Tommy Sugiarto Juara Thailand Masters

Oleh : Irvan AF | Minggu, 12 Februari 2017 - 21:49 WIB

Tommy Sugiarto. (Johannes Eisele/AFP)
Tommy Sugiarto. (Johannes Eisele/AFP)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Atlet bulu tangkis Indonesia, Tommy Sugiarto, yang menjadi satu-satunya wakil tim Merah Putih di putaran final Thailand Masters 2017, berhasil mengamankan satu gelar untuk Tanah Air dengan keluar sebagai juara tunggal putra.

Dipantau dari tournamentsoftware, dalam pertandingan final yang berlangsung di Nimibutur Stadium, Bangkok, Minggu (12/2/2017), Tommy berhasil menaklukkan perwakilan tuan rumah Thailand, Kanthapon Wangcharoen dalam dua game langsung 21-17, 21-11.

Ini adalah gelar pertama yang diraih Tommy di tahun 2017. Dalam pertandingan puncak tersebut, Tommy bermain dengan permainan terbaiknya, setelah di game awal sempat tertinggal 2-0 dan susul-menyusul poin terjadi, akhirnya perolehan angka Tommy tidak terkejar dan berhasil memenangkan game kedua 21-17.

Di game kedua, Wangcharoen yang merupakan pemain muda dengan grafik penampilan menanjak belakangan ini, tidak mampu menyalip ataupun hanya menyamakan poin yang dikumpulkan putra pebulu tangkis era 1980-an Icuk Sugiarto sampai akhir laga. Di game kedua, Tommy menang dengan skor 21-11.

Dilansir dari laman resmi Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), dalam pertandingan final itu Tommy mengaku dirinya melakukan adaptasi dahulu, mengingat ini adalah pertemuan perdana nya dengan bintang baru Negeri Gajah Putih tersebut.

"Di awal game pertama saya adaptasi dulu karena ini adalah pertemuan pertama dengan lawan. Penampilan lawan cukup bagus di awal permainan dan ini meyulitkan saya, tetapi saya berusaha tetap tenang, di final siapa pun punya peluang untuk juara," kata Tommy usai pertandingan.

Dalam game kedua tersebut, Tommy menilai permainannya bisa dikatakan lebih baik jika dilihat permainan Wangcharoen yang lebih menyerang namun belum mampu menembus pertahanan Tommy hingga sering melakukan kesalahan.

"Di game kedua, saya merasa dia tidak percaya diri lagi seperti di game pertama, maka angkanya jauh sekali. Waktu serangannya tidak tembus-tembus, dia banyak unforced errors. Di sini saya dibantu faktor menang pengalaman. Meskipun dia tuan rumah,waktu ketinggalan dia merasa tidak nyaman juga, ini menguntungkan buat saya," ucap Tommy.

Kendati demikian, Tommy mengatakan bahwa Thailand kini harus diwaspadai, mengingat banyak pemain muda berpotensi yang mulai unjuk gigi. Kantaphon merupakan pemain yang masih berusia 18 tahun dan mulai masuk ke turnamen kelas senior.

"Sekarang tunggal putra Thailand harus diwaspadai. Lihat saja, Kanthapon pemain muda baru lulus dari kelas junior langsung bisa ke final turnamen Grand Prix Gold," ucap Tommy.

Kejuaraan All England 2017 menjadi turnamen selanjutnya yang bakal diikuti Tommy. Namun nama Tommy juga masuk dalam daftar pemain di ajang Djarum Superliga Badminton 2017 yang akan dilangsungkan dua pekan mendatang di Surabaya.

"Target saya, mau main senyaman mungkin dan meningkatkan rangking, supaya bisa masuk Top 10 lagi," ujar Tommy menambahkan.

Hasil lengkap partai final Thailand Masters 2017:

Ganda Putri
Chen Qingchen-Jia Yifan (1/CHN) vs Puttita Supajirakul-Sapsiree Taerattanachai (2/THA) 21-16, 21-15

Tunggal Putri
Busanan Ongbumrungphan (1/THA) vs Aya Ohori (4/JPN) 21-18, 21-16

Ganda Putra
Huang Kaixiang/Wang Yilyu (6/CHN) vs Lu Ching Yao/Yang Po Han (TPE) 21-19, 21-23, 21-16

Ganda Campuran
Zhang Nan-Li Yinhui (5/CHN) vs Dechapol Puavaranukroh-Sapsiree Taerattanachai (2/THA) 21-11, 20-22, 21-13

Tunggal Putra

Tommy Sugiarto (3/INA) vs Kantaphon Wangcharoen (THA) 21-17, 21-11

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion