Uji Coba Pengoperasian Smelter di Bantaeng Dijadwalkan Mei

Oleh : Herry Barus | Senin, 06 Februari 2017 - 10:20 WIB

Ilustrasi Smelter
Ilustrasi Smelter

INDUSTRY.co.id - Makassar- Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah mengatakan "commissioning" atau uji coba pengoperasian smelter (pabrik pemurnian) nikel di Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang.

"Mei `commissioning,` karena harga nikel sekarang sudah mulai membaik," kata Nurdin Abdullah yang ditemui di Makassar, Minggu (5/2/2017)

Uji coba pengoperasian smelter nikel ini, ujarnya, akan mulai dilakukan oleh PT. Huadi Nickel-Alloy Indonesia.

Nurdin kepada Antara menjelaskan pembangunan smelter di Kabupaten Bantaeng dimulai ketika harga nikel dunia sedang melambung tinggi.

Sayangnya, setelah pembangunan smelter rampung, harga nikel justru anjlok. Kini, ketika harga nikel dunia mulai membaik, proses menuju pengoperasian smelter ini kembali berjalan.

"Smelter ini pasti akan berproduksi, karena perusahaan-perusahaan yang membangun smelter di Bantaeng ini, telah memiliki pabrik di luar, jadi mereka butuh suplai untuk pabriknya," jelasnya.

Sebagai informasi, terdapat dua perusahaan yang membangun smelter di Kabupaten Bantaeng yaitu PT Titan Mineral Utama (TMU) dengan rencana investasi sebesar Rp4,7 triliun, dan PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia (HNAI) sebesar 130 juta dolar AS atau sekitar Rp1,7 triliun (kurs Rp13.500 per dolar AS).

Smelter di Kabupaten Bantaeng ini, pada awalnya ditargetkan dapat beroperasi mulai Februari 2016, sayangnya berbagai kendala menghadang, sehingga pengoperasiannya masih tertunda.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peresmian PLTGU di Kawasan Industri Tenayan Riau

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:38 WIB

PLTGU di Kawasan Industri Tenayan Riau Beroperasi, Daya Kelistrikan Sumatera Bakal Naik Jadi 7.266 MW

Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Riau berkapasitas 275 megawatt (MW) yang berlokasi di Kawasan Industri Tenayan, Pekanbaru, Riau telah diresmikan pada Kamis (12/5/2022).

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:21 WIB

Jasindo Catat Pertumbuhan Asuransi Tani di Jateng dan Jatim

Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo mencatat pertumbuhan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) di kuartal 1 tahun 2022.

Ilustrasi kesehatan perempuan dan anak. (Foto: WHO)

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:18 WIB

Duh Mengerikan! Kemenkes Temukan 18 Orang Dugaan Kasus Hepatitis Akut

Jakarta-Kementerian Kesehatan melaporkan telah menemukan dugaan kasus Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya kepada 18 orang.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:10 WIB

Menteri Teten Identifikasi Koperasi yang Siap Produksi Minyak Goreng

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki terus mengidentifikasi koperasi-koperasi yang memungkinkan untuk memproduksi minyak goreng sehingga setidaknya bisa memberikan alternatif pasokan…

Juru bicara pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia Maudy Ayunda

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:08 WIB

Maudy Ayunda Beberkan Tiga Isu Transisi Energi yang Bakal Diangkat dalam Presidensi G20 Indonesia

Sebagai salah satu isu prioritas Presidensi G20 Indonesia, pemerintah menyoroti dampak perubahan iklim yang diakibatkan oleh sektor energi yang relevan dalam keseharian masyarakat.