BEKRAF Dukung Pembuat Gim Indonesia Tampil di Tokyo Game Show 2018

Oleh : Amazon Dalimunthe | Selasa, 18 September 2018 - 10:55 WIB

Tokyo Game Show 2918 Akan Diikuti Gamers dari Indonesia
Tokyo Game Show 2918 Akan Diikuti Gamers dari Indonesia

INDUSTRY.co.id - JAKARTA-- Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)  mendukung pengiriman 7  (tujuh) insan kreatif game Indonesia di ajang Tokyo Game Show (TGS). TGS adalah pameran tahunan yang diadakan setiap bulan September dan tahun ini berlangsung di Makuhari Messe Hall 1 – 11, Event Hall, International Conference Halls, Prefektur Chiba, Jepang. Bekraf juga mengusung tema “Archipelageek” dalam upaya pendukungannya terhadap subsektor Aplikasi dan Pengembang Permainan Indonesia.

Bentuk dukungan Bekraf dalam TGS 2018 ini diantaranya adalah sewa lahan serta konstruksi booth, promosi dan publikasi peserta delegasi Indonesia. Indonesia sendiri rencananya akan menempati paviliun seluas 54 meter persegi di New Stars Area Hall 1, No. 1-N13.

Selain untuk mempromosikan ekosistem industri gim nasional, para pelaku gim Indonesia juga akan memamerkan produk mereka di acara itu. “Keikutsertaan para pelaku industri gim Indonesia di TGS 2018 ini terselenggara  atas kerja sama Deputi Pemasaran dan Deputi Infrastruktur Bekraf dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI),” ujar Deputi Pemasaran Joshua Puji Simandjuntak, dalam pertemua dengan wartawan di kawasan Sabang, Jakarta Pusat Senin (17/9/2018).

Tujuh pelaku gim nasional yang diikutkan dalam TGS 2018 di Jepang ini adalah AGATE, Megaxus, SEMISOFT, Lentera Nusantara Studio, Wisageni, Melon Gaming, dan Studio Namaapa.

Agate merupakan perusahaan gim terkemuka dari Indonesia yang fokus pada pengembangan dan penerbitan gim hiburan terutama di mobile, PC dan konsol. Sejauh ini, Agate telah mengembangkan lebih dari 250 gim sejak tahun 2009, dan saat ini telah beroperasi di Indonesia, Singapura dan Malaysia dengan lebih dari 150 kru yang sangat berbakat.

Sedang Melon Gaming adalah sebuah perusahaan yang berfokus untuk membantu para pengembang game agar dapat mengembangkan game yang ringan dengan mudah dan cepat untuk platform HTML5.

Berasal dari Yogyakarta, cerita Wisageni Studio berawal dari pembuatan web browser game. Seiring waktu berjalan, proyek inipun berkembang, dari yang sebelumnya hanya berawakkan 3 orang founder menjadi 10 orang. Selain itu, lini produk Wisageni Studio juga berkembang menjadi IP, advert game dan full development outsourcing.

Studio Namaapa menjadi salah satu studio game independen asal Indonesia yang secara umum memproduksi game ber-platform PC, namun tetap terbuka untuk kemungkinan pengembangan di platform lainnya.

Selanjutnya PT Megaxus Infotech (Megaxus), perusahaan penerbitan & pengembangan game terkemuka di Asia Tenggara yang didirikan pada tahun 2006. Hingga saat ini, Megaxus telah berhasil mempublikasikan 11 game online PC dan 5 mobile game.

Kemudian Lentera Nusantara Studio, rumah Intelectual Property (IP) yang menyelaraskan seni dan teknologi secara profesional sebagai paradigma baru konten digital dengan menggabungkan teknologi masa kini dengan budaya lokal untuk memunculkan kilau tersembunyi dari warisan Nusantara dan dunia.

 

Selanjutnya SEMISOFT, adalah perusahaan pengembang gim yang dibuat oleh para gamer untuk para gamer.

Ke-7 pelaku gim ini sebelumnya telah lulus seleksi dari empat kurator, yaitu Adam Ardisasmita (Dewan Pengurus AGI), Dwi Frida (Dewan Pengurus AGI), Cipto Adiguno (Dewan Pengurus AGI), dan Jan Faris Majd (Ketua Harian AGI). TGS 2018 Open call sendiri sudah dibuka pada 23-28 Agustus 2018 lalu.

Kriteria pelaku gim yang ikut seleksi TGF 2018 ini ada beberapa, diantaranya, sudah berbadan hukum, kepemilikan WNI harus di atas 51%, kualitas dari konten (game) yang akan dibawa ke TGS, mampu untuk berangkat ke TGS secara swadaya, serta potensi pertumbuhan bisnis yang dapat diperoleh dengan mengikuti TGS. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.

Industri Tekstil

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:01 WIB

Upaya Pemerintah Dongkrak Produktivitas Industri Tekstil dan Pakaian Menuju Lima Besar Dunia

Berdasarkan Making Indonesia 4.0, industri TPT merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya sebagai pionir dalam peta jalan penerapan revolusi industri…