Menlu Retno-AS Bahas Konflik Israel dengan Palestina

Oleh : Herry Barus | Minggu, 05 Agustus 2018 - 05:02 WIB

Anak Palestina
Anak Palestina

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Pompeo membahas tentang konflik antara Israel dengan Palestina dan perkembangan situasi di Palestina.

"Beliau (Menlu Pompeo) menyatakan bahwa situasi Palestina bukan situasi yang mudah. Tetapi, pada saat saya menyebutkan mengenai 'two state solution' (solusi dua negara), saya melihat penerimaan beliau," kata Menlu Retno Marsudi di Jakarta, Sabtu (4/8/2018)

Pernyataan tersebut disampaikan Menlu RI usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu AS di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta.

Menurut Menlu Retno, Menlu Pompeo memandang "two state solution" sebagai satu-satunya solusi bagi penyelesaian konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina.

"Beliau tidak menolak 'two state solution'. Beliau menyampaikan masih perlu waktu untuk kemudian bisa membuat satu rencana perdamaian mengenai masalah Palestina," ujar dia.

Dalam pertemuan dengan Menlu Pompeo, Menlu Retno juga menekankan bahwa isu Palestina sangat mendapatkan perhatian, tidak hanya dari pemerintah Indonesia, tetapi juga masyarakat Indonesia.

"Dan memang saya secara spesifik menyebutkan mengenai 'two state solution' sebagai satu-satunya solusi yang 'valuable' dan 'lasting'," ucap Retno.

Sebelumnya pada Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN-Amerika Serikat di Singapura, Menlu RI juga menegaskan pentingnya bagi ASEAN dan AS untuk mendukung upaya resolusi konflik isu Palestina.

"Kondisi di Palestina merupakan tanggung jawab kita semua. Upaya penyelesaian isu ini tidak hanya berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas di kawasan Timur Tengah, namun juga pada perdamaian dan stabilitas dunia," kata Menlu RI.

Menlu Retno pun menegaskan kembali keyakinan Indonesia terhadap prinsip 'two states solution' sebagai solusi yang paling memungkinkan dan Amerika Serikat diharapkan dapat segera menyampaikan proposal rencana perdamaian yang baru. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Richelle Skornicki

Minggu, 28 April 2024 - 07:54 WIB

Richelle Skornicki Demi Profesionalisme, Reka Berjemur Agar Kulitnya Sawo Matang

Demi kebutuhan cerita sebagai gadis desa dengan kulit sawo matang, sementara kulit Richelle putih bersih harus diubah. Berbagai cara ia lakukan salah satunya berjemur baik dirumahnya di kawasan…

PUPR Rampungkan Infrastruktur Pariwisata KSPN Wakatobi Sultra Tahap I

Minggu, 28 April 2024 - 07:42 WIB

PUPR Rampungkan Infrastruktur Pariwisata KSPN Wakatobi Sultra Tahap I

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan penataan dan pengembangan infrastruktur pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Wakatobi yang berada di Provinsi…

PP Muhammadiyah serahkan santunan ke difabel

Minggu, 28 April 2024 - 06:34 WIB

MPKS PP Muhammadiyah Dorong Ekosistem Inklusi untuk Penyandang Difabel

Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) mendorong terciptanya ekosistem yang menciptakan masyakat yang inklusif bagi para difabel untuk lebih berdaya.…

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi,

Minggu, 28 April 2024 - 05:11 WIB

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Remikan Bangunan di Sorong

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., meresmikan pembangunan fasilitas dan sarana prasarana (Sarpras) Korps Marinir TNI AL wilayah…

Perpusnas Press luncurkan 15 judul buku di Hari Buku Sedunia 2024.

Sabtu, 27 April 2024 - 21:05 WIB

Perpusnas Press Luncurkan 15 Judul Buku di Hari Buku Sedunia

Penerbit Perpusnas Press meluncurkan 15 judul di acara World Book Rumah Dunia sebagai dukungan terhadap kemajuan dunia perbukuan dan literasi.