Hanya Ada Saat Ramadan, Lezatnya Apem Cimanuk Kuliner Khas Warga Banten

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 02 Juni 2018 - 20:00 WIB

Apem Cimanuk Kuliner Ramadan Khas Pandenglang, Banten (Istimewa)
Apem Cimanuk Kuliner Ramadan Khas Pandenglang, Banten (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Banten - Memasuki bulan Ramadan, di daerah Indonesia mempunyai tradisi hingga menyantap berbagai kuliner lezat untuk berbuka puasa yakni, seperti di kabupaten Pandeglang Banten, ada makanan khas Banten, namanya Apem Cimanuk.

Kue yang terbuat dari tepung beras ini, merupakan salah satu kuliner khas warga Banten saat berbuka puasa. Jadi, jelas saja kalau kuliner ini sangat susah ditemui di luar bulan Ramadan. Kue yang cukup dikenal sebagai Apem Cimanuk Bohay ini, dapat kamu temui di Desa Kadu Bumbang, Kecamatan Cimanuk, Pandeglang, Banten.

Untuk cara pembuatannya dan menjaga kualitasnya, rasa apem putih, beras apem bohay digiling sendiri untuk dijadikan tepung, yang merupakan bahan baku kue tersebut. Lalu, tepung beras, dicampur dengan tape. Setelah itu, adonanpun didiamkan selama satu malam agar mengembang.

Setelah didiamkan selama satu malam, adonan tersebut dimasukan ke dalam cetakan yang terbuat dari daun pisang lalu kemudian dikukus selama setengah jam.

Setelah matang, kuliner Ramadan ini disantap dengan unik, Kamu harus mencocol apem tersebut dengan cairan gula yang terbuat dari gula aren namun, jika tidak ada gula. Kamu, bisa menggantinya dengan sirup gulamerah yang ditambahkan dengan santan dan potongan daun pandan. Nikmat bukan?

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF (Foto Istimewa)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 13:15 WIB

Perang Dagang AS-China Tak Berdampak pada Laju Bisnis Indofood

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Franciscus Wellirang menyebut tidak ada kekhawatiran terkait perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani

Sabtu, 25 Mei 2019 - 12:05 WIB

Ini Harapan Kadin untuk Pemerintah Lima Tahun Kedepan

Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan sejumlah harapan kepada pemerintah untuk lima tahun mendatang.

PGV Hadirkan Talk show Memilih Sekolah Bareng Kak Seto Sekolah Dekat Rumah Untungkan Orangtua & Anak

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:46 WIB

Lingkungan Baik dan Nyaman, Sekolah Dekat Dengan Hunian Jadi Pilihan

Menjelang tahun ajaran baru merupakan periode sibuk bagi para orangtua yang memiliki anak usia sekolah. Terutama bagi mereka yang baru pertama memasukan si buah hati ke tingkat pendidikan dasar.…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:40 WIB

BNI Bersama BNI Syariah Berkontribusi di Halal Park BUMN Bandara Soetta

Jakarta - BNI bersama BNI Syariah kembali berkontribusi maksimal untuk mendorong halal ekosistem. Setelah sebelumnya berpartisipasi di Halal Park Gelora Bung Karno (GBK), hari ini, Kamis (23/5),…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:24 WIB

Payout Ratio 90%, Telkom Bagikan Dividen Rp16,23 Triliun

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Tahun Buku 2018 yang dilaksanakan di Jakarta pada Jumat (24/5), menyetujui pembagian dividen…