Kue Perahu, Kuliner Khas Kota Jambi Saat Berbuka Puasa

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 21 Mei 2018 - 09:00 WIB

Kue Perahu Khas Jambi (Foto: cookpad.com)
Kue Perahu Khas Jambi (Foto: cookpad.com)

INDUSTRY.co.id, Jambi - Selain memiliki keindahan alam yang indah, Jambi juga mempunyai kuliner khas disaat bulan Ramadan yakni Kue Perahu atau yang biasa disebut Pedamaran. Kuliner ini, merupakan menu khas tradisional warga Jambi untuk berbuka puasa.

Salah seorang warga Jambi, Aisah ditemui Antara di salah satu lokasi penjualan takjil di Kota Jambi, Minggu (20/5/2018), mengatakan kue pedamaran cocok untuk santapan berbuka puasa apalagi kue tersebut banyak dijual di bulan Ramadan dan kue ini lembut untuk pencernaan dengan rasanya yang manis.

"Kalau lagi malas di dapur yang enak untuk santapan buka puasa yang kue perahu, rasanya yang manis dan lembut cocok untuk melepas dahaga," katanya.

Menurutnya, kue pedamaran itu dibuat dengan tepung beras, santan kelapa dan gula merah yang dikukus dengan daun pisang. Umumnya di Jambi bentuk cetakan daun pisang lebih mirip perahu, sebab itu di Jambi lebih identik disebut kue perahu. Namun kue ini juga ada di daerah lain di Indonesia.

"Di daerah Seberang Kota Jambi khususnya, kue pedamaran disebut kue perahu karena bentuk kue yang dikukus di daun pisang itu berbentuk perahu," kata Aisah.

Bagi warga Jambi untuk mendapatkan kue perahu itu sangat mudah, karena rerata di pasar-pasar takjil bahkan lapak-lapak di pinggir jalan dalam bulan Ramadhan banyak yang menjual kue tersebut.

Harganya pun cukup bersahabat yakni kisaran Rp5-10 ribu untuk satu kue, harga tergantung bentuk unik dan besaran kue tersebut. Kue tersebut memang paling banyak dicari. Selain kue pedamaran, kue-kue khas Jambi lainnya juga banyak dijajakan di pasar takjil yang biasanya dijajakan pedagang musiman atau hanya pada momen bulan puasa saja.

Ardi salah satu pedagang es buah dan beraneka ragam kue di pasar Mendalo, Muarojambi, mengatakan berjualan di bulan Ramadhan menjadi berkah tersendiri karena banyak pangan untuk berbuka puasa laris terjual.

Dia mengatakan berjualan menu berbuka puasa dilakoni sejak beberapa tahun lalu, kesehariannya adalah pekerja swasta. Jualan pangan kuliner buka puasa diakuinya adalah pekerjaan musiman.

"Kue-kue yang dijual ada yang dibuat sendiri dan ada yang dibeli kemudian dijual lagi. Jualan hanya di bulan puasa saja," kata Ardi salah satu pedagang kuliner di depan Kampus Unja Mendalo.

Sementara untuk memastikan pangan-pangan yang dijual di bulan puasa terjamin dari sisi kesehatan, maka BPOM Jambi terus melakukan pengawasan ke lapangan.

BPOM juga mengingatkan produsen, distributor dan pedagang untuk tidak menggunakan bahan berbahaya dalam pembuatan makanan.

"Untuk pelaku usaha jadilah produsen yang bertanggung jawab dengan tidak menggunakan bahan berbahaya. Dan untuk konsumen jadilah konsumen cerdas," kata Kepala BPOM Jambi, Ujang Suprayitna. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pandemi Corona (covid-19)- foto/ist

Rabu, 01 April 2020 - 10:37 WIB

dr. Achamad Yurianto Ingatkan Kunci Keberhasilan Penanggulangan Covid-19 dengan Tunda Mudik, Jaga Jarak dan Cuci Tangan

Ia juga dengan sangat meminta kepada masyarakat untuk menunda mudik sementara waktu hingga Covid-19 selesai. Karena menurutnya, virus tersebut menular seiring dengan mobilitas seseorang. "Maka…

Petani pamerkan hasil panen jagung

Rabu, 01 April 2020 - 10:16 WIB

Petani Minahasa Tingkatkan Produksi Calon Benih Jagung Hibrida 1.5 Ton per Ha

Di tengah merebaknya virus Corona Covid-19, tidak mengurangi semangat petani Kecamatan Remboken, Minahasa untuk panen benih jagung hibrida karya anak bangsa varietas JH 37 seluas 100 Ha. Panen…

Ilustrasi Pasien Corona (ist)

Rabu, 01 April 2020 - 10:10 WIB

Hingga Rabu Pagi Kasus Positif Covid-19 Mencapai 1.528, Tersebar di 32 Provinsi

terdapat penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 114 kasus, sehingga total ada 1.528 kasus yang tersebar di 32 provinsi. Penambahan juga terjadi pada pasien sembuh dan pasien meninggal.

Angkasa Pura I Terapkan Layanan Custumer Service Virtual di 12 Bandara

Rabu, 01 April 2020 - 10:00 WIB

Angkasa Pura I Terapkan Layanan Custumer Service Virtual di 12 Bandara

PT Angkasa Pura I (Persero) menerapkan layanan customer service virtual di 12 bandaranya sejak 20 Maret. Hal ini merupakan salah satu upaya perusahaan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Rabu, 01 April 2020 - 09:45 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Bantu IKM Terdampak Virus Corona

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya meringankan beban Industri Kecil Menengah (IKM) akibat mewabahnya virus corona baru atau Covid-19 dengan mengidentifikasi permasalahan yang…