Menteri Luhut Pertimbangkan Perpanjangan Kontrak Blok Rokan Pada Chevron

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 Juni 2018 - 18:42 WIB

Chevron.(Ist)
Chevron.(Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah dapat mempertimbangkan memberikan perpanjangan kontrak Blok Rokan kepada Chevron Indonesia jika tawarannya bagus.

"Ya kita lihat saja kalau 'offer'-nya (tawarannya) bagus kenapa enggak kasih ke mereka. Saya kira sangat terbuka kepada semua," katanya di Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Luhut menerima kunjungan Managing Director Chevron Chuck Taylor di kantornya, Rabu. Ia menjelaskan dengan teknologi baru yang ditawarkan, perusahaan asal Amerika Serikat itu mampu menggenjot cadangan minyak di lapangan tersebut hingga mencapai 1 miliar barel.

"Mereka melihat ini area yang bagus. Jadi mereka kelihatannya sedang memfinalkan perjanjian kontrak mereka dengan SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi)," katanya.

Mantan Menko Polhukam itu menjelaskan teknologi baru yang dibawa Chevron juga diklaim mampu menekan biaya produksi.

"Mereka juga memotong biaya di IDD (proyek laut dalam) sampai 50 persen karena kecanggihan dari mereka dan juga tim dari Indonesia. Mereka kerja sama, saya pikir ini bagus sekali untuk Indonesia," katanya.

Kontrak Chevron di Blok Rokan akan berakhir pada 2021 mendatang. PT Pertamina (Persero) sebagai BUMN juga diberi kesempatan untuk mengajukan proposal pengelolaan blok tersebut karena memiliki hak untuk mengelola blok yang kontraknya berakhir.

Blok ini menjadi salah satu penopang produksi siap jual (lifting) minyak nasional di mana lifting minyak dari blok tersebut sepanjang 2017 mencapai 224,3 ribu barel per hari (bph), atau mencapai 97,9 persen dari target APBN-P 2017.

Ada pun sepanjang 2017 lalu, produksi blok ini mencapai 226.500 barel per hari atau sekitar 28 persen dari total produksi nasional. (ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…