Pacu Pengembangan Wisata Danau Toba, Pemerintah Atur Strategi Baru

Oleh : Ridwan | Sabtu, 15 September 2018 - 17:07 WIB

Danau Toba Suamtera Utara (Foto Ist)
Danau Toba Suamtera Utara (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Sejak pertama kali dihadirkan oleh Pemerintah di tahun 2016, pengembangan 10 destinasi pariwisata prioritas atau 10 Bali Baru kian dipacu lewat Kementerian Pariwisata (Kemenpar), salah satunya Danau Toba. 

Dari 10 Bali Baru yang telah ditetapkan oleh pemerintah, Danau Toba menjadi yang terbawah dalam progres pengembangannya. 

Pada tahun 2015, pemerintah pusat membentuk Badan Otorita Danau Toba yang ditugaskan untuk mengembalikan kejayaan wisata tersebut. 

Direktur Destinasi Badan Otorita Danau Toba Tata Syafaat Ridwanulla mengatakan, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan strategi baru yang akan dikembangkan untuk mempermudah wisatawan mencapai obyek wisata yang berada di Danu Toba. 

Adapun strategi tersebut antara lain mengembangkan aksebilitas menuju wisata Danau Toba, membuat atraksi-atraksi baru di kawasan tersebut, serta menjadikan daerah wisata. 

"Maimed-nya, kita akan belajar dari Jatim Park untuk diterapkan dan dimplementasikan di Danau Toba, sehingga ada banyak pilihan untuk wisatawan dari berbagai usia," kata Tata seusai acara Seminar bertajuk 'Startegi Baru Pariwisata Danau Toba' di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (15/9/2018).

Diakui Tata, untuk maimed di Danau Toba memang masih kurang. "Oleh karena itu, saya harapkan pelaku industri pariwisata yang ada di Jawa untuk melihat peluang yang ada agar kesuksesan wisata di daerahnya bisa diterapkan di Danau Toba," tambahnya 

Selain itu, lanjut Tata, pihaknya juga akan membuka pintu-pintu masuk baru menuju Danau Toba. Menurutnya, ini akan mempermudah wisatawan mencapai daerah wisata tersebut. 

"Saat ini sudah ada Bandara Silangit, dari Jakarta bisa langsung direct kesana, kedepan kita akan kembangkan di Sibisa. Hal ini akan mempercepat sehingga secara phisikologis wisatawan itu bisa langsung mencapai daerah wisatanya," imbuh Tata. 

Selain direct langsung dari Jakarta ke Silangit, tambahnya, pihaknya juga akan mengembangkan direct flight langsung dari luar negeri khususnya negara-negara Asean. Pasalnya, lokasi Danau Toba sangat strategis dari negara Asean. 

"Bahkan, Dubes China pun sudah dua kali berkunjung ke Danau Toba. Menurut Dubes China, wisata Danau Toba sangat menarik bagi wisatawan," tuturnya. 

Tata menghimbau seluruh penggiat dan investor pariwisata untuk dapat melihat peluang investasi yang ada di Danau Toba.

"Saya harapkan semua stakeholder bisa ikut serta dalam mengembangkan wisata Danau Toba," tutup Tata. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

dr. Beatrix Isabella Tjahyana Dipl.AAAM, Founder & CEO BeArt Korean Skin Clinic menjelaskan perkembangan teknologi laser untuk perawatan kecantikan di Indonesia.

Selasa, 07 Mei 2024 - 23:43 WIB

Perawatan Kecantikan Dengan Laser, BeArt Korean Skin Clinic Hadirkan Metode Terbaru Dari Amerika

Salah satu jenis perawatan dengan metode laser yang menjadi populer dan diterapkan klinik BeArt yaitu dengan menggunakan mesin face lifting dari Amerika.

Pelatihan Membaca Nyaring di hadapan pustakawan, guru sekolah dan orang tua di Sumatera Utara

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:58 WIB

Pentingnya Teknik Membaca Nyaring Pada Anak Sejak Dini

Anak yang sering dibacakan nyaring dan diajak berbicara oleh ibu bapaknya secara tidak langsung membantu stimulasi kemampuan kognitifnya berkembang lewat suara.

PT Intiland Development Tbk (DILD)

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:45 WIB

BI Rate Naik, Intiland Harap Perbankan Gencar Jalin Kolaborasi dengan Pengembang

Bank Indonesia (BI) telah menaikan suku bunga acuan atau BI Rate menjadi 6,25%. Kenaikan BI Rate ini pastinya akan berdampak bunga kredit atau cicilan, meskipun berlangsung lama. Sekretaris…

Apresiasi kepada Mandiri Agen

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:20 WIB

Komitmen Dorong Inklusi Keuangan, Bank Mandiri Perkuat Peran Mandiri Agen

Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, Bank Mandiri terus memperkuat peran Mandiri Agen dalam menyediakan akses layanan keuangan yang lebih…

Trinseo menggelar Program Yok Yok Ayok Daur Ulang! (YYADU!) lewat roadshow ke sekolah-sekolah.

Selasa, 07 Mei 2024 - 21:12 WIB

Trinseo Dorong Transisi Lingkungan Lewat Roadshow Sekolah

Trinseo mendorong perubahan berkelanjutan dan mengembangkan ruang hijau untuk lingkungan yang lebih sehat serta mendorong pihak sekolah untuk menjadi agen perubahan terhadap pilah dan olah sampah,…