Semester I-2018, Pendapatan Malaysia dari Sektor CPO Diprediksi Turun

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 13 Juni 2018 - 18:00 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pendapatan sektor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia diperkirakan bakal mengalami penurunan pada semester pertama 2018 ini dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

“Penurunan pendapatan tersebut disebabkan oleh penurunan harga jual serta terpangkasnya produksi CPO di negeri jiran tersebut,” ujar Arie Nurhadi, analis riset PT Monex Investindo Futures, di Jakarta, Selasa (12/06/2018).

Arie mengemukakan, volume ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia pada Mei 2018 lalu turun 15,65%. Itu melampaui perkiraan penurunan ekspor yang dikemukakan para pelaku pasar sebelumnya yakni berkisar 9-12%.

Di samping itu, demikian Arie, volume produksinya terpangkas 2,11% dibandingkan dengan ekspektasi pelaku pasar yang mengemukakan penurunan volume produksi CPO pada Mei 2018 sekitar 4-6%.

Arie menuturkan, penurunan ekspor CPO yang tajam itu serta diikuti oleh penurunan produksinya menyebabkan persediaan pada akhir Mei 2018 berkurang, sekaligus dicatat sebagai penurunan yang berkelanjutan dalam 5 bulan berturut-turut.

“Penurunan produksi CPO yang terjadi pada Mei 2018 itu tidak sesuai kelaziman pada umumnya, terutama sejak Mei 1995. Penurunan hari kerja yang efektif dan Ramadhan dijadikan alasan faktor utama penyebab penurunan produksi tersebut,” papar Arie.

Harga CPO di pasar berjangka Malaysia terus melanjutkan tren penurunan dan ditutup 0,3% lebih rendah dibandingkan perdagangan pada Senin (11/06/2018). Itu karena penurunan permintaan telah membebani harga.

Harga patokan CPO kontrak untuk pengiriman Agustus 2018 di Bursa Malaysia Derivatives Exchange mencapai harga rendah RM2.358 per ton atau setara dengan $592 per ton pada akhir perdagangan. Level harga tersebut serupa dengan harga terendah CPO pada 7 Mei 2018 lalu. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pakar gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito

Sabtu, 04 Juli 2020 - 08:39 WIB

Kabar Gembira! Gugus Tugas: Wilayah Zona Hijau Telah Mencapai 99 Daerah

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Prof. Wiku Adisasmito menyampaikan kabar gembira terkait jumlah wilayah yang berstatus zona hijau telah mencapai 99 daerah.

Gerbang tol Pandaan

Sabtu, 04 Juli 2020 - 08:29 WIB

Wih...Tol Pandaan-Malang Raih Sertifikat Green Toll Road Indonesia

Pembangunan Tol Pandaan-Malang dilakukan dengan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan dan berkelanjutan sejak tahap perancangan, pembangunan, pengoperasian, hingga tahap pemeliharaan.

Bank DKI tetap mampu terus mengeksplorasi potensi yang dimiliki serta terus berinovasi secara digital sehingga dapat menghadirkan paradigma baru bagi warga DKI Jakarta

Sabtu, 04 Juli 2020 - 08:24 WIB

Keren! Kinerja Layanan Bank DKI Terbaik di Kategori BPD

Jakarta-Konsistensi Bank DKI dalam meningkatkan kualitas layanan kepada nasabahnya mendapatkan apresiasi sebagai pelayanan terbaik di kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD)

Diskusi Big Data secara daring (Doc: Wahdah Institut)

Sabtu, 04 Juli 2020 - 08:12 WIB

Peranan Big Data Seperti Apa Ini Ulasannya

Perkembangan teknologi seakan tidak bisa dihindari lagi. Berkat dorongan inovasi dan pengalaman yang panjang, teknologi diharapkan dapat menjadi jawaban untuk membuat hidup manusia menjadi lebih…

Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati

Sabtu, 04 Juli 2020 - 08:11 WIB

Wacana Merger Bank Syariah, INDEF: Konsolidasi Harus Tepat dan Hati-hati

Peneliti senior INDEF, Enny Sri Hartati, menganggap bahwa konsolidasi perbankan BUMN harusnya sudah dilakukan sejak dahulu di Indonesia. Namun hingga saat ini tidak pernah direalisasikan oleh…