Target Ekspor Industri Tekstil Senilai 30 Miliar Dolar pada 2015

Oleh : Herry Barus | Senin, 17 September 2018 - 14:30 WIB

Proses purchasing di Distribution Center Textileone (Fadli: Industry.co.id)
Proses purchasing di Distribution Center Textileone (Fadli: Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mendukung pencapaian target peningkatan ekspor yang ditetapkan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) hingga 30 miliar dolar AS pada 2025.

"Pasti mendukung. Saya akan bersama kolega saya seperti Menteri Perindustrian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal untuk mewujudkan itu, kata Enggar di Bandung,  belum lama ini.

Enggar menyampaikan hal itu usai menghadiri Sosialisasi Roadmap dan Dialog Tekstil Nasional Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) di Bandung.

Menurut Enggar, kendati harus memenuhi pasar dalam negeri, industri TPT nasional juga perlu memanfaatkan peluang ekspor sehingga memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian.

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat menyampaikan target peningkatan ekspor tersebut akan tertuang dalam peta jalan industri TPT yang tengah disusun.

Ade bahkan optimistis target tersebut bisa dicapai sebelum memasuki tahun 2025.

 "Kita butuh pasar yang lebih besar. Kita berharap roadmap kita 30 miliar dolar AS dapat tercapai 2025. Harus lebih cepat malah,  ungkapnya.

Menurutnya, perluasan akses pasar ekspor dapat dilakukan melalui berbagai cara, misalnya mempercepat perundingan Kemitraan Ekonomi Indonesia-Uni Eropa atau Indonesia-European Union Comprehensive Partnership Economic Agreement (Indonesia-EU CEPA).

Ade menambahkan pangsa pasar produk TPT Indonesia di Eropa baru mencapai 2 persen saat ini, sedangkan Eropa memiliki pasar yang besar.  Dengan ditandatanganinya Indonesia-EU CEPA, Ade optimistis angkanya bisa naik menjadi 5 persen sehingga target peningkatan ekspor bisa tercapai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Selasa, 17 September 2019 - 15:09 WIB

Karhutla Bukan Bencana dari Tuhan, Tetapi Kelalaian dalam Perencanaan dan Pencegahan

Jakarta-Karhutla yang terjadi terus-menerus ini bukanlah musibah dari Tuhan sebagaimana yang disebutkan Kepala Kantor Staff Kepresidenan (KSP), Moeldoko. Penyebab karhutla adalah kelalaian dalam…

Gedung DPR RI

Selasa, 17 September 2019 - 15:01 WIB

Revisi UU KPK Disetujui DPR RI

Rapat Paripurna DPR RI ke-9 Masa Persidangan I periode 2019-2020 menyetujui hasil revisi Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk disahkan menjadi undang-undang.

Kuwat Sri Hudoyo

Selasa, 17 September 2019 - 15:00 WIB

Kemenkes Mendorong Industri Farmasi Domestik Lewat E-Katalog

Kementerian Kesehatan terus berupaya meningkatkan daya saing industri farmasi dan alat kesehatan dalam negeri dengan e-katalog maupun mendorong riset terapan biofarmaka dan vaksin

Kebakaran Hutan

Selasa, 17 September 2019 - 14:45 WIB

Indonesia Darurat Udara Bersih

Jakarta-Permasalahan udara bersih saat ini tidak hanya menjadi isu masyarakat perkotaan metropolitan seperti Jakarta, tetapi juga telah menjadi masalah di berbagai daerah di Sumatera dan Kalimantan.

Novita Dewi

Selasa, 17 September 2019 - 14:00 WIB

Novita Dewi Luncurkan Single Batak Rasa Latin

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat tarik suara X Factor, Novita Dewi mencoba menerobos industri musik yang tengah lesu darah dengan menggelontorkan single terbaru bernuansa latin.