B. Braun Indonesia Produksi Cairan Infus Satu Juta Botol/Bulan

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 26 Juni 2018 - 11:48 WIB

 B.Braun (ist)
B.Braun (ist)

INDUSTRY.co.id - Karawang- B. Braun Indonesia resmi memulai produksi komersial pabrik cairannya di Karawang pada Senin 25Juni 2018.  Dalam keterangan persnya, yang diterima redaksi, hari ini,  Senin (25/6/2018), Antonia Enny Indrayanti, Director of Human Resource & Corporate Communications B. Braun Indonesia, mengatakan, fasilitas manufakturing produk pharmaceutical tersebut akan memproduksi lebih dari satu juta botol per bulan untuk mendukung kebutuhan masyarakat Indonesia akan cairan infus yang berkualitas namun tetap terjangkau.

Fasilitas manufakturing ini resmi dibuka oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada 27 Juli 2017 yang turut didampingi oleh Member of the Management Board B. Braun Melsungen dan Presiden B. Braun Asia Pacific, Anna Maria Braun.

Investasi B. Braun pada fasilitas manufakturing tersebut bersinergi dengan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Keseahatan, dan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 17/2017 tentang Rencana Aksi Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan.

Menurutnya, ketika produksi komersial mulai beroperasi, Indonesia akan mampu meminimalisir ketergantungannya terhadap produk impor dan bahkan mampu mengubah posisinya menjadi negera pengekspor - mampu mengantisipasi pasokan kebutuhan medis di masa depan.

Dibangun di area seluas 19 hektar dengan nilai investasi lebih dari satu triliun Rupiah, fasilitas ini memiliki teknologi bangunan dan produksi terkini dan telah tersertifikasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 30 Januari 2018 lalu.

Kapasitas produksi tahunannya mampu menembus angka 15 juta botol untuk tahap satu dan 50 juta botol untuk tahap dua mendatang. Fasilitas manufakturing yang luar biasa ini memproduksi Ecosol Ringer Lactate, Ecosol Sodium Chloride 0.9%, Ecosol Glucose 5%, Ecosol Glucose 10%, Ecosol Glucose 5% & Sodium Chloride 0.9%, Ecosol Water for Injection, dan Sterofundin ISO.

Managing Director B. Braun Indonesia, Rainer Ruppel mengungkapkan, “Selama hampir 40 tahun, B. Braun telah hidup di Indonesia meengimplementasikan visinya untuk melindungi dan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat di seluruh dunia. Hari ini, kami meneruskan komitmen kami bagi bangsa ini dengan memulai produksi komersial fasilitas manufakturing kami di Cikampek, Karawang. Kami berusaha untuk menyediakan produk dan layanan yang terbaik, dengan fokus utama pada optimisasi proses, keamanan, kemitraan, dan kemajuan.”

Dengan lebih dari 62.000 karyawan di 64 negara di dunia, B. Braun merupakan perusahaan alat kesehatan terdepan di dunia yang secara khusus menyediakan terapi larutan infus, ortopedi, bedah saraf, anestesi, perawatan darah ekstrakorporeal, operasi tulang belakang, perawatan diabetes, nutrisi klinis, manajemen luka, pencegahan infeksi, dan teknologi bedah. Pada tahun 2017, B. Braun berhasil meraih penjualan sebesar 6,78 triliun Euro.

Di Indonesia, B. Braun memiliki dua badan hukum, yaitu B. Braun Medical Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta; serta B. Braun Pharmaceutical Indonesia di Karawang, Jawa Barat. B. Braun Medical Indonesia memasarkan dan mendistribusikan peralatan medis dan produk-produk farmasi. Kantor penjualan B. Braun tersebar di seluruh pelosok negeri dan dengan bangga berperan dalam kegiatan edukasi dan pelatihan tenaga medis dan pakar kesehatan sesuai dengan visi perusahaan, guna meningkatkan layanan kesehatan secara keseluruhan di Indonesia. (Kormen).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…