana” kata salah satu relawan dari Universitas Cenderawasih Ferdiyanto Ambo yang berposko di Wamena.

Hasil data survey yang diperoleh Tim Ekspedisi nantinya akan diseleksi terlebih dahulu oleh PLN dalam melistriki desa. PLN memiliki dua cara nantinya dalam melistriki desa, melakukan perluasan jaringan (grit) atau membangun pembangkit baru. Sesuai dengan arahan pemerinah pusat, PLN terus berupaya untuk memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang ada pada suatu desa guna melistriki desa tersebut. 

PLN juga mengucapkan terima kasih kepada lembaga-lembaga yang telah bekerjasama dalam pelaksanaan Ekspedisi ini seperti 5 universitas (UI, ITB, UGM, ITS, UNCEN), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), TNI AD dan tak lupa kepada kementerian ESDM serta kementerian BUMN. Diharapkan hasil dari program Ekspedisi Papua Terang ini dapat membantu PLN dalam mempercepat pembangunan kelistrikan desa di Tanah Papua. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Air (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 September 2019 - 05:00 WIB

Wujudkan Mimpi Jelajahi Destinasi Wisata, WingsAir Layani Rute Manado-Morotai

Kabupaten Pulau Morotai terletak di Kepulauan Halmahera, Kepulauan Maluku Utara (Malut) adalah salah satu pulau paling utara di Indonesia. Kawasan ini berlatar keunikan bahari yang berhadapan…

Harjunot Ali

Sabtu, 21 September 2019 - 21:00 WIB

Harjunot Ali Kembali Main Film Horor

Harjunot Ali dikenal sebagai bintang film drama mumpuni. Kalau kemudian Harjunot mau terlibat di film genre horor, karena ia melihat dari sutradara dan rumah produksi yang menggarapnya.

Cashbac Kembali Hadirkan Promo “Tanggal Tua, Rasa Muda”

Sabtu, 21 September 2019 - 19:59 WIB

Cashbac Kembali Hadirkan Promo “Tanggal Tua, Rasa Muda”

Bagi banyak orang, tanggal tua diwajibkan untuk menghemat pengeluaran. Tapi, kini Cashbac melepaskan kekhawatiran tersebut dengan menghadirkan Promo Tanggal Tua, Rasa Muda dengan memberikan…

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Sabtu, 21 September 2019 - 18:00 WIB

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Ikatan Guru Indonesia(IGI) memberikan penghargaan “Anugerah Pendidikan Indonesia 2019” (API 2019) sebagai wujud apresiasi terhadap komitmen dan kontribusi bagi dunia pendidikan oleh pejabat…

Penjualan perdana OPPO A9 2020

Sabtu, 21 September 2019 - 17:41 WIB

OPPO Lakukan Penjualan Perdana Perangkat Teranyar A9 2020 di Bekasi

Setelah resmi diperkenalkan pada 17 September 2019 kemarin, OPPO melakukan penjualan perdana perangkat A9 2020 di enam kota yakni Bekasi, Jakarta, Bandung, Balikpapan, Medan dan Bali.