Keluhan Pengusaha Tahu Tempe, Harga Kedelai Naik

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 08 September 2018 - 16:20 WIB

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita akan mengecek harga kedelai di pasaran mengingat ada keluhan dari pengusaha tahu dan tempe mengenai kenaikan harga bahan pangan tersebut.

"Saya belum ter-update apakah benar kenaikan seperti itu. Saya akan cek," kata Enggartiasto ketika ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, kemarin.

Mendag mengatakan pihaknya akan menghubungi distributor, importir, dan penjual kedelai untuk mengetahui seberapa besar kenaikannya serta alasan dari peningkatan harga.

Enggartiasto mengatakan para distributor, importir dan penjual kedelai sudah berjanji untuk tidak seenaknya menaikkan harga dengan pendekatan nilai kurs.

"Karena dia tahu market dia adalah pedagang tahu tempe," kata Enggartiasto.

Mendag menilai pelemahan nilai tukar rupiah memengaruhi harga kedelai di pasar. Namun di sisi lain, adanya perang dagang turut menurunkan harga kedelai.

"Harga kedelai, karena terbatas market-nya, dia turun karena mereka ada trade war," ujar Enggartiasto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid

Kamis, 14 November 2019 - 05:35 WIB

Nurdin Halid Siap Infakkan Harta Rp10 Miliar untuk Membangun Kantor Dekopin

Seusai terpilih kembali menjadi ketua umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) untuk ketiga kalinya, Nurdin berencanal menginfakkan Rp10 miliar hartanya untuk membangun kantor Dekopin.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto (tengah), Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (kiri), dan Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid (kanan) saat menggelar jumpa pers dalam musyawarah nasional tahun 2019 yang digelar oleh Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), di Hotel Claro, Makassar, Selasa malam, 12 November 2019.

Kamis, 14 November 2019 - 05:20 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemerintah Siapkan Pelatihan Pengembangan SDM Koperasi di Era 4.0

Makassar–Data mencatat, jumlah koperasi berskala mikro, kecil, dan menengah ada sebanyak ± 116.923 unit (99,64%). Angka tersebut didominasi oleh koperasi skala usaha mikro sebanyak ± 88.484…

Nurdin Halid (NH) kembali terpilih menjadi ketua umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) untuk ketiga kalinya.

Kamis, 14 November 2019 - 05:09 WIB

Nurdin Halid Kembali Terpilh Menjadi Ketua Umum Dekopin

Makassar — Nurdin Halid (NH) kembali terpilih menjadi ketua umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) untuk ketiga kalinya.

Provinsi Sultra Siap Jadi Tuan Rumah HPN 2021

Kamis, 14 November 2019 - 05:00 WIB

Provinsi Sultra Siap Jadi Tuan Rumah HPN 2021

Provinsi Sulawesi Tenggara siap menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021. HPN merupakan agenda tahunan yang puncak peringatannya dilaksanakan setiap 9 Februari.

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Kamis, 14 November 2019 - 05:00 WIB

Partai Nasdem- Pimpinan MPR RI Bahas Amandemen Terbatas NRI 1945

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama para Wakil Ketua MPR RI lainnya bersilaturahim dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan jajaran pengurus pusat Partai Nasdem. Selain untuk mempererat…