Penurunan Harga Minyak Mentah dan Perang Dagang AS-Cina Masih Bebani Harga CPO Malaysia

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 03 Juli 2018 - 13:47 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia dibuka sebesar RM2.327 per ton pada Selasa (03/07/2018), atau lebih rendah dibandingkan dengan harga di penutupan perdagangan sehari sebelumnya sebesar RM2.329 per ton.

Harga CPO pada Senin (02/07/2018) bergerak pada kisaran RM2.315-2.341 per ton dibandingkan kisaran harga pada perdagangan hari ini di level RM2.302-2.330 per ton. Itu artinya, harga CPO pada perdagangan hari ini cenderung melemah.

“Harga CPO melemah karena penurunan harga minyak mentah global lebih dari 1% dimana CPO adalah bahan baku biodiesel. Penurunan harga minyak terjadi setelah Presiden AS Donald Trump dijanjikan pemimpin Arab Saudi yang akan meningkatkan produksi minyak mereka jika memang diperlukan,” papar Arie Nurhadi, analis riset PT Monex Investindo Futures, di Jakarta, Selasa (03/07/2018).

Di samping itu, demikian Arie, berlanjutnya perselisihan perdagangan antara Amerika Serikat dengan Cina telah menekan beberapa harga komoditas, termask CPO di pasar global, kendati di saat bersamaan kurs Ringgit Malaysia (RM) melemah.

Arie mengemukakan, pelemahan kurs RM itu biasanya akan mendorong peningkatan harga CPO. Itu karena para pemegang mata uang asing melihat harga CPO menjadi murah sehingga mereka meningkatkan pembelian komditas sawit tersebut. Sementara itu, kurs RM sedang berada di level terendah sejak awal 2018.

Secara keseluruhan, harga CPO telah naik 1.8% sepanjang pekan lalu. Pada Senin kemarin, AmSpec Agri Malaysia mempublikasikan data ekspor CPO Malaysia pada Juni 2018 yang turun 10,3% dibandingkan bulan sebelumnya. Adapun Surveyor ITS merilis penurunan harga CPO tersebut sebesar 8,91% untuk perode yang sama. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Korps Marinir Cilandak Jalin Silaturahmi Bersama Ketua PG Kormar Etta Suhartomo

Minggu, 31 Mei 2020 - 04:00 WIB

Korps Marinir Cilandak Jalin Silaturahmi Bersama Ketua PG Kormar Etta Suhartomo

Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Etta Suhartono didampingi Wakil Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ayu Nur Alamsyah jalin silaturahmi dengan seluruh ketua Jalasenastri dijajaran…

FBI Serius Penyelidikan Peran Polisi Terkait Kasus Minneapolis AS (Foto Dok Voanews)

Minggu, 31 Mei 2020 - 03:35 WIB

FBI Serius Penyelidikan Peran Polisi Terkait Kasus Minneapolis AS

Kematian seorang pria keturunan Afrika-Amerika, Senin (25/5/2020 ) saat ditahan polisi di Minneapolis memicu penyelidikan prioritas tinggi oleh Departemen Kehakiman A.S.

RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Ditinjau Kesiapannya Oleh I Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan

Minggu, 31 Mei 2020 - 03:30 WIB

RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Ditinjau Kesiapannya Oleh I Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan didampingi Kepala Staf (Kas) Kogabwilhan I Mayjen TNI Richard Tampubolon Wakil Asisten Intelijen…

Kampung Tangguh Semeru “Wani Jogo Suroboyo”Dikunjungi Pangkogabwilhan II Bersama Walikota Risma

Minggu, 31 Mei 2020 - 03:00 WIB

Kampung Tangguh Semeru “Wani Jogo Suroboyo”Dikunjungi Pangkogabwilhan II Bersama Walikota Risma

Di hari ke dua kunjungan kerjanya di Surabaya, Pangkogabwilhan II Marsda TNI Imran Baidirus, S.E. menemui Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota, Jumat (29/5/2020).

Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar Puteri Anetta Komarudin

Sabtu, 30 Mei 2020 - 19:15 WIB

DPR Cantik Ini Minta Pemerintah Percepat Penyaluran Stimulus Sektor UMKM

Melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diatur dalam PP No. 23 Tahun 2020, Pemerintah telah mempersiapkan berbagai stimulus penyelamatan sektor UMKM terdampak COVID-19. Stimulus…