Festival Indonesiana 2019 Diikuti 44 Kandidat

Oleh : Herry Barus | Rabu, 29 Agustus 2018 - 14:42 WIB

Gamelan (Foto Dok Industry.co.id)
Gamelan (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Koordinator Sekretariat Indonesiana Ahmad Mahendra mengatakan platform kebudayaan Indonesiana di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) saat ini telah menerima 44 kandidat yang akan diseleksi untuk penyelenggaraan festival budaya dalam kerangka Indonesiana pada 2019.

"Di tahun ini sudah ada masuk 44 kandidat untuk kemudian diseleksi berapa yang layak," kata Mahendra yang juga Kepala Bagian Umum dan Kerja Sama Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa (28/8/2018)

 Dia mengatakan platform kebudayaan Indonesiana merupakan bagian dari upaya memajukan kebudayaan di daerah-daerah.

Mahendra kepada Antara mengatakan proposal festival untuk lolos seleksi harus memenuhi berbagai syarat antara lain mencerminkan kegotongroyongan, ketersediaan anggaran, kesediaan membentuk kurator bersama dan ada penguatan lokal.

Mahendra mengatakan pihak Indonesiana akan memberikan pendampingan kepada kandidat yang terpilih selama tiga tahun untuk belajar mandiri dan profesional mengadakan suatu festival budaya.

 "Platform Indonesiana juga berfungsi untuk mendorong mereka menjadi percaya diri terhadap kelokalannya," tuturnya.

Menurut dia, pelibatan masyarakat dalam penyelenggaran festival menunjukkan keinginan masyarakat untuk memajukan kebudayaan lewat tradisinya serta menumbuhkan kecintaan dan pelestarian terhadap budaya setempat.

"Memang perlu didorong teman-teman di daerah ini agar mereka percaya diri, supaya mereka bisa (menyelenggarakan festival budaya)," ujarnya. Platform kebudayaan Indonesiana menyelenggarakan empat festival dari total 13 festival pada 2018.

Empat festival itu adalah Festival Foho Rai di Belu,Nusa Tenggara Timur (NTT), festival Gamelan internasional di Jawa Tengah dan rangkaian festival dalam Gaung Sintuvu di Sulawesi Tengah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bendungan Raknamo

Rabu, 24 April 2019 - 11:44 WIB

Pembangunan Bendungan Napun Gete di NTT Capai 63 Persen

Setelah menyelesaikan pembangunan dua bendungan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yakni Raknamo dan Rotiklot, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah menyelesaikan…

Pemilu 2019(Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 24 April 2019 - 10:00 WIB

119 Petugas KPPS Meninggal Tersebar di 25 Provinsi

Komisi Pemilihan Umum menyatakan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang meninggal saat menjalankan tugas bertambah menjadi 119 orang yang tersebar di 25 provinsi se-Indonesia.

PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 24 April 2019 - 09:00 WIB

Paparan Publik PT Multi Bintang Indonesia Tbk: Expanding Our Horizons

PT Multi Bintang Indonesia Tbk (Multi Bintang), dengan kode saham MLBI, menggelar paparan publik sebagai kelanjutan dari Rapat Umum Pemegang Saham yang mengumumkan laporan keuangan Perseroan…

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 24 April 2019 - 08:39 WIB

BMKG Perkuat Koordinasi untuk Pengembangan Indonesia

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dr. Dwikorita Karnawati, membuka kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) dan Rapat Koordinasi Pengembangan Nasional (RAKORBANGNAS)…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 24 April 2019 - 08:00 WIB

Capres Prabowo Subianto akan Hadiri Syukuran Bersama Para Relawan

Hari ini Rabu (24/4/2019), cawapres Prabowo Subiaanto direncanakan akan menghadiri syukuran dan konsolidasi pengawalan dan pengamanan kemenangan Prabowo-Sandi bersama para relawan di Padepokan…