Erupsi Gunung Merapi Beri Dampak Pada Okupansi Hotel

Oleh : Dina Astria | Minggu, 03 Juni 2018 - 14:00 WIB

Erupsi Gunung Merapi memberi dampak pada okupansi hotel di Yogyakarta. (Foto: Tribun)
Erupsi Gunung Merapi memberi dampak pada okupansi hotel di Yogyakarta. (Foto: Tribun)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta - Pasca terjadinya becana alam erupsi Gunung Merapi pada pekan lalu, terjadi penurunan okupansi hotel di Yogyakarta. Hal ini dinyatakan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Yogyakarta, Istijab M Danunagoro.

“Ada sekitar 15 sampai 20 persen penurunan tingkat hunian dibandingkan dengan tahun lalu,” jelas Istijab di Yogyakarta pada hari Jumat (1/6) kemarin, seperti yang dikutip dari CNN.

Selain itu, tak hanya dampak dari erupsi Gunung Merapi yang statusnya saat ini menjadi Waspada, penurunan okupansi hotel di Yogyakarta juga diakibatkan adanya isu terorisme dan ‘low season’ pada saat bulan Ramadan.

“Apalagi ditambah dengan bertambahnya jumlah kamar-kamar hotel di Yogyakarta yang juga mempengaruhi market share-nya,” tambah Istijab.

Hal ini dibenarkan oleh Executive Secretary salah satu hotel di Yogyakartya, Pipin.

Pipin menyatakan, rata-rata okupansi di hotelnya biasanya mencapai 50 hingga 100 persen, namun saat ini merosot jauh menjadi 35 hingga 60 persen.

“Penurunan okupansi hotel belum terlihat signifikan akibat dari erupsi Gunung Merapi. Pembatalan yang diakibatkan kondisi Merapi juga belum ada,” kata Pipin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

DHL Express (Ist)

Sabtu, 21 September 2019 - 12:05 WIB

DHL Express Umumkan Penyesuaian Harga Tahun 2020 di Indonesia

DHL Express, penyedia layanan ekspres internasional terkemuka di dunia, hari ini mengumumkan rata-rata penyesuaian harga yang berlaku efektif 1 Januari 2020. Rata-rata penyesuaian yang berlaku…

Rossa

Sabtu, 21 September 2019 - 12:00 WIB

Rossa Show dengan Konser di Guyur Hujan

Sebagai salah satu Diva Pop, Rossa akan menjalankan profesinya secara profesional, seperti saat diminta menyanyi dengan nuansa hujan-hujanan. penyanyi asal Sumedang ini siap menjalankan konsep…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Sabtu, 21 September 2019 - 11:52 WIB

Kementan Dukung Jawa Barat Penghasil Beras Organik Terbesar

Bandung - Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung penuh Provinsi Jawa Barat sebagai produsen atau penghasil beras organik terbesar di Indonesia. Ini optimis diwujudkan mengingat didukung…

Ilustrasi Gula (Ist)

Sabtu, 21 September 2019 - 11:40 WIB

Memperluas Plasma, Mempercepat Swasembada Gula

Jakarta - Target Pemerintah mewujudkan swasembada gula tahun 2024 mendatang bukan isapan jempol semata. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaimann telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk…

BMW i8

Sabtu, 21 September 2019 - 11:05 WIB

Jadi Official Vehicle Partner, BMW Dukung Kejuaraan ABB Formula E Championship di Jakarta

Pemerintah kota DKI Jakarta bersama Formula E mengumumkan masuknya sirkuit Jakarta E-Prix pada seri kejuaraan ABB Formula E Championship musim 2019/2020.