SMI Raup Komitmen Pembiayaan Rp77 Triliun

Oleh : Herry Barus | Rabu, 11 Juli 2018 - 09:07 WIB

PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) (Foto Ist)
PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- BUMN sektor pembiayaan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) meraup kesepakatan komitmen pembiayaan infrastruktur sebesar Rp77 triliun selama Januari-Juni 2018 yang mayoritas digunakan untuk pembangunan jalan tol dan sarana kelistrikan.

Direktur Utama PT SMI Emma Sri Martini di Jakarta, Selasa (10/7/2018) mengatakan, pembiayaan yang sudah dicairkan dari total komitmen itu sebesar Rp35 triliun. Salah satu kreditur yang menarik pembiayaan dari SMI untuk pembangunan infrastruktur adalah PT. Hutama Karya Persero.

"Kami masih sejalan dengan target pembiayaan tahun ini, mayoritas sektor yang dibiayai adalah transportasi dan kelistrikan," ujarnya.

Sebelumnya, SMI menargetkan penyaluran pembiayaan infrastruktur di 2018 bisa mencapai Rp47,1 triliun atau meningkat 28,6 persen dari 2017 yang sebesar Rp36,6 triliun.

Sedangkan untuk target komitmen pembiayaan diproyeksikan bisa mencapai Rp78,7 triliun. Angka ini meningkat 22,4 persen dari yang target 2017 sebesar Rp64,3 triliun.

SMI memang banyak merambah pembiayaan sektor transportasi dan energi. Pada 2017, portofolio pembiayaan SMI mencakup pembiayaan untuk pembangunan megaproyek energi dan transportasi seperti Soekarno-Hatta Terminal Tiga Ultimate, Bandara Internasional Kulonprogo Yogyakarta, Palapa Ring Paket Tengah, Jalan Tol Bogor Ring Road, Jalan Tol Trans Jawa (Pejagan-Pemalang-Semarang-Solo. Solo-Ngawi-Kertosono-Surabaya-Mojokerto, Irigasi Rentang Jawa Barat, dan PLTU Kendari. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Digital art & creative (ilustrasi)

Senin, 20 Mei 2024 - 07:50 WIB

Digelar Offline, Bengkel Animasi Digital Art & Creative Festival 2024 Kembali Hadir di Bandung

Bengkel Animasi bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) kembali menggelar ajang 'Bengkel Animasi Digital Art & Creative…

Tingkatkan Ketahanan Iklim, Kementerian PUPR Dukung Kerja Sama Meteorologi WMO dan BMKG

Senin, 20 Mei 2024 - 07:44 WIB

Tingkatkan Ketahanan Iklim, Kementerian PUPR Dukung Kerja Sama Meteorologi WMO dan BMKG

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama dengan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati melakukan Pertemuan Bilateral…

(Kiri-Kanan): Komisaris Utama Effendi, Komisaris Independen M Slamet Brotosiswoyo, Direktur Operasional Iwan Sanyoto, Direktur Utama Rini Dwiyanti dan Direktur Keuangan Ingo Steil

Senin, 20 Mei 2024 - 07:38 WIB

Surya Biru Murni Acetylene Tebar Dividen

PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk (SBMA), perusahaan gas industri terkemuka, secara resmi mengumumkan pembagian dividen tunai sebesar Rp1,1 miliar untuk tahun buku 2023.

Hutama Karya Pastikan Tol Padang Sicincin Semakin Progresif

Senin, 20 Mei 2024 - 07:17 WIB

Hutama Karya Pastikan Tol Padang Sicincin Semakin Progresif

Penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN), salah satunya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Tahap I menjadi fokus PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) di sisa tahun 2024. Manajemen Hutama…

IFG Life

Senin, 20 Mei 2024 - 07:07 WIB

IFG Life Perkuat Literasi untuk Menjaga Stabilitas Lingkungan dan Keuangan

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life), perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan nasional, mendorong penguatan literasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan dan keuangan pribadi.