755 Desa di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat Telah Disurvey Tim Ekspedisi Papua Terang

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 29 September 2018 - 09:05 WIB

General Manager PLN WP2B Ari Dartomo
General Manager PLN WP2B Ari Dartomo

INDUSTRY.co.id - Jayapura - Ekspedisi Papua Terang yang besertaka rekan-rekan mahasiswa (relawan) serta pegawai PLN (volunteer) resmi ditutup pada hari kamis (27/9/2018) di PLN Wilayah Papua & Papua Barat. Terhitung 755 desa yang telah disurvey oleh Tim Ekspedisi Papua Terang dengan lokasi tersebar di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Hingga saat ini tim ekspedisi sedang melakukan verifikasi data oleh PLN WP2B guna mendapatkan data yang akurat. Desa-desa yang telah disurvey tersebut secepatnya akan dilistriki oleh PLN sesuai dengan harapan masyarakat desa yang terus menanti akan datangnya listrik.

“Terima kasih kepada teman semua yang kurang lebih 2 bulan ini telah membantu PLN dan pemerintah pusat dalam melakukan survey desa yang ada di Papua dan Papua Barat. Semoga apa yang dilakukan teman-teman semua dapat terjawab secepatnya dengan terlistrikinya desa-desa di Tanah Papua ini yang belum berlistrik” ujar General Manager PLN WP2B Ari Dartomo saat memberikan sambutan.

Rasa lelah yang dialami oleh para relawan ekspedisi begitu tidak nampak karena tertutup dengan keseruan yang dialaminya dalam melakukan survey. Berbagai pengalaman yang mereka alami dalam melakukan survey dari pengalaman senang hingga yang penuh tantangan. Tidak hanya itu, rasa kekeluargaan pun mereka perlihatkan pada tiap-tiap posko yang ada.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh pemerintah pusat melalui PLN dengan diadakannya Ekspedisi Papua Terang ini. Perjalanan 4 sampai 6 jam kita lalui untuk ke satu desa. Namun, kelelahan itu tergantikan dengan sambutan yang begitu ramah dari masyarakat desa beserta tawa dan canda dengan anak-anak disana” kata salah satu relawan dari Universitas Cenderawasih Ferdiyanto Ambo yang berposko di Wamena.

Hasil data survey yang diperoleh Tim Ekspedisi nantinya akan diseleksi terlebih dahulu oleh PLN dalam melistriki desa. PLN memiliki dua cara nantinya dalam melistriki desa, melakukan perluasan jaringan (grit) atau membangun pembangkit baru. Sesuai dengan arahan pemerinah pusat, PLN terus berupaya untuk memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang ada pada suatu desa guna melistriki desa tersebut. 

PLN juga mengucapkan terima kasih kepada lembaga-lembaga yang telah bekerjasama dalam pelaksanaan Ekspedisi ini seperti 5 universitas (UI, ITB, UGM, ITS, UNCEN), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), TNI AD dan tak lupa kepada kementerian ESDM serta kementerian BUMN. Diharapkan hasil dari program Ekspedisi Papua Terang ini dapat membantu PLN dalam mempercepat pembangunan kelistrikan desa di Tanah Papua. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Laptop Acer gapai costumer

Rabu, 12 Agustus 2020 - 22:41 WIB

Acer Geber Pangsa Pasar Pelajar, Pekerja Work From Home

Acer optimis penjualan laptop keluarannya akan diserap pasar. Apalagi masa pandemi corona virus covid-19, menuntut bekerja atau sekolah dari rumah. Tentunya laptop pilihan yang nyaman.

Padi organik, cikal bakal pertanian organik Indonesia di masa depan. (Foto: Liputan6)

Rabu, 12 Agustus 2020 - 22:06 WIB

Pupuk Organik, Penopang Pertanian Organik Indonesia di Masa Depan

Jakarta - Rani baru pulang dari sebuah pasar swalayan di kawasan pusat kegiatan bisnis ibukota. Dia mengeluhkkan mahalnya harga sayur-mayur dan buah-buahan organik yang ditawarkan pasar swalayan…

Wapres KH Maruf Amin, Menaker, Dirut BPJAMSOSTEK Agus Susanto dan Kemenko PMK

Rabu, 12 Agustus 2020 - 20:25 WIB

Wujudkan Perlindungan Bagi Seluruh Pekerja, Wapres Serahkan Paritrana Award 2019

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kembali memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan para…

Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin

Rabu, 12 Agustus 2020 - 20:18 WIB

DPR Cantik Ini Minta Pemerintah Kebut BLT untuk Genjot Daya Beli Masyarakat

Wabah pandemi Covid-19 turut memukul kinerja perekonomian nasional pada kuartal II-2020. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020 sebesar minus 5,32 persen…

Anggota Badan Legislasi DPR RI Arteria Dahlan

Rabu, 12 Agustus 2020 - 19:55 WIB

Arteria PDIP: Maju Pilkada Anggota DPR Harusnya Tidak Perlu Mundur, Cukup Cuti

Tim Kuasa DPR RI memberikan keterangan untuk Perkara Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 22/PUU-XVIII/2020 mengenai pengujian Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU…