Penurunan Harga Minyak Mentah dan Perang Dagang AS-Cina Masih Bebani Harga CPO Malaysia

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 03 Juli 2018 - 13:47 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia dibuka sebesar RM2.327 per ton pada Selasa (03/07/2018), atau lebih rendah dibandingkan dengan harga di penutupan perdagangan sehari sebelumnya sebesar RM2.329 per ton.

Harga CPO pada Senin (02/07/2018) bergerak pada kisaran RM2.315-2.341 per ton dibandingkan kisaran harga pada perdagangan hari ini di level RM2.302-2.330 per ton. Itu artinya, harga CPO pada perdagangan hari ini cenderung melemah.

“Harga CPO melemah karena penurunan harga minyak mentah global lebih dari 1% dimana CPO adalah bahan baku biodiesel. Penurunan harga minyak terjadi setelah Presiden AS Donald Trump dijanjikan pemimpin Arab Saudi yang akan meningkatkan produksi minyak mereka jika memang diperlukan,” papar Arie Nurhadi, analis riset PT Monex Investindo Futures, di Jakarta, Selasa (03/07/2018).

Di samping itu, demikian Arie, berlanjutnya perselisihan perdagangan antara Amerika Serikat dengan Cina telah menekan beberapa harga komoditas, termask CPO di pasar global, kendati di saat bersamaan kurs Ringgit Malaysia (RM) melemah.

Arie mengemukakan, pelemahan kurs RM itu biasanya akan mendorong peningkatan harga CPO. Itu karena para pemegang mata uang asing melihat harga CPO menjadi murah sehingga mereka meningkatkan pembelian komditas sawit tersebut. Sementara itu, kurs RM sedang berada di level terendah sejak awal 2018.

Secara keseluruhan, harga CPO telah naik 1.8% sepanjang pekan lalu. Pada Senin kemarin, AmSpec Agri Malaysia mempublikasikan data ekspor CPO Malaysia pada Juni 2018 yang turun 10,3% dibandingkan bulan sebelumnya. Adapun Surveyor ITS merilis penurunan harga CPO tersebut sebesar 8,91% untuk perode yang sama. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Umum dan Hukum LPDB-KUMKM Jaenal Aripin

Sabtu, 07 Desember 2019 - 00:14 WIB

LPDB Dorong KUKM Manggarai Barat Hasilkan Produk Premium

Jakarta-Lembaga Pengelola Dana Bergulir - Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB - KUMKM) bersinergi dengan sejumlah stakeholder dan lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas koperasi…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (ketiga dari kiri) dan Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana

Jumat, 06 Desember 2019 - 23:07 WIB

Grand Final IndiHome eSports League Lahirkan Pemain eSports Profesional Indonesia

Jakarta – Setelah berjalan hampir satu tahun terakhir, IndiHome eSports League telah sampai pada babak grand final yang digelar pada 6-8 Desember 2019 di Telkom Landmark Tower.

Peresmian Tol Kunciran-Serpong (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:26 WIB

Tol Kunciran-Serpong Diresmikan, Kawasan Industri Jakarta dan Banten Akan Terintegrasi

Dengan diresmikanya tol ini, Presiden Jokowi mengharapkan akan memberi dampak pada percepatan investasi dan daya saing nasional meskipun ruas tol ini berada di Banten.

realme X2 Pro

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:00 WIB

Ini Fitur-Fitur Yang Menjadikan realme X2 Pro The Real Flagship King

Setelah sukses meluncurkan produk-produk terbaik di segmen kelas menengah, 27 November lalu realme resmi bertarung ke pasar smartphone premium dengan meluncurkan realme X2 Pro.

Boyband EXO

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:01 WIB

Menelisik 7 Tahun Perjalanan Karier dari Boyband EXO

Setelah tiga tahun lamanya, boyband ternama asal Korea Selatan, EXO kembali menggelar konser di Indonesia pada tanggal 23 November 2019 kemarin. Tak pelak, konser bertajuk EXO PLANET #5 EXplOration…