Target Ekspor Industri Tekstil Senilai 30 Miliar Dolar pada 2015

Oleh : Herry Barus | Senin, 17 September 2018 - 14:30 WIB

Proses purchasing di Distribution Center Textileone (Fadli: Industry.co.id)
Proses purchasing di Distribution Center Textileone (Fadli: Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mendukung pencapaian target peningkatan ekspor yang ditetapkan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) hingga 30 miliar dolar AS pada 2025.

"Pasti mendukung. Saya akan bersama kolega saya seperti Menteri Perindustrian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal untuk mewujudkan itu, kata Enggar di Bandung,  belum lama ini.

Enggar menyampaikan hal itu usai menghadiri Sosialisasi Roadmap dan Dialog Tekstil Nasional Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) di Bandung.

Menurut Enggar, kendati harus memenuhi pasar dalam negeri, industri TPT nasional juga perlu memanfaatkan peluang ekspor sehingga memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian.

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat menyampaikan target peningkatan ekspor tersebut akan tertuang dalam peta jalan industri TPT yang tengah disusun.

Ade bahkan optimistis target tersebut bisa dicapai sebelum memasuki tahun 2025.

 "Kita butuh pasar yang lebih besar. Kita berharap roadmap kita 30 miliar dolar AS dapat tercapai 2025. Harus lebih cepat malah,  ungkapnya.

Menurutnya, perluasan akses pasar ekspor dapat dilakukan melalui berbagai cara, misalnya mempercepat perundingan Kemitraan Ekonomi Indonesia-Uni Eropa atau Indonesia-European Union Comprehensive Partnership Economic Agreement (Indonesia-EU CEPA).

Ade menambahkan pangsa pasar produk TPT Indonesia di Eropa baru mencapai 2 persen saat ini, sedangkan Eropa memiliki pasar yang besar.  Dengan ditandatanganinya Indonesia-EU CEPA, Ade optimistis angkanya bisa naik menjadi 5 persen sehingga target peningkatan ekspor bisa tercapai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali

Selasa, 16 Juli 2019 - 15:05 WIB

Bandara Ngurah Rai Normal, Pasca Gempa Bali

Operasional Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar berjalan normal setelah terjadi gempa berkekuatan 6.0 skala Richter di 83 kilometer Barat Daya Nusa Dua-Bali pada Selasa (16/7/2019) pagi.

IM3 Ooredoo Hadirkan Unlimited Experience di We The Fest 2019

Selasa, 16 Juli 2019 - 15:00 WIB

IM3 Ooredoo Hadirkan Unlimited Experience di We The Fest 2019

IM3 Ooredoo menghadirkan Unlimited Experience di acara We The Fest, gelaran musik terbesar di Jakarta yang berlangsung di JIExpo Kemayoran mulai dari 19-21 Juli 2019. Sebagai Official Telco…

AYDA 2019 kembali digelar (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Selasa, 16 Juli 2019 - 14:37 WIB

Berkolaborasi Lebih Luas, AYDA 2019 Dukung Arsitek dan Desainer Interior Muda Indonesia

Bekerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenn'siekdlkti) Republik Indonesia, Kompetisi Arsitektur dan Desain Interior Antar-Negara, ASIA YOUNG DESIGNER AWARDS…

Ellyas Pical dan pemeran dirinya dalam film the Exocet, Jeffri Nichols

Selasa, 16 Juli 2019 - 14:19 WIB

Kisah Hidup Legenda Tinju, Ellyas Pical, Bakal Diangkat ke Layar Lebar The Exocet

-Ellyas pun bangga bukan main. Apalagi sejumlah artis ternama seperti Jeffri Nichols, Vino Bastian, Chico Jericho, Laura Basuki, Olga Lidya, lukman Sardi, dan Jeremy Thomas ikut berperan.

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani (INDUSTRY.co.id)

Selasa, 16 Juli 2019 - 14:15 WIB

Situasi Politik Mulai Tenang, Pengusaha Senang

Pelaku usaha menyambut positif tensi dan situasi politik yang mulai melandai. Bukan hanya investor luar negeri, melainkan juga pelaku usaha dalam negeri.