Jelang Lebaran, Harga Sembako di Makassar Cukup Terkendali

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 Juni 2018 - 17:00 WIB

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

INDUSTRY.co.id - Makassar- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa berdasarkan hasil pantauan di Pasar tradisional Pa'baeng-baeng, harga sembako di Makassar cukup terkendali.

"Dari pantauan kita bersama Wali Kota Makassar dan Kadis Perindag Sulsel, semua bahan pokok tersedia dan harganya cukup terkendali, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir memenuhi kebutuhannya," kata Enggartiasto di sela-sela peninjauan di Pasar Pa'baeng-baeng di Makassar, Rabu (13/6/2018)

Menurut dia, ketersediaan sembako seperti beras, minyak goreng, gula, terigu, telur ayam ras, daging ayam dan daging sapi cukup tersedia, sehingga harganya cukup stabil.

Dari pantauan di lapangan diketahui, harga telur ayam ras relatif stabil yakni Rp45 ribu per rak, ayam potong Rp45 ribu per ekor, terigu Rp9 ribu per kg, gula pasir Rp12.500 per kg dan daging sapi antara Rp100 ribu - Rp120 ribu per kg.

Hal itu dibernarkan oleh salah seorang pedagang Agus Daud di Pasar Pa'baeng-baeng, Makassar.

Dia mengatakan harga telur ayam ras tetap stabil karena persediaan cukup banyak. Begitu pula dengan bahan kue seperti terigu, gula dan mentega.

Pada peninjauan stok dan harga sembako di Pasar Pa'baeng-baeng, Menteri Perdagangan menyoroti adanya satu merk gula yang dijual diatas Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Gulaku.

"Saya akan menegur, karena semua gula sama dengan standar nasional Indonesia (SNI) dan harus mengikuti HET Rp12.500 per kg, namun dijual Rp15.000 per kg," katanya kepada awak media.

Karena itu, dia mengimbau agar masyarakat tidak usah membeli gula yang harganya dinilai memberatkan masyarakat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto ilustrasi industri mainan

Jumat, 19 Juli 2019 - 15:01 WIB

Kemenperin Harap Industri Mainan Dalam Negeri Mampu Tarik Investasi

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengharapkan industri mainan dalam negeri dapat menarik investasi. Ini terutama industri pendukung mainan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan…

Jackson Tandiono, Presiden Direktur PT Sky Energy Indonesia, Tbk

Jumat, 19 Juli 2019 - 15:00 WIB

Pertama di Dunia, JSKY Ciptakan Modul Surya Berbobot Ringan

PT Sky Energy Indonesia, Tbk (JSKY) secara resmi memperkenalkan rangkaian produk modul surya inovatif miliknya, yang diberi nama J-Leaf, J-Feather dan J-Bifacial di The Energy Building, Jakarta…

DFSK Glory E3

Jumat, 19 Juli 2019 - 15:00 WIB

Dukung Implementasi Kendaraan Listrik di Indonesia, DFSK Andalkan Glory E3

Pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, DFSK mempersiapkan kendaraan listrik andalanya dengan memperkenalkan DFSK Glory E3 kepada konsumen di Indonesia yang sudah…

Rimba Laut, Senior Vice President Corporate Communication Akseleran

Jumat, 19 Juli 2019 - 14:37 WIB

Capai Rp 2,2 Miliar, Lampung Jadi Penyumbang Investasi Tertinggi Akseleran di Indonesia

Hingga akhir Juni 2019, Lampung tercatat sebagai 10 besar provinsi yang meraih nilai investasi tertinggi bagi Akseleran di seluruh Indonesia dengan raihan sebesar Rp2,2 miliar.

Mini 60th Edition (Foto: Ridwan)

Jumat, 19 Juli 2019 - 14:30 WIB

Mejeng di GIIAS, Mini 60 Years Edition Dibanderol Mulai Rp615 Juta

Manfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, MINI Indonesia meluncurkan MINI 60 Years Edition. Sebagai model edisi spesial, terdapat total 60 unit yang tersedia…