PT PPA Kapital Gandeng PT Polowijo Gosari Group Bangun Pabrik Pupuk Magnesium di Gresik

Oleh : Hariyanto | Jumat, 07 September 2018 - 17:02 WIB

PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero)
PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero)

INDUSTRY.co.id - Gresik - PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) melalui anak usahanya, PT PPA Kapital, bekerja sama dengan PT Polowijo Gosari Group untuk membangun pabrik pupuk magnesium berkapasitas 1 juta ton per tahun, yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur. 

Deputi Bidang Usaha Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius K Ro mengatakan, kerja sama kedua perusahaan ini saling membutuhkan di mana PPA dapat menyediakan sumber pendanaan, sedangkan PT Polowija Gosari Group memiliki sumber daya berupa dolorit.

“Oleh sebab itu, tidak dilarang perusahaan BUMN bekerja sama dengan swasta. Dua kultur ini disatukan sangat sinergistik,” kata Aloy, pada acara ground breaking pembangunan pabrik pupuk magnesium, di Gresik, Jawa Timur, Jumat (7/9/2018).

Sementara, Direktur Utama PT Polowijo Gosari Group, Deddy Harnoko Sucahyo, menjelaskan, saat ini, Polowijo memiliki cadangan dolorit sebanyak 500.000.000 ton di atas lahan konsesi tambang seluas lebih dari 700 hektar, dengan kandungan MgO tertinggi.

“Dari batuan dolomit diekstraksi menjadi pupuk magnesium. Kemudian, pupuk magnesium diolah menjadi pupuk kieserite. Saat ini, kapasitas produksi Polowijo sebanyak 300.000 ton pupuk magnesium dan akan ditingkatkan menjadi 1 juta ton,” tutur Koko, sapaan akrab Harnoko.

Ia menambahkan, pembangunan pabrik pupuk magnesium di lahan seluas 20 hektar ini dilakukan dua tahap. Tahap pertama, kapasitas pabrik pupuk magnesium mencapai 500.000 ton sehingga menjadi 800.000 ton, dan mencapai 1 juta ton pada akhir tahun depan. 

“Produk yang kita hasilkan adalah pupuk. Rencananya, dari 1 juta ton sekitar 80% untuk pupuk dan sisanya sebanyak 20% untuk produk lainnya,” sambungnya.

Hal serupa diungkapkan oleh Direktur Utama PPA Henry Sihotang. Menurut dia, kerja sama ini didasari potensi yang terdapat di PT Polowijo Gosari Group. Oleh sebab itu, kedua perusahaan membangun perusahaan patungan, yakni PT Magnesium Gosari Internasional yang akan mengoperasikan pabrik pupuk magnesium tersebut.

“Kita harap bisa dieksekusi dengan baik. Nilai investasi pembangunan pabrik pupuk magnesium ini mencapai Rp1 triliun dengan kombinasi pendanaan dari internal dan pinjaman,” ujar Henry. 

Pupuk magnesium yang dihasilkan akan didistribusikan kepada holding PTPN III (Persero) dan perkebunan besar swasta nasional, serta perkebunan lain di seluruh Indonesia. Pupuk magnesium tersebut cocok untuk pertanian, tanah perkebunan, juga perikanan, serta industri logam. (imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fintech payment aplikasi Cashbac

Minggu, 19 Januari 2020 - 17:19 WIB

Cashcab Keuntungan Lebih Untuk Pelanggan Standard Chartered Bank

Cashbac kembali menghadirkan promo ‘Tanggal Tua Rasa Muda’ yang memberikan kesempatan para pengguna untuk berhemat bagi para penggunanya tanpa perlu mengkhawatirkan akhir bulan dan tetap…

Siswa Sampoerna Academy Raih 'Top in World' Outstanding Cambridge Learner Awards

Minggu, 19 Januari 2020 - 17:00 WIB

Siswa Sampoerna Academy Raih 'Top in World' Outstanding Cambridge Learner Awards

Prestasi yang sungguh membanggakan diraih oleh lima siswa dari Sampoerna Academy Medan dengan membawa pulang Outstanding Cambridge Learner Awards di bawah kualifikasi Cambridge IGCSE. Penghargaan…

Menghadapi Era Experience Economy Bersama SAMARA Media & Entertainment

Minggu, 19 Januari 2020 - 16:00 WIB

Menghadapi Era Experience Economy Bersama SAMARA Media & Entertainment

Saat ini, dunia industri sedang berada di era Experience Economy, dimana konsumen kini tidak lagi hanya menginginkan barang atau jasa, tapi juga menjadikan pengalaman sebagai bagian penting…

Ilustrasi video jurnalistik

Minggu, 19 Januari 2020 - 15:49 WIB

Konten Video Bisa Jadi Sarana Dakwah

Divisi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Ummat TV menggelar Pelatihan Videografer Dakwah di Kantor Redaksi Ummat TV, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu-Ahad (18-19/01/2020).

Pelecehan Seksual (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Januari 2020 - 15:45 WIB

Reynhard Sinaga Predator Seksual Baru Diungkap Setelah Vonis Bersalah, Mengapa?

Reynhard Sinaga (36), sebagai 'predator seksual setan'. Baru diungkap 6 Januari 2020 kepublik, padahal sidang perkara dia di Pengadilan di Inggris sejak Juni 2018. Media Mainstrem sana memegang…