Unik! Ada Spageti Saus Jengkol, Mau Coba?

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 28 Juni 2018 - 14:15 WIB

Spageti Jengkol, Kuliner Berbahan Jengkol yang dibuat Ibu Maemunah (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Spageti Jengkol, Kuliner Berbahan Jengkol yang dibuat Ibu Maemunah (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Panganan jengkol identik dengan bau namun sangat lezat bagi para penggemarnya. Tetapi di tangan seorang Ibu Maemunah, jengkol disulap menjadi kuliner lezat dan unik yakni Spageti Jengkol.

Spageti Jengkol Ini, merupakan makanan yang berbahan dasar pasta dengan saus jengkol yang dibumbui dengan racikan rempah-rempah khan nusantara seperti lada, bawang putih, bawang merah, tomat dan cabai. 

Ditemui dalam acara Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) yang diselenggarakan oleh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Ibu Maemunah mengatakan bersama anaknya yang bernama Firmansyah, awalnya membuat menu spageti jengkol ini hanya ingin mencoba-coba saja.

"Awalnya cuma rancangan sendiri saja, terus coba lalu masak, oh ternyata enak juga," kata Maemunah yang ditemui Industry.co.id di acara ASSAF 2018, Jakarta, Kamis (28/6/2018)

Lanjutnya, Maemunah menceritakan proses pembuatan spageti jengkol. "Jengkol spageti ini emang dibikin khsusus untuk sausnya saja, kalau mi-nya beli sendiri," ujarnya.

Maemunah menjelaskan proses pembuatan saus jengkol hanya direbus lalu diblender hingga halus. "Jengkolnya lalu direbus hingga empuk, terus diblender sampai halus. Terus, dimasak pakai bumbu-bumbu yang dibikin untuk spageti biasa, seperti bawang bombay dan lain-lain," cerita Maemunah. 

Uniknya, yang membedakan spageti pada umumnya yang menggunakan daging ayam atau daging sapi, Maemunah tidak menambahkan toping apapun ke dalam spagetinya.

Ibu Maemunah Pemilik Pimen, Aneka Kuliner dan Snack (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

"Ia, jadi memang nggak pakai toping apa-apa, nggak pakai daging jadi cuma pakai saus jengkol saja," pungkasnya, Maemunah. 

Bagi kamu yang penasaran ingin mencicipi Spageti jengkol buatan Ibu Maemunah, untuk satu porsinya dibanderol harga Rp30 ribu saja. Atau bisa memesan melalui akun sosial media Instagram @pimenmacaroni. 

Acara Asian Agriculture and Food Forum (ASSAF) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) yang diselenggarakan oleh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) berlangsung pada tanggal 28 Juni hingga 1 Juli 2018.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Atal S Depari Ketua PWI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 07:00 WIB

Ketum PWI: Secara Konstitusional Belum Ada yang Terpilih Sebagai Presiden

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari menegaskan, sebenarnya sebelum perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) selesai, belum ada yang terpilih sebagai Presiden…

Pemilu 2019(Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 06:26 WIB

Pemblokiran Jurdil2019.org Ciderai Demokrasi

Pemblokiran situs Jurdil2019.org oleh Kemenkominfo dan Bawaslu dinilai telah menciderai demokrasi, karena prosesnya tanpa peringatan terlebih dahulu. Telebih lagi, amanah UU mewajibkan pemerintah…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 23 April 2019 - 06:12 WIB

Kebijakan Fiskal Pemerintah yang Pruden Mendukung Pencapaian Target Pembangunan APBN 2019

Jakarta - Pelaksanaan APBN 2019 sampai dengan 31 Maret berjalan aman sesuai dengan kebijakan fiskal Pemerintah yang akan mendukung pencapaian target pembangunan APBN 2019. Hal ini disampaikan…

Diskusi hari bumi bersama BNI Syariah

Selasa, 23 April 2019 - 05:54 WIB

BNI Syariah Dukung UMKM Lakukan Green Activity

Jakarta - Dalam mendukung program Pemerintah yaitu SDG’s (Sustainable Development Goals) dan Green Banking, BNI Syariah berupaya untuk mendorong pengusaha UMKM dalam menerapkan green activity.…

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…