Meski Rupiah Melemah, Mark Dynamics Indonesia Tetap Optimis Penuhi Target

Oleh : Hariyanto | Jumat, 07 September 2018 - 11:57 WIB

Ilustrasi Pekerja Pabrik Sarung Tangan Karet (Ist)
Ilustrasi Pekerja Pabrik Sarung Tangan Karet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Meski nilai tukar rupiah terhadap dolar AS mengalami pelemahan, PT Mark Dynamics Indonesia tetap optimistis dapat memenuhi target kinerja yang ditetapkan.

Direktur Utama PT Mark Dynamics Indonesia, Ridwan menuturkan, kinerja perseroan tetap pada jalur pertumbuhan yang diitetapkan, walaupun pelemahan rupiah cukup tajam dalam beberapa bulan terakhir. 

"Meskipun sebagian besar komponen biaya berdenominasi dolar AS, penjualan kami mayoritas untuk pasar ekspor, sehingga kami malah dapat berkah dari hal tersebut," tutur Ridwan, Kamis (6/9/2018).

Ia melanjutkan, saat ini, perseroan memiliki struktur biaya produksi dengan komponen impor yang tinggi di kisaran 50% dari total biaya. Untuk bahan baku, pergerakan nilai tukar rupiah relatif terjaga karena suda ada kontrak pasokan untuk periode tertentu.

Namun demikian, dengan penjualan dan komposisi ekspor lebih dari 90%, perseroan akan mendapat untung dari selisih kurs yang diterima.

"Perseroan mengalami natural hedging atas perbedaan selisih kurs ini, dan membuat kami tetap dapat menjaga struktur biaya yang rendah. Untuk itu, kami juga dapat memastikan target 2018 akan tetap tercapai sesuai rencana," jelasnya. 

Mark Dynamics Indonesia sebagai produsen utama cetakan sarung tangan karet memproyeksikan pendapatan sepanjang datahun ini sekitar Rp310,5 miliar dan laba bersih Rp72 miliar.

Pada semester I 2018, pendapatan perseroan mencapai Rp155,45 miliar atau lebih tinggi 50,1% dari target yang dicanangkan. Sementara, capaian laba sekitar Rp36,54 miliar atau 50,1% dari proyeksi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Yonif 411 Kostrad Berikan Layanan Kesehatan Waga di Bivak Papua

Selasa, 22 Oktober 2019 - 03:00 WIB

Satgas Yonif 411 Kostrad Berikan Layanan Kesehatan Warga di Bivak Papua

Tidak hanya melaksanakan tugas pokoknya dalam menjaga keutuhan NKRI, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad juga memberikan layanan kesehatan kepada…

Peserta HNJA saat mengunjungi salah satu Desa binaan Aqua

Selasa, 22 Oktober 2019 - 00:33 WIB

Biogas Mampu Tekan Biaya Pembelian Gas Elpiji Masyarakat

- Bali - Danone melalui Pabrik Aqua memberikan pendampingan ke masyarakat Bali, diantaranya Pariwisata, membantu kepemilikan biogas, pertanian dan ke pemulung. Kesemuanya bentuk keperdulian…

Bibit Ubikayu (Foto:Doc Kementan)

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:37 WIB

Pengembangan Bibit Unggul Ubi Kayu, Kementan Bantu Sertifikasi

Jakarta - Industri Pangan olahan ubi kayu saat ini sedang digandrungi masyarakat. Mulai dari minuman berbahan tapioka hingga makanan ringan seperti kripik atau chips stik. Untuk itu dibutuhkan…

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:17 WIB

CIM Niaga Miliki Aplikasi Mobile Banking

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memperkenalkan aplikasi mobile banking terbaru bagi nasabah korporasi yaitu BizChannel@CIMB Mobile. Kehadiran aplikasi tersebut diharapkan dapat…

Ilustrasi

Senin, 21 Oktober 2019 - 18:30 WIB

Kemenkumham Dorong Perbaikan Balai Harta Peninggalan

Jakarta - Pemerintah terus meningkatkan kinerja Balai Harta Peninggalan (BHP) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Salah satunya melalui Rapat Kerja Teknis Balai (Rakernis) dengan tema menyikapi…