Rentan Konflik, Polri Tegaskan Kawal Pilkada Hingga Pengumuman Pemenang

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 19 Juli 2018 - 18:00 WIB

Forum Promoter Kawal Pilkada Demi Indonesia yang Lebih Baik di Hotel Amaroosa, Jakarta Selatan.
Forum Promoter Kawal Pilkada Demi Indonesia yang Lebih Baik di Hotel Amaroosa, Jakarta Selatan.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pihak Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) siap siaga menjaga keamanan dan kelancaran selama proses pilkada sejak awal hingga akhir terutama jelang pengumuman pemenang Pilkada. 

Hal tersebut diutarakan Karo Divhumas POLRI, Mohammad Iqbal, Kamis (19/7/2018) dalam forum Promoter “Kawal Pilkada Demi Indonesia yang Lebih Baik” di Hotel Amaroosa, Jakarta Selatan.

Menurutnya, Pilkada memang rentan terjadi konflik hingga perpecahan karena berbagai faktor. Diantaranya partai politik pendukung atau pengusung calonnya semuanya memiliki kepentingan yang berbeda. Selain itu adanya oknum yang tidak netral dari penyelenggara Pemilu. Biasanya terjadi di KPUD, Panwasda, Panwascam, Aparatur Sipil Negara dan  Aparat Keamanan.

"Konflik juga terjadi lantaran adanya maksud dan tujuan untuk mengejar kepentingan pada Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. Dan juga belum terbentuknya koalisi permanen oleh Partai Politik pengusung baik di tingkat Pusat sampai dengan ke tingkat daerah," kata dia.

Sementara itu Ketua Bawaslu, Abhan, mengatakan pihaknya telah menerima laporan pengaduan terkait pelaksanaan Pilkada sebanyak 1.167 kasus dan temuan dugaan pelanggaran sebanyak 2.400 kasus. Total catatan Bawaslu atas laporan dan dugaan pelanggaran sebanyak 3.567 kasus.

Untuk meminimalisir pelanggaran pada pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) di masa mendatang, Bawaslu berharap peran aktif dari masyarakat untuk dapat melaporkan apabila menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara ataupun calon pasangan kepala daerah / DPR / Presiden. Tujuan pengawasan partisipatif yang didorong Bawaslu diantaranya agar pemilu lebih berintegritas, mencegah konflik, mendorong partisipasi publik, meningkatkan demokrasi dan membentuk kesadaran masyarakat dalam berpolitik.

"Bawaslu mendorong pengawasan oleh masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu yang biasa kita sebut pengawasan partisipatif," ujar dia

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.

Gebyar undian Bank Mandiri ini hoax

Minggu, 05 Mei 2024 - 21:00 WIB

Bank Mandiri Himbau Masabah untuk Hati-Hati pada Modus Penipuan Berkedok Undian Berhadiah

Bank Mandiri mengimbau kepada para nasabah untuk berhati-hati dengan kejahatan pembobolan rekening dengan modus penipuan berkedok undian berhadiah. Aksi kejahatan dengan modus yang mengatasnamakan…

BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran BNI Java Jazz Festival pada 24 - 26 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran yang diselenggarakan oleh Java Festival Production.

Minggu, 05 Mei 2024 - 16:48 WIB

BNI Java Jazz on The Move Special Edition Kembali Hadir!

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran Jakarta International BNI Java Jazz Festival pada 24-26 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta, yang…

Salah satu lini bisnis MPMX

Minggu, 05 Mei 2024 - 15:40 WIB

MPMX Catat Pendapatan Bersih Capai Rp3,9 Triliun di Kuartal I-2024

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) sukses mencatat pertumbuhan pendapatan bersih mencapai Rp3,9 triliun di kuartal I-2024, atau naik 3% year-on-year (yoy) dibandingkan periode yang sama…