Kawasan Wisata Kalimutu NTT Terus Percantik Diri

Oleh : Herry Barus | Senin, 13 Agustus 2018 - 11:15 WIB

Gunung dan Danau Kelimutu, Pulau Flores, Provinsi NTT (Foto:twisata)
Gunung dan Danau Kelimutu, Pulau Flores, Provinsi NTT (Foto:twisata)

INDUSTRY.co.id - Waikabubak- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengucurkan dana senilai Rp23 miliar untuk pembangunan jalan menuju kawasan wisata Nihiwatu di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

 Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis kepada awak media di sela-sela kunjungan kerjanya ke Sumba Barat, Jumat (10/8/2018) untuk memantau perkembangan pembangunan jalan dari anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah itu, mengatakan sampai sejauh ini proses pengerjaannya sudah sampai 25 persen.

Ruas jalan yang dibangun sepanjang 5,1 kilometer dari total semua jalan yang akan dibangun sepanjang 13,2 kilometer. Namun untuk tahun 2018 ini baru 5,1 kilometer yang dianggarkan oleh pemerintah," katanya kepada wartawan di Waikabubak, Sumba Barat.

Untuk panjang jalan berikutnya sepanjang 8,1 kilometer tambahnya akan dibangun pada tahun anggaran 2019 yang mana sesuai dengan pagu anggaran kurang lebih mencapai Rp30 miliar.  

Fary mengatakan sebagai Ketua Komisi V DPR RI yang membidangi masalah infrastruktur sudah kewajibannya untuk memantau langsung pengerjaan jalan tersebut mengingat anggaran yang dikeluarkan tidaksedikit.

"Saya ingin memastikan bahwa sampai saat ini progresnya bagaimana. Apakah bisa selesai sesuai dengan target atau tidak,” tuturnya.

Pembangunan jalan itu lanjut Fary ditargetkan selesai pada akhir tahun 2018. Namun jika pada 2018 belum selesai maka akan dilanjutkan pada tahun 2019.

Fary mengharapkan dengan adanya pembangunan ruas jalan menuju ke kawasan wisata terbaik dunia itu maka perjalanan wisata sejumlah wisatawan ke Nihiwatu bisa lebih nyaman lagi.  "Mereka bisa menceritakan kepada teman-teman mereka bahwa jalan menuju Nihiwatu sudah mulus," tambahnya.

Sementara itu terkait masih adanya masalah lahan saat pembangunan jalan tersebut, Fary mengharapkan agar Bupati serta pemerintah desa bisa berkoordinasi dengan masyarakat agar semua pembangunannya berjalan lancar.

Saat memantau ruas jalan menuju kawasan wisata Nihiwatu itu, Fary ditemani oleh Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole, Kepala Balai Pelaksana Jalan X Nusa Tenggara Muktar Napitupulu, serta Kepala Balai Sungai Wilayah NT II Agus Sosiawan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana meninggal dunia, pada Jumat, 3 April 2020.

Jumat, 03 April 2020 - 14:14 WIB

CEO Pupuk Kujang Meninggal Dunia

Jakarta-Kabar datang dari BUMN pupuk tanah air, Direktur Utama PT Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana meninggal dunia, pada Jumat, 3 April 2020.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (persero) Aas Asikin Idat (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 03 April 2020 - 14:00 WIB

Sejumlah Tantangan Bisnis Selama Delapan Tahun Dilewati Pupuk Indonesia

Tepat pada hari ini, PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai Holding BUMN Pupuk genap berusia 8 tahun. HUT yang mengusung tema “Bersatu, Berkarya, Demi Indonesia” ini diperingati dengan suasana…

Hotel (Ilustrasi)

Jumat, 03 April 2020 - 13:15 WIB

Per Kamis Kemarin Jumlah Hotel yang Tutup Capai 826, Ini Respon Menparekraf

Jumlah hotel yang menutup sementara operasionalnya di tengah pandemi virus corona (COVID-19) bertambah. Per hari ini, sudah 826 hotel terpaksa tutup karena tak lagi memiliki pengunjung.

Ilustrasi pernikahan (Foto Ist)

Jumat, 03 April 2020 - 13:06 WIB

KUA Enggan Layani Akad Nikah, Gara-gara Corona?

Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama menerbitkan edaran baru terkait protokol penanganan Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) pada pelayanan kebimasislaman. Edaran yang ditujukan ke Kepala Kanwil…

Shopee Donasi dan Subsidi 1 Juta Masker untuk Indonesia

Jumat, 03 April 2020 - 13:00 WIB

Shopee Donasi dan Subsidi 1 Juta Masker untuk Indonesia

Shopee, platform e-commerce terpercaya di Asia Tenggara dan Taiwan, kembali memberikan donasi dan subsidi sebanyak 1 juta masker untuk dokter dan tenaga medis melalui Badan Nasional Penanggulangan…