Erupsi Gunung Merapi Beri Dampak Pada Okupansi Hotel

Oleh : Dina Astria | Minggu, 03 Juni 2018 - 14:00 WIB

Erupsi Gunung Merapi memberi dampak pada okupansi hotel di Yogyakarta. (Foto: Tribun)
Erupsi Gunung Merapi memberi dampak pada okupansi hotel di Yogyakarta. (Foto: Tribun)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta - Pasca terjadinya becana alam erupsi Gunung Merapi pada pekan lalu, terjadi penurunan okupansi hotel di Yogyakarta. Hal ini dinyatakan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Yogyakarta, Istijab M Danunagoro.

“Ada sekitar 15 sampai 20 persen penurunan tingkat hunian dibandingkan dengan tahun lalu,” jelas Istijab di Yogyakarta pada hari Jumat (1/6) kemarin, seperti yang dikutip dari CNN.

Selain itu, tak hanya dampak dari erupsi Gunung Merapi yang statusnya saat ini menjadi Waspada, penurunan okupansi hotel di Yogyakarta juga diakibatkan adanya isu terorisme dan ‘low season’ pada saat bulan Ramadan.

“Apalagi ditambah dengan bertambahnya jumlah kamar-kamar hotel di Yogyakarta yang juga mempengaruhi market share-nya,” tambah Istijab.

Hal ini dibenarkan oleh Executive Secretary salah satu hotel di Yogyakartya, Pipin.

Pipin menyatakan, rata-rata okupansi di hotelnya biasanya mencapai 50 hingga 100 persen, namun saat ini merosot jauh menjadi 35 hingga 60 persen.

“Penurunan okupansi hotel belum terlihat signifikan akibat dari erupsi Gunung Merapi. Pembatalan yang diakibatkan kondisi Merapi juga belum ada,” kata Pipin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Dewan Komisaris dan Menteri BUMN Sepakati Penyelesaian Kasus Direksi Garuda Indonesia

Sabtu, 07 Desember 2019 - 19:00 WIB

Dewan Komisaris dan Menteri BUMN Sepakati Penyelesaian Kasus Direksi Garuda Indonesia

Jakarta-Dewan Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mendatangi kantor Kementerian BUMN Sabtu (7/12/2019) untuk bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir guna membahas tindaklanjut pasca…

Dukung Industri Pariwisata, Batik Air Perkuat Layanan di Bumi Cendrawasih

Sabtu, 07 Desember 2019 - 18:00 WIB

Dukung Industri Pariwisata, Batik Air Perkuat Layanan di Bumi Cendrawasih

Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group hari ini meresmikan rute baru yang dilayani langsung dari Timika menuju Jayapura. Penerbangan tersedia dalam frekuensi satu kali setiap…

Grabwheels (Doc: Grab.com)

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:48 WIB

Grabwheels Lebih Sekadar Mobilitas Pribadi

Jakarta - Tren dunia dalam transportasi adalah integrasi dan penyerapan oleh sistem yang massal dan cepat. Yang dipentingkan adalah mobilitas orang, bukan mobilitas kendaraan sehingga pergerakan…

Jenahara dan ibunya Ida Royani

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:45 WIB

Desainer Muda Indonesia, Jenahara Membuat Scarf Terinspirasi dari Ibu

Jakarta - Ibarat pepatah “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”, begitulah perumpamaan yang tepat bagi Jenahara yang merupakan seorang perancang busana muda Indonesia.

INACA Ign N Askhara Danadiputra (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:28 WIB

Viral Video Ari Askhara Tak Akan Mundur dari Jabatan Dirut Garuda

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akhirnya memecat Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau yang lebih dikenal Ari…