Kadin Minta Pemerintah Carikan Solusi Usaha Bauksit

Oleh : Hariyanto | Rabu, 08 Agustus 2018 - 16:30 WIB

Kadin
Kadin

INDUSTRY.co.id - Pontianak- Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kalbar meminta pemerintah mencarikan solusi bagi pelaku usaha tambang bauksit yang saat ini menghentikan aktivitasnya karena ada larangan ekspor mentah sejak 2014.

"Adanya larangan ekspor mulai 12 Januari 2014 lalu melalui Peraturan Menteri ESDM Nomor 1 Tahun 2014, di Kalbar pemegang izin usaha pertambangan bauksit terpaksa menghentkan kegiatan tambang dan terpaksa memutus hubungan kerja karyawannya. Hal itu harus dicarikan solusi dan hingga kini kita masih menunggu," kata Ketua Kadin Kalbar, Santyoso Tio di Pontianak, Selasa (7/8/2018)

Ia menjelaskan meski pemerintah telah memberikan kesempatan kepada pelaku usaha dengan syarat harus dibangun smelter, namun pemegang IUP bauksit tidak mampu karena kekurangan modal maupun minimnya cadangan material bahan bakunya.

"Pada sisi lain pelaku usaha masih tetap dibebeni kewajiban membayar semua penerimaan negara bukan pajak atau PNBP maupun pajak-pajak lainnya," jelas dia

Lanjutnya untuk perusahaan UKM yang tidak mampu tersebut, pemerintah hingga kini belum mengeluarkan kebijakan yang memberikan kesempatan ekspor seperti ketentuan yang telah diatur di dalam UU Minerba No. 4 Tahun 2009 dan PP No. 23 tahun 2010 tentang kewajiban dan hak pengusaha tambang termasuk ketentuan ekspor seperti yang diatur didalam PP No 23 Tahun 2010 Pasal 84.

"Kebijakan untuk UKM harus diberikan solusi demi kelangsungan berusah di sektor tambang bauksit yang sudah melakukan investasi agar tidak jatuh pailit," kata dia.

Solusi yang ada juga diharapakan agar pelaku UKM dapat membayar kewajiban kepada negara dan membiayai kelangsungan hidup perusahaan serta menyediakan kembali lapangan kerja serta meningkatkan perekonomian dan penerimaan devisa Kalbar.

"Baru saja kita mengirim surat ke Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI untuk dapat memberikan masukan dan usulan kepada pemerintah agar memberikan solusi terkait persoalan yang ada. Semoga ini ditangapi," harapanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF (Foto Istimewa)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 13:15 WIB

Perang Dagang AS-China Tak Berdampak pada Laju Bisnis Indofood

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Franciscus Wellirang menyebut tidak ada kekhawatiran terkait perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani

Sabtu, 25 Mei 2019 - 12:05 WIB

Ini Harapan Kadin untuk Pemerintah Lima Tahun Kedepan

Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan sejumlah harapan kepada pemerintah untuk lima tahun mendatang.

PGV Hadirkan Talk show Memilih Sekolah Bareng Kak Seto Sekolah Dekat Rumah Untungkan Orangtua & Anak

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:46 WIB

Lingkungan Baik dan Nyaman, Sekolah Dekat Dengan Hunian Jadi Pilihan

Menjelang tahun ajaran baru merupakan periode sibuk bagi para orangtua yang memiliki anak usia sekolah. Terutama bagi mereka yang baru pertama memasukan si buah hati ke tingkat pendidikan dasar.…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:40 WIB

BNI Bersama BNI Syariah Berkontribusi di Halal Park BUMN Bandara Soetta

Jakarta - BNI bersama BNI Syariah kembali berkontribusi maksimal untuk mendorong halal ekosistem. Setelah sebelumnya berpartisipasi di Halal Park Gelora Bung Karno (GBK), hari ini, Kamis (23/5),…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:24 WIB

Payout Ratio 90%, Telkom Bagikan Dividen Rp16,23 Triliun

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Tahun Buku 2018 yang dilaksanakan di Jakarta pada Jumat (24/5), menyetujui pembagian dividen…