Sepanjang 2017, Pendapatan Electronic City Capai Rp1,8 Triliun

Oleh : Herry Barus | Jumat, 22 Juni 2018 - 13:00 WIB

PT Electronic City Indonesia Tbk (ECII) (Foto Dok Industry.co.id)
PT Electronic City Indonesia Tbk (ECII) (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pendapatan PT Electronic City Indonesia Tbk (ECII) tahun 2017 mencapai Rp1,818 triliun, meningkat 9,6 persen dari Rp1,659 triliun pada 2016.

"Tahun 2017 mencatatkan perbaikan kinerja keuangan ketimbang pada 2016," kata Vice President Finance HR & GA PT Electronic City Indonesia Tbk Evelyn Hendarta usai Paparan Publik di Jakarta, Kamis (21/6/20018)

Ia mengatakan tahun 2017 perseroan tetap konsisten menjalankan efisiensi yang berkelanjutan dalam hal pengeluaran biaya operasional, dan meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan guna mencapai target penjualan.

Satu hal baru adalah pengeluaran biaya promosi yang mulai diperbesar porsinya pada penggunaan media digital marketing dibandingkan dengan cara konvensional surat kabar sehingga terjadi efisiensi tanpa mengurangi tujuan untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak ke dalam toko.

"Laba bersih tercatat sebesar Rp20,7 miliar, menurun dibandingkan dengan tahun 2015 sebesar Rp37 miliar," kata dia.

Penurunan ini dikarenakan mempertahankan nilai persediaan atas produk yang masih baru dan tidak "out of date".

Selain itu, adanya penutupan enam toko yang tidak mencapai target, sedangkan perseroan harus menanggung biaya operasi yang berkaitan dengan toko-toko yang dibuka.

"Penutupan gerai itu tergantung kepada kinerja penjualan. Kami selalu evaluasi, kalau ada yang membebani keuangan perseroan dan tidak mencapai target, ya, kami terpaksa menutup toko tersebut," ujar dia.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Electronic City Wiradi mengaku optimistis pertumbuhan pada tahun ini akan mencapai angka dua digit.

Pada kuartal I-2018, perusahaan mencatat pertumbuhan penjualan sebesar 8 persen.

Pada akhir tahun, penjualan produk di gerai Electronic City biasanya meningkat karena perayaan Natal serta Tahun Baru.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno (tengah)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Penguatan Peran Perempuan di Sektor Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan pihaknya berkomitmen mendukung penguatan peran perempuan dalam pengembangan dan kepemimpinan di sektor…

Ilustrasi sampah plastik

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:35 WIB

Riset Terbaru Sebut Produsen Makanan-Minuman Nasional Ini Masuk Daftar Pencemar Global

Produsen makanan dan minuman global, termasuk Coca-Cola, Nestle dan Danone, memuncaki daftar perusahaan penyumbang terbesar sampah plastik di dunia, menurut sebuah laporan riset anyar yang diterbitkan…

Grand Opening Roti Keset Condet Kemang

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:25 WIB

Fadil Jaidi dan Pak Muh Seru-seruan di Grand Opening Roti Keset Condet Kemang

Youtuber Fadil Jaidi dan ayahnya Pak Muh menjadi bintang tamu pada Grand Opening Roti Keset Condet Kemang, Rabu (1/5/2024). Lokasinya di Jalan Kemang Selatan VIII No.56A Jakarta Selatan.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Sabtu, 04 Mei 2024 - 15:21 WIB

Pacu Kualitas dan Kuantitas Pendidikan Vokasi Industri, Menperin Agus Resmikan JARVIS 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjalankan program pendidikan vokasi yang menjadi pelopor dual system di Indonesia. Program tersebut bertujuan untuk memenuhi dan mengantisipasi kebutuhan…

Pembukaan Business Matching IKM Pangan dan Furnitur dengan HIPPINDO

Sabtu, 04 Mei 2024 - 14:48 WIB

Menperin Agus Jodohkan IKM Pangan dan Furnitur dengan Ritel Lewat Gelaran Temu Bisnis

Upaya Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong kemandirian Industri Kecil Menengah (IKM) salah satunya dilakukan melalui dukungan terhadap kemitraan antara IKM dengan berbagai sektor…