Indonesia Eximbank Siap Fasilitasi Perdagangan dengan Laos

Oleh : Herry Barus | Selasa, 08 Mei 2018 - 10:27 WIB

Ilustrasi Indonesia Eximbank. (Foto: Ist)
Ilustrasi Indonesia Eximbank. (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Vientiane- Indonesia Eximbank siap untuk membantu memperlancar mekanisme fasilitasi perdagangan dengan pihak Laos yang ingin melakukan kerja sama perdagangan dengan pengusaha perekonomian nasional.

"Kami siap memfasilitasi perdagangan antara Indonesia dan Laos," kata Managing Director Indonesia Eximbank Indra W Supriadi dalam acara seminar Forum Bisnis yang digelar di Vientiane, Laos, Senin (7/5/2018)

Menurut Indra, pihaknya diberikan target untuk mengucurkan dana pinjaman hingga sekitar Rp50 triliun pada tahun ini sehingga pengusaha Laos digarapkan juga dapat memanfaatkannya.

Selain memberikan layanan pembiayaan, ujar dia,maka Indonesia Eximbank juga menyediakan produk dan layanan beragam jaminan, asuransi dan "advisory services" (layanan konsultasi).

Sementara itu, Kepala Fungsi Ekonomi KBRI Laos Whisnu Krisnamurthi menginginkan pengusaha Laos untuk tidak takut guna berkonsultasi seluas-luasnya dengan Indonesia Eximbank.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pihak Laos tertarik untuk membeli industri alat utama sistem pertahanan (alutsista) dan pupuk dari Indonesia.

"Laos tertarik alutsista, kemudian juga dengan pupuk," katanya, usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Republik Demokratik Rakyat Laos Thongloun Sisoulith di Istana Bogor, 12 Oktober 2017.

Enggar juga mengungkapkan bahwa Laos juga tertarik industri furniture dari Indonesia ketika mengunjungi "Trade Expo Indonesia 2017" yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kota Tangerang.

Mendag mengungkapkan bahwa nilai perdagangan Indonesia dan Laos mencapai 10,071 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau meningkat dibanding 8,55 juta dolar AS pada 2015.

"Sekarang perdagangan 10 juta dolar AS. Akan kita tingkatkan sebesar mungkin," katanya.

Pada tahun 2017 hubungan Indonesia-Laos merayakan 60 tahun hubungan bilateral. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana meninggal dunia, pada Jumat, 3 April 2020.

Jumat, 03 April 2020 - 14:14 WIB

CEO Pupuk Kujang Meninggal Dunia

Jakarta-Kabar datang dari BUMN pupuk tanah air, Direktur Utama PT Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana meninggal dunia, pada Jumat, 3 April 2020.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (persero) Aas Asikin Idat (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 03 April 2020 - 14:00 WIB

Sejumlah Tantangan Bisnis Selama Delapan Tahun Ditewati Pupuk Indonesia

Tepat pada hari ini, PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai Holding BUMN Pupuk genap berusia 8 tahun. HUT yang mengusung tema “Bersatu, Berkarya, Demi Indonesia” ini diperingati dengan suasana…

Hotel (Ilustrasi)

Jumat, 03 April 2020 - 13:15 WIB

Per Kamis Kemarin Jumlah Hotel yang Tutup Capai 826, Ini Respon Menparekraf

Jumlah hotel yang menutup sementara operasionalnya di tengah pandemi virus corona (COVID-19) bertambah. Per hari ini, sudah 826 hotel terpaksa tutup karena tak lagi memiliki pengunjung.

Ilustrasi pernikahan (Foto Ist)

Jumat, 03 April 2020 - 13:06 WIB

KUA Enggan Layani Akad Nikah, Gara-gara Corona?

Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama menerbitkan edaran baru terkait protokol penanganan Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) pada pelayanan kebimasislaman. Edaran yang ditujukan ke Kepala Kanwil…

Shopee Donasi dan Subsidi 1 Juta Masker untuk Indonesia

Jumat, 03 April 2020 - 13:00 WIB

Shopee Donasi dan Subsidi 1 Juta Masker untuk Indonesia

Shopee, platform e-commerce terpercaya di Asia Tenggara dan Taiwan, kembali memberikan donasi dan subsidi sebanyak 1 juta masker untuk dokter dan tenaga medis melalui Badan Nasional Penanggulangan…