Gempa NTB 7,0 SR Terasa Sampai JawaTimur

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 Agustus 2018 - 03:44 WIB

BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)
BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jember,- Gempa bumi berkekuatan 7,0 Skala Richter yang mengguncang Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat pada Minggu(19/8/2018) pukul 21.56 WIB terasa hingga Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Getaran gempa terasa sekali karena kebetulan saya dan anak-anak masih belum tidur, kemudian lampu yang digantung di dalam rumah bergoyang-goyang sempat membuat kami panik," kata Hamidah, warga di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Minggu malam.

Ia bersama dua anaknya langsung keluar rumah dan sempat berteriak kepada tetangga yang ada di depan rumah yang mengabarkan ada gempa bumi, sehingga beberapa warga yang mendengar teriakan tersebut juga keluar rumah.

"Saat gempa sudah tidak terasa, kami kembali masuk ke dalam rumah sambil mencari informasi gempa tersebut berpusat di mana dan ternyata di Lombok. Kami berharap semua warga di sana baik-baik saja dan tidak ada korban jiwa seperti gempa bumi sebelumnya," katanya.

Guncangan gempa bumi tersebut juga dirasakan oleh Imron yang merupakan warga di Kecamatan Balung, bahkan sebagian warga juga sempat keluar rumah saat merasakan getaran gempa bumi selama beberapa detik tersebut.

"Warga sempat keluar rumah, namun akhirnya kembali ke dalam rumah setelah tidak adanya gempa bumi yang dirasakan lagi. Setelah mendapatkan informasi, ternyata sejumlah gempa susulan terus terjadi di Lombok, namun kekuatanya lebih kecil," ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo seperti dilansir Antara mengatakan gempa bumi kembali mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu pukul 21.56 WIB dengan kekuatan 7 Skala Richter.

"Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika tercatat pusat gempa berada 30 kilometer timur laut Lombok Timur dengan kedalaman 10 kilometer, dengan pusat gempa berada pada koordinat 8,28 Lintang Selatan dan 116,71 Bujur Timur, serta tidak berpotensi tsunami," tuturnya.

Ia menjelaskan warga di Kabupaten Jember merasakan guncangan gempa berkekuatan 7 SR tersebut hampir menyeluruh di 31 kecamatan di kabupaten setempat, namun hingga kini belum ada laporan dari warga terkait dengan kerusakan bangunan akibat gempa yang berpusat di Lombok tersebut.

"Mudah-mudahan tidak ada kerusakan yang terjadi di Jember akibat gempa bumi di Lombok tersebut," katanya.

Berdasarkan laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa bumi susulan kembali terjadi di Lombok Timur masing-masing pada pukul 22.16 WIB, 22.28 WIB, dan 22.45 WIB.

Gempa pertama pada pukul 22.16 WIB berkekuatan 5,6 SR yang berlokasi di 8.35 Lintang Selatan - 116.53 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer (km). Pusat gempa berada di 18 km Barat Laut Lombok Timur.

Selanjutnya gempa kedua pada pukul 22.28 WIB berkekuatan 5,8 SR yang berlokasi di 8.3 Lintang Selatan - 116.56 Bujur Timur dengan kedalaman 10 km. Pusat gempa berada di 23 km Barat Laut Lombok Timur.

Kemudian gempa ketiga pada pukul 22.45 WIB dengan kekuatan 5 SR berlokasi di 8.24 Lintang Selatan - 116.99 Bujur Timur dengan kedalaman 10 km dan pusat gempa berada di 56 Timur Laut Lombok Timur, namun semua gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 21:00 WIB

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Jika menyimak tren yang ada, saat ini Indonesia sedang dilanda demam artis, musik dan drama Korea. Para promotor musik di Indonesia berlomba mendatangkan penyayi Korea yang sedang digandrungi…

Peresmian Pabrik PT Pegatron Technology Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:05 WIB

Menperin Apresiasi Investasi Pegatron di Batam

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi terhadap realisisasi investasi dari Pegatron selaku perusahaan teknologi asal Taiwan, yang secara resmi telah mengoperasikan pabriknya di Batam,…

Lion Air (Ist)

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:00 WIB

Lion Air Ajak Turis Milenial Lebih Luas Eksplorasi Destinasi Unggulan

Sulawesi Selatan (Sulsel) berlokasi strategis telah menyimpan tujuan wisata memukau, asyik dan keren. Spot popular antara lain Pantai Losari dan Trans Studio Makassar.

DFSK Glory 560

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:48 WIB

Mudahkan Pengunjung Miliki Kendaraan, DFSK Hadirkan Program Leasing

DFSK turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan menampilkan seluruh jajaran kendaraannya lengkap lengkap beserta program penjualan yang menguntungkan bagi…

Bendungan Sei Gong

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:33 WIB

Bendungan Sei Gong Mulai Diisi Untuk Pasok Air Baku Kota Batam

Bendungan yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut dibangun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan air baku yang mendesak, baik untuk domestik maupun industri di…