Bursa Global Variatif Sentimen Negatif AS-Tiongkok

Oleh : Wiyanto | Senin, 27 Agustus 2018 - 09:36 WIB

Reza Priyambada, analis PT Binaartha Parama Sekuritas (Foto Abe)
Reza Priyambada, analis PT Binaartha Parama Sekuritas (Foto Abe)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penilaian gagalnya pertemuan dagang antara delegasi Tiongkok dan AS memberikan sentimen negatif pada laju bursa saham Asia sehingga cenderung bergerak variatif melemah. Indeks ASX bergerak mendatar dengan adanya sentimen internal politik dan kenaikan AUD yang mengimbangi sentimen global tersebut.

"Indeks saham Tiongkok bergerak variatif dimana HSI dan Shenzhen bergerak melemah namun, Shanghai menguat. Nikkei mampu menguat dengan dukungan kenaikan indeks harga konsumennya," kata analis Pasar Modal Reza Priyambada di Jakarta, Senin (27/8/2018).

Selain itu, katanya, meski dibayang-bayangi ketidakpastian dari hasil pertemuan delegasi Tiongkok dan AS namun, harapan akan adanya kepastian kenaikan suku bunga The Fed memberikan sentimen positif sehingga pelaku pasar pun kembali melakukan aksi belinya.

Dalam kesempatannya, Gubernur The Fed, J. Powell, menyampaikan adanya kenaikan bertahap suku bunga The Fed dengan melihat kondisi ekonomi AS yang semakin membaik.

Di sisi lain, dari internal Uni Eropa, adanya rilis pertemuan ECB yang menyampaikan adanya proteksionisme melalui tarif dagang dan ancaman perang dagang merupakan risiko bagi pertumbuhan ekonomi Uni Eropa, cukup direspon baik pelaku pasar.

"Indeks pan-European Stoxx 600 menguat 0,1 pesen dengan dorongan sejumlah saham," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Minggu, 05 April 2020 - 19:02 WIB

Kemenperin Identifikasi Tantangan dan Kerugian IKM Komponen Otomotif Imbas Pandemi Covid-19

Kementerian Perindustrian terus berupaya mendampingi dan mendukung keberlangsungan industri kecil dan menengah (IKM) dalam menghadapi dampak dari pandemi Covid-19 di Indonesia.

Heru Kristiyana, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK (Foto Ist)

Minggu, 05 April 2020 - 18:47 WIB

Penyelamatan Perbankan Bisa Dipercepat Ketahuan Tidak Sehat

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai adanya Perpu 1 2020, sebagai alat penyelamatan dini terhadap lembaga keuangan seperti perbankan agar tetap sehat sebelum goyang.

Chairman ITBC dan juga menjabat Ketua Harian Kadin-Komite Taiwan, Rini Lestari bersama Ketua KADIN- Komite Taiwan, Setyono Djuandi Darmono

Minggu, 05 April 2020 - 18:05 WIB

ITBC, ICATI, dan KSPK Gandeng Kadin-Komite Taiwan Dukung Tim Medis Lawan Covid-19

Indonesia Taiwan Business Council (ITBC) menggandeng ICATI (Ikatan Citra Alumni Taiwan seIndonesia) Jakarta dan Komunitas Sahabat Pelita Kasih (KSPK) menggalang dana untuk mendukung dan memberikan…

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh

Minggu, 05 April 2020 - 17:45 WIB

Dewan Pers Minta Pemerintah Kucurkan Stimulus untuk Perusahaan Pers

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh mengusulkan kepada pemerintah untuk memberi stimulus pada perusahaan pers, berupa subsidi pembelian bahan baku (kertas) serta pemberian keringan pajak. 

Delapan Tahun Lazada Dukung Sekor eCommerce Indonesia

Minggu, 05 April 2020 - 17:00 WIB

Delapan Tahun Lazada Dukung Sekor Industri eCommerce Indonesia

Lazada, perusahaan eCommerce ternama di Asia Tenggara telah berusia 8tahun di tahun 2020 ini. Sejak didirikan, Lazada memiliki komitmen untuk membantu membangunekosistem eCommerce bisnis kecil…