Siemens Fokus Pada Transformasi Digital Sektor Energi dan Ketenagalistrikan

Oleh : Hariyanto | Selasa, 18 September 2018 - 13:38 WIB

Industrial Gas Turbine SGT-800
Industrial Gas Turbine SGT-800

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Power-Gen Asia 2018 yang berlangsung di Jakarta, Indonesia menjalin kemitraan dengan Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) dalam acara Hari Listrik Nasional Indonesia ke-73.

Siemens turut berpartisipasi dengan memamerkan teknologi dan sistem yang memberikan efisiensi energi dan hemat biaya serta solusi untuk mendukung transformasi digital di sektor energi dan ketenagalistrikan di Indonesia.

Pada acara konferensi, para ahli teknis dari Siemens mengambil bagian sebagai pembicara dalam 17 sesi dengan berbagai macam topik mulai dari Pengoptimalan Pengoperasian Pembangkit, Teknologi Pembangkit Listrik, Digital Twin, Teknologi Energi Terbarukan, Pemanfaatan Sampah Menjadi Energi.

Untuk memastikan pengoperasian yang optimal dan mengurangidowntime yang tidak direncanakan, Siemens menawarkan sebuah sistem pemantauan kesehatan diagnostik, prediktif, dan preskriptif jarak jauh berbasis cloud untuk perusahaan energi, minyak dan gas, dan industri umum yang terpisah dari perusahaan induk yang disebut Siemens Intelligent Plant Equipment Health Monitoring System (SiEHM).

Teknologi ini bekerja pada perangkat lunak termutakhir milik Siemens yang bernama Omnivise Fleet Management yang mengubah data-data teknis menjadi informasi yang dapat ditindaklanjuti, seperti diagnostik aset, pemantauan kinerja, atau pengoptimalan pengoperasian, sehingga membuka wawasan baru bagi utilitas dalam mengelola dan memasarkan semua aset mereka.

Siemens memperkenalkan turbin gas industri SGT-800 yang mampu menghasilkan daya listrik sebesar 57 megawatt (MW) dan efisiensi listrik lebih dari 40% dalam pembangkit dengan siklus-sederhana. Pada modifikasi pembangkit siklus gabungan mampu menghasilkan daya listrik sebesar 163 MW dan menghasilkan efisiensi listrik lebih dari 58,5%.

“Hingga saat ini, sudah lebih dari 350 unit terjual dengan waktu operasional yang setara lebih dari 6 juta jam. SGT-800 adalah pilihan yang sangat tepat untuk produsen energi bagi industri serta perusahaan minyak dan gas yang memiliki tingkat permintaan energi yang sangat tinggi,” ungkap Bernaud Stuckart, Kepala Divisi Daya dan Gas, PT Siemens Indonesia di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Gardu induk sebagai pusat dari sistem energi memegang peran penting dalam jaringan listrik dan akan semakin berperan lebih penting lagi bagi jaringan listrik di masa depan. Siemens menawarkan pendekatan holistik untuk solusi gardu digital dengan memanfaatkan secara konsisten seluruh data yang tersedia, menganalisis dengan canggih dan konektivitas data yang komprehensif melalui MindSphere— sistem operasi terbuka berbasis cloudmilik Siemens untuk Internet of Things (IoT).

Gardu digital Siemens memberikan kontribusi dalam menyelaraskan kebutuhan bisnis dengan kebutuhan masyarakat. Produk ramah lingkungan dari Siemens Blue Portfolio seperti pemutus sirkuit, instrumen transformator dan gas insulated switchgear yang terintegrasi dengan penyela vakum dan insulasi Clean-Air.

Siemens berhasil menjalin kerja sama dengan mitra lokal di sektor Energi dan Ketenagalistrikan di Indonesia. Untuk memperkuat kapasitas industri Indonesia dan meningkatkan akses ke pasar internasional, PT Barata Indonesia (Persero) telah menandatangani perjanjian untuk mengambil alih Pabrik Komponen Turbin Siemens di Cilegon, Banten pada bulan Agustus 2018.

Sebelumnya, PT Barata dan Siemens telah berhasil berkolaborasi dalam proyek pembangkit listrik dan pembuatan unit turbin untuk industri gula. Pada April 2018, badan usaha milik negara PT Surveyor Indonesia (Persero) bermitra dengan Siemens untuk pengoperasian dan pemeliharaan pembangkit listrik di Indonesia, termasuk manufaktur suku cadang untuk generator dan turbin (gas dan uap), inspeksi dan pemantauan generator, dan pengembangan sumber daya manusia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…

SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:30 WIB

Kemenperin Boyong 12 Industri Alsintan ke Pameran SIAM di Maroko

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi sebanyak 12 industri alat dan mesin pertanian (alsintan) dalam negeri untuk ikut berpartisipasi pada ajang bergengsi Salon International…