Meski Rupiah Melemah, Mark Dynamics Indonesia Tetap Optimis Penuhi Target

Oleh : Hariyanto | Jumat, 07 September 2018 - 11:57 WIB

Ilustrasi Pekerja Pabrik Sarung Tangan Karet (Ist)
Ilustrasi Pekerja Pabrik Sarung Tangan Karet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Meski nilai tukar rupiah terhadap dolar AS mengalami pelemahan, PT Mark Dynamics Indonesia tetap optimistis dapat memenuhi target kinerja yang ditetapkan.

Direktur Utama PT Mark Dynamics Indonesia, Ridwan menuturkan, kinerja perseroan tetap pada jalur pertumbuhan yang diitetapkan, walaupun pelemahan rupiah cukup tajam dalam beberapa bulan terakhir. 

"Meskipun sebagian besar komponen biaya berdenominasi dolar AS, penjualan kami mayoritas untuk pasar ekspor, sehingga kami malah dapat berkah dari hal tersebut," tutur Ridwan, Kamis (6/9/2018).

Ia melanjutkan, saat ini, perseroan memiliki struktur biaya produksi dengan komponen impor yang tinggi di kisaran 50% dari total biaya. Untuk bahan baku, pergerakan nilai tukar rupiah relatif terjaga karena suda ada kontrak pasokan untuk periode tertentu.

Namun demikian, dengan penjualan dan komposisi ekspor lebih dari 90%, perseroan akan mendapat untung dari selisih kurs yang diterima.

"Perseroan mengalami natural hedging atas perbedaan selisih kurs ini, dan membuat kami tetap dapat menjaga struktur biaya yang rendah. Untuk itu, kami juga dapat memastikan target 2018 akan tetap tercapai sesuai rencana," jelasnya. 

Mark Dynamics Indonesia sebagai produsen utama cetakan sarung tangan karet memproyeksikan pendapatan sepanjang datahun ini sekitar Rp310,5 miliar dan laba bersih Rp72 miliar.

Pada semester I 2018, pendapatan perseroan mencapai Rp155,45 miliar atau lebih tinggi 50,1% dari target yang dicanangkan. Sementara, capaian laba sekitar Rp36,54 miliar atau 50,1% dari proyeksi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Noah

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:20 WIB

Dua Tahun Digarap, Noah Rilis Album 'Keterkaitan Keterikatan’

Ariel, Lukman, Uki, dan David melakukan serangkaian kegiatan yang diberi nama 7 Days in Paradise.

Fashion show di ajang Jakarta Youth Meet Up.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:08 WIB

Jakarta Youth Meet Up Wujudkan Inspirasi dan Selebrasi Anak Muda

Entusiasme anak muda terlihat dari banyaknya pengunjung yang terus berdatangan.

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp di Bangkok, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:57 WIB

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp

Kontribusi SCG di bidang Pendidikan, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di negara tempatnya beroperasi.

KoinWorks berhasil memenangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase and Competition Indonesia 2019 untuk kategori Lending yang diumumkan Kamis, 22 Agustus 2019 di JW Marriott Hotel, Jakarta.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:44 WIB

KoinWorks Menangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase

Berhasil mengalahkan lima pesaing utama lainnya yang sebagian besar berasal dari industri fintech dan perbankan.

Riko Gunawan, Head of Commercial Products and Solution Acer Indonesia pada konferensi pers solusi Smart Water, Smart Power, Smart Lighting, dan Smart Agriculture sebagai solusi berteknologi Internet of Things (IoT) di Jakarta, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:02 WIB

Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Biaya, Acer Perkenalkan Solusi IoT

Membantu perusahaan dan pelaku bisnis meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya melalui konektivitas antar perangkat.