Kue Perahu, Kuliner Khas Kota Jambi Saat Berbuka Puasa

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 21 Mei 2018 - 09:00 WIB

Kue Perahu Khas Jambi (Foto: cookpad.com)
Kue Perahu Khas Jambi (Foto: cookpad.com)

INDUSTRY.co.id, Jambi - Selain memiliki keindahan alam yang indah, Jambi juga mempunyai kuliner khas disaat bulan Ramadan yakni Kue Perahu atau yang biasa disebut Pedamaran. Kuliner ini, merupakan menu khas tradisional warga Jambi untuk berbuka puasa.

Salah seorang warga Jambi, Aisah ditemui Antara di salah satu lokasi penjualan takjil di Kota Jambi, Minggu (20/5/2018), mengatakan kue pedamaran cocok untuk santapan berbuka puasa apalagi kue tersebut banyak dijual di bulan Ramadan dan kue ini lembut untuk pencernaan dengan rasanya yang manis.

"Kalau lagi malas di dapur yang enak untuk santapan buka puasa yang kue perahu, rasanya yang manis dan lembut cocok untuk melepas dahaga," katanya.

Menurutnya, kue pedamaran itu dibuat dengan tepung beras, santan kelapa dan gula merah yang dikukus dengan daun pisang. Umumnya di Jambi bentuk cetakan daun pisang lebih mirip perahu, sebab itu di Jambi lebih identik disebut kue perahu. Namun kue ini juga ada di daerah lain di Indonesia.

"Di daerah Seberang Kota Jambi khususnya, kue pedamaran disebut kue perahu karena bentuk kue yang dikukus di daun pisang itu berbentuk perahu," kata Aisah.

Bagi warga Jambi untuk mendapatkan kue perahu itu sangat mudah, karena rerata di pasar-pasar takjil bahkan lapak-lapak di pinggir jalan dalam bulan Ramadhan banyak yang menjual kue tersebut.

Harganya pun cukup bersahabat yakni kisaran Rp5-10 ribu untuk satu kue, harga tergantung bentuk unik dan besaran kue tersebut. Kue tersebut memang paling banyak dicari. Selain kue pedamaran, kue-kue khas Jambi lainnya juga banyak dijajakan di pasar takjil yang biasanya dijajakan pedagang musiman atau hanya pada momen bulan puasa saja.

Ardi salah satu pedagang es buah dan beraneka ragam kue di pasar Mendalo, Muarojambi, mengatakan berjualan di bulan Ramadhan menjadi berkah tersendiri karena banyak pangan untuk berbuka puasa laris terjual.

Dia mengatakan berjualan menu berbuka puasa dilakoni sejak beberapa tahun lalu, kesehariannya adalah pekerja swasta. Jualan pangan kuliner buka puasa diakuinya adalah pekerjaan musiman.

"Kue-kue yang dijual ada yang dibuat sendiri dan ada yang dibeli kemudian dijual lagi. Jualan hanya di bulan puasa saja," kata Ardi salah satu pedagang kuliner di depan Kampus Unja Mendalo.

Sementara untuk memastikan pangan-pangan yang dijual di bulan puasa terjamin dari sisi kesehatan, maka BPOM Jambi terus melakukan pengawasan ke lapangan.

BPOM juga mengingatkan produsen, distributor dan pedagang untuk tidak menggunakan bahan berbahaya dalam pembuatan makanan.

"Untuk pelaku usaha jadilah produsen yang bertanggung jawab dengan tidak menggunakan bahan berbahaya. Dan untuk konsumen jadilah konsumen cerdas," kata Kepala BPOM Jambi, Ujang Suprayitna. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.