Target Ekspor Industri Tekstil Senilai 30 Miliar Dolar pada 2015

Oleh : Herry Barus | Senin, 17 September 2018 - 14:30 WIB

Proses purchasing di Distribution Center Textileone (Fadli: Industry.co.id)
Proses purchasing di Distribution Center Textileone (Fadli: Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mendukung pencapaian target peningkatan ekspor yang ditetapkan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) hingga 30 miliar dolar AS pada 2025.

"Pasti mendukung. Saya akan bersama kolega saya seperti Menteri Perindustrian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal untuk mewujudkan itu, kata Enggar di Bandung,  belum lama ini.

Enggar menyampaikan hal itu usai menghadiri Sosialisasi Roadmap dan Dialog Tekstil Nasional Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) di Bandung.

Menurut Enggar, kendati harus memenuhi pasar dalam negeri, industri TPT nasional juga perlu memanfaatkan peluang ekspor sehingga memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian.

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat menyampaikan target peningkatan ekspor tersebut akan tertuang dalam peta jalan industri TPT yang tengah disusun.

Ade bahkan optimistis target tersebut bisa dicapai sebelum memasuki tahun 2025.

 "Kita butuh pasar yang lebih besar. Kita berharap roadmap kita 30 miliar dolar AS dapat tercapai 2025. Harus lebih cepat malah,  ungkapnya.

Menurutnya, perluasan akses pasar ekspor dapat dilakukan melalui berbagai cara, misalnya mempercepat perundingan Kemitraan Ekonomi Indonesia-Uni Eropa atau Indonesia-European Union Comprehensive Partnership Economic Agreement (Indonesia-EU CEPA).

Ade menambahkan pangsa pasar produk TPT Indonesia di Eropa baru mencapai 2 persen saat ini, sedangkan Eropa memiliki pasar yang besar.  Dengan ditandatanganinya Indonesia-EU CEPA, Ade optimistis angkanya bisa naik menjadi 5 persen sehingga target peningkatan ekspor bisa tercapai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…