Masyarakat Menunggu Debat RR dengan Sri Mulyani Terkait Utang Luar Negeri

Oleh : Herry Barus | Senin, 30 April 2018 - 03:43 WIB

Debat Rizal Ramli dan Sri Mulyani (Tribunnews.com)
Debat Rizal Ramli dan Sri Mulyani (Tribunnews.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta -Keinginan ekonom senior Rizal Ramli (RR) untuk berdebat secara terbuka dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terkait dengan data utang luar negeri semata-mata untuk mengikuti permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya hanya ingin memenuhi permintaan Presiden Jokowi yang saya kira didasarkan pada niat baik untuk bangsa dan negara kita," kata mantan Menko Ekuin era pemerintahan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, di Bengkulu, Minggu (29/4/2018).

Jadi, sambung Rizal Ramli, apabila Presiden Jokowi sudah mempersilahkan semua pihak untuk mengadu data tentang utang luar negeri kepada pemerintah, sejatinya Menteri Keuangan selaku pihak yang paling bertanggung jawab tak ada alasan lain untuk menghadapinya.

"Kalau Pak Jokowi sudah meminta agar ada adu data tentang utang luar negeri, seharusnya Sri Mulyani memenuhi permintaan itu," tukas Rizal.

Sejauh ini, Rizal Ramli mengaku sudah tak sabar untuk berhadapan Sri Mulyani. Namun, hingga kini, tantangan Rizal hanya dianggap angin lalu.

Sejauh ini Sri Mulyani belum respon. Kelihatannya tidak punya nyali," sesal mantan Tim Panel Ekonomi PBB itu.

Rizal-pun mengaku punya alasan kuat untuk bersedia mengajukan diri menantang Sri Mulayani beradu argumen soal utang pemerintah yang makin tinggi.

"Saya orang yang biasa bekerja dengan data. Prediksi saya tentang krisis ekonomi 1997/1998 terbukti benar. Begitu juga dengan prediksi-prediksi lain," tukas Rizal Ramli.

Terkait dengan adanya saran Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto kepada Sri Mulyani untuk tak meladeni ajakan debat, Rizal menyayangkan hal itu. Menurut Rizal, sebagai petinggi PDIP, Hasto seharusnya berpihak kepada rakyat kecil.

"Setahu saya, PDIP itu didirikan untuk membela kepentingan wong cilik, bukan untuk membela wong licik," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

B4TPowerHouse

Minggu, 18 Agustus 2019 - 17:32 WIB

Mati Lampu? Balai Kemenperin Ciptakan Penyimpan Daya Listrik Portabel

Ketersediaan dan akses layanan energi listrik sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat saat ini. Pemerintah menargetkan rasio elektrifikasi di seluruh wilayah Indonesia akan menembus di angka…

Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana (kedua dari kiri), dan Direktur Human Capital Management Telkom Edi Witjara (paling kiri) berbelanja produk kerajinan di UKM Binaan Telkom

Minggu, 18 Agustus 2019 - 16:47 WIB

Telkom Terlibat Selenggarakan Jalan Sehat di Kaltara

Tarakan – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama Perum Jamkrindo dan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menyelenggarakan Jalan Sehat yang diikuti sebanyak tidak kurang dari…

TACO dan Senayan City Luncurkan Pameran Karya Kita

Minggu, 18 Agustus 2019 - 13:19 WIB

TACO dan Senayan City Luncurkan Pameran Karya Kita

sebuah perusahaan yang bergerak di bidang bahan bangunan khususnya produk-produk interior, bekerjasama dengan Senayan City menghadirkan KARYA KITA dengan tema Mosaic of Diversity. Didukung oleh…

Daerah Irigasi Lakitan Sumsel

Minggu, 18 Agustus 2019 - 12:16 WIB

Kementerian PUPR Bangun Saluran Irigasi Primer 3,5 Km dan Sekunder 25 Km di Sumatera Selatan

Luasan DI Air Lakitan akan bertambah 2.590 hektar untuk memenuhi luas layanan 9.697 hektare.

Hunian Sementara atau Huntara

Minggu, 18 Agustus 2019 - 12:10 WIB

786 Bilik Huntara Tersisa Segera Dihuni Warga Terdampak Bencana di Palu, Sigi dan Donggala

Jakarta - Kementerian PUPR membangun hunian sementara (huntara) sebanyak 699 unit yang terdiri dari 8.388 bilik di 72 lokasi di Palu, Sigi dan Donggala. Pembangunan huntara bertujuan agar warga…