Harga Minyak Mentah Global Naik, CPO Malaysia Lanjutkan Penguatan Harga Pekan ini

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 23 Mei 2018 - 18:45 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia pada perdagangan Rabu (23/05/18) dibuka pada level RM2.468 per ton, atau lebih rendah 0,36% dibandingkan harga pada penutupan sesi perdagangan sehari sebelumnya di level RM2.477 per ton.

“Pada Selasa kemarin, harga CPO Malaysia tersebut bergerak pada kisaran RM2.451-2.485 per ton dibandingkan hari ini pada kisaran harga RM2.463-2.483 per ton,” ujar Arie Nurhadi, analis riset PT Monex Investindo Futures, di Jakarta, Rabu (23/05/2018).

Nurhadi mengemukakan, harga CPO Malaysia naik ke posisi tertingginya dalam kurun waktu enam pekan terakhrir pada Selasa kemarin. Harga CPO untuk kontrak pengiriman Agustus 2018 di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik 1,3% menjadi RM2.477 atau setara US$624,63 per ton.

“Itu adalah harga CPO tertinggi untuk transaksi penjualan kontrak dalam enam pekan terakhir ini,” tukas Nurhadi.

Nurhadi menjelaskan, kenaikan harga CPO Malaysia dalam beberapa hari terakhir ini juga dipengaruhi oleh peningkatan harga minyak mentah global. Pasalnya, komoditas kelapa sawit tersebut juga digunakan sebagai bahan baku untuk memproduksi bio-diesel.

“Karena itu, kenaikan harga CPO pada Selasa lalu lebih disebabkan oleh kecemasan terhadap berlanjutnya penurunan produksi minyak mentah Venezuela setelah pemilihan presiden yang dipersengketakan dan potensi sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat terhadap anggota OPEC tersebut,” papar Nurhadi.

Proyeksi penurunan produksi CPO pada Mei 2018 juga mendukung peningkatan harga kontrak penjualan komoditas sawit tersebut. Itu karena adanya rilis data produksi CPO yang dirilis oleh Dewan Minyak Sawit Malaysia (MPOB) yang menunjukkan produksi CPO Malaysia pada April 2018 turun 1% menjadi 1,56 juta ton dibandingkan pada bulan sebelumnya.

“Meski demikian, volume produksi CPO tersebut masih yang level tertinggi sejak 2015,” imbuh Nurhadi. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sabtu, 07 Desember 2019 - 04:07 WIB

Peluang-Tantangan Korps Marinir dalam Era Revolusi Industru 4.0

Korps Marinir harus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan teknologi khususnya industri militer. untuk itu para komandan satuan harus mampu membina anggotanya sehingga menjadi…

Paparan Asrena DanKomar pada Rapat Staf dan Komando Korps Marinir

Sabtu, 07 Desember 2019 - 03:00 WIB

Paparan Asrena Dankomar kepada Perwira Marinir Wilayah Surabaya

Asisten Perencanaan dan Anggaran Komandan Korps Marinir (Asrena Dankormar) Kolonel Marinir Asril Tanjung, menyampaikan paparan kepada Perwira Marinir Wilayah Surabaya di Ruang Rekreasi Batalyon…

Direktur Umum dan Hukum LPDB-KUMKM Jaenal Aripin

Sabtu, 07 Desember 2019 - 00:14 WIB

LPDB Dorong KUKM Manggarai Barat Hasilkan Produk Premium

Jakarta-Lembaga Pengelola Dana Bergulir - Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB - KUMKM) bersinergi dengan sejumlah stakeholder dan lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas koperasi…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (ketiga dari kiri) dan Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana

Jumat, 06 Desember 2019 - 23:07 WIB

Grand Final IndiHome eSports League Lahirkan Pemain eSports Profesional Indonesia

Jakarta – Setelah berjalan hampir satu tahun terakhir, IndiHome eSports League telah sampai pada babak grand final yang digelar pada 6-8 Desember 2019 di Telkom Landmark Tower.

Peresmian Tol Kunciran-Serpong (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:26 WIB

Tol Kunciran-Serpong Diresmikan, Kawasan Industri Jakarta dan Banten Akan Terintegrasi

Dengan diresmikanya tol ini, Presiden Jokowi mengharapkan akan memberi dampak pada percepatan investasi dan daya saing nasional meskipun ruas tol ini berada di Banten.