Target Ekspor Industri Tekstil Senilai 30 Miliar Dolar pada 2015

Oleh : Herry Barus | Senin, 17 September 2018 - 14:30 WIB

Proses purchasing di Distribution Center Textileone (Fadli: Industry.co.id)
Proses purchasing di Distribution Center Textileone (Fadli: Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mendukung pencapaian target peningkatan ekspor yang ditetapkan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) hingga 30 miliar dolar AS pada 2025.

"Pasti mendukung. Saya akan bersama kolega saya seperti Menteri Perindustrian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal untuk mewujudkan itu, kata Enggar di Bandung,  belum lama ini.

Enggar menyampaikan hal itu usai menghadiri Sosialisasi Roadmap dan Dialog Tekstil Nasional Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) di Bandung.

Menurut Enggar, kendati harus memenuhi pasar dalam negeri, industri TPT nasional juga perlu memanfaatkan peluang ekspor sehingga memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian.

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat menyampaikan target peningkatan ekspor tersebut akan tertuang dalam peta jalan industri TPT yang tengah disusun.

Ade bahkan optimistis target tersebut bisa dicapai sebelum memasuki tahun 2025.

 "Kita butuh pasar yang lebih besar. Kita berharap roadmap kita 30 miliar dolar AS dapat tercapai 2025. Harus lebih cepat malah,  ungkapnya.

Menurutnya, perluasan akses pasar ekspor dapat dilakukan melalui berbagai cara, misalnya mempercepat perundingan Kemitraan Ekonomi Indonesia-Uni Eropa atau Indonesia-European Union Comprehensive Partnership Economic Agreement (Indonesia-EU CEPA).

Ade menambahkan pangsa pasar produk TPT Indonesia di Eropa baru mencapai 2 persen saat ini, sedangkan Eropa memiliki pasar yang besar.  Dengan ditandatanganinya Indonesia-EU CEPA, Ade optimistis angkanya bisa naik menjadi 5 persen sehingga target peningkatan ekspor bisa tercapai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi Empat Pilar

Rabu, 19 Februari 2020 - 16:00 WIB

MPR RI-Kadin Indonesia Sepakat Sosialisasi Empat Pilar

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan keterlibatan para pengusaha dalam mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI yang berasal dari Empat Konsensus Dasar bangsa Indonesia, yakni Pancasila,…

Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (Foto Dok Biem.co)

Rabu, 19 Februari 2020 - 15:58 WIB

RUU Cipta Kerja (Omnibus Law) Isinya Bermuatan Pasal-Pasal Serampangan.

Perhimpunan Bantuan Hukum Indonesia Wilayah Jakarta (PBHI JAKARTA) menyatakan, RUU Cipta Kerja (Omnibus Law) yang diinisiatori oleh Pemerintah dan sudah diserahkan ke DPR, belakangan ini menjadi…

SMSI-LPDS Sepakat Kerja Sama Jaga Kualitas Media Siber

Rabu, 19 Februari 2020 - 15:54 WIB

SMSI-LPDS Sepakat Kerja Sama Jaga Kualitas Media Siber

Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) yang didirikan oleh Dewan Pers sejak tahun 1988, siap bekerja sama dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) beranggotakan perusahaan-perusahaan pers online…

Ilustrasi serangan jantung

Rabu, 19 Februari 2020 - 15:15 WIB

Salah Kaprah Mitos Tentang Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, Ini Faktanya

Tahukah Anda? bahwa penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, berapapun umurnya, bahkan pada orang yang sudah menjaga pola konsumsi makanan, termasuk vegetarian. Berikut ini penjelasannya…

Tumpang sari kedelai dengan sawit

Rabu, 19 Februari 2020 - 14:56 WIB

2020,Kabupaten Pali Swasembada Benih Kedelai 2020

Petani Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) provinsi Sumatera Selatan berhasil mengembangkan tumpangsari antara kedelai dan tanaman sari. Gatot yang tergabung dalam kelompok tani Bina…