Gelaran Global Symposium Indonesia, ICDX Jawab Potensi Investasi Komoditi di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Jumat, 27 April 2018 - 22:43 WIB

CEO ICDX Lamon Ruten (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
CEO ICDX Lamon Ruten (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebagai salah satu bursa global, Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) terus mendukung upaya Pemerintah Indonesia memperkuat perekonomian melalui industri perdagangan berjangka. Salah satunya dengan mendukung kegiatan PhillipCapital Global Symposium Indonesia 2018, yang digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Acara yang diikuti stakeholder, pialang dan bursa dari luar negeri tersebut akan dimanfaatkan ICDX sebagai ajang untuk meningkatkan minat investor untuk berinvestasi di Indonesia.  

Bertajuk “Commodity and Digital Economy, Opportunities and Challenges amidst Monetary and Political Dynamics”, event internasional ini menghadirkan panelis dari bursa-bursa luar negeri seperti Asia Pacific Exchange (APEX), Bursa Malaysia Derivatives Berhad, Chicago Mercantile Exchange (CME), Intercontinental Exchange (ICE), Singapore Exchange (SGX).

Menurut Chief Executive Officer (CEO) ICDX, Lamon Rutten, simposium ini memberikan kesempatan para pelaku industri perdagangan derivatif global untuk melihat lebih banyak peluang di Indonesia. “Dan saya pikir ajang ini bisa menjadi kesempatan yang baik bagi pasar komoditi untuk mendapatkan posisi di tingkat internasional," kata Lamon Rutten.

Apalagi, kata Lamon, volatilitas pasar komoditi sedang membaik dengan proyek One Belt One Road yang digagas Pemerintah China. Menurut dia, program tersebut meningkatkan permintaan komoditas global. "Ini saat yang tepat bagi investor untuk melakukan diversifikasi ke dalam sektor komoditas," ujarnya.

Dalam acara ini, Lamon juga akan memberikan masukan dan perkembangan terkini pasar bursa berjangka global. Kata dia, ICDX juga terus berupaya meningkatkan integritas pasar sebagai investasi masa depan dalam membangun bursa perdagangan derivatif di Indonesia. 

Didirikan sejak 23 Juni 2009, ICDX terus berkomitmen menjadi bursa komoditi derivatif terbaik di Asia Tenggara, dengan menciptakan pasar yang transparan, kredibel dan efisien. Karena itu, bursa komoditi derivatif terbesar di Indonesia ini menyediakan layanan transaksi dengan teknologi dan penjaminan yang aman, efektif dan efisien serta memberikan tempat bagi mereka yang ingin melakukan lindung nilai, arbitrage ataupun diversifikasi investasi .

Saat ini, ICDX menawarkan aneka produk komoditi seperti timah, crude palm oil (minyak sawit mentah), olein, emas, ratusan produk penyaluran amanat luar negeri dan over the counter.

Demi menggenjot transaksi, ICDX berinovasi dengan meluncurkan produk baru yakni GOFX. Produk anyar yang terdiri dari gold (emas), crude oil (minyak mentah) dan forex (mata uang asing) ini rencananya akan di launching pada triwulan III tahun 2018.

Kehadiran produk ini diharapkan memberikan pengalaman baru bagi pelaku perdagangan produk tersebut. Sekaligus menggaet masyarakat Indonesia untuk berinvestasi di salah satu bursa berjangka di Indonesia.

Inilah tahap awal jawaban Bursa Komoditi dan Derivatif  Indonesia (BKDI) akan harapan semua lapisan rakyat Indonesia, menjadi tuan di rumahnya sendiri. Kaya dengan berbagai komoditi unggulan dan sekaligus menjadi pasar internasional. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sri Mulyani

Kamis, 02 April 2020 - 11:05 WIB

Lihat, Betapa Pusingnya Sri Mulyani Hadapi Virus Corona

Pemerintah semakin waswas dengan penyebaran virus corona yang kian massif. Pemerintah pun menyampaikan skenario terburuk yang akan dialami jika pandemi asal Wuhan ini terus berlanjut. Menteri…

Antaraja Gratiskan Ongkir Pengiriman Perlengkapan Kesehatan

Kamis, 02 April 2020 - 11:00 WIB

Antaraja Gratiskan Ongkir Pengiriman Perlengkapan Kesehatan

Anteraja, perusahaan pengiriman barang berbasis teknologi di bawah PT Tri Adi Bersama menunjukkan kepedulian dan dukungan terhadap program pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus corona…

Gratis Tarif Listrik ditengah Pandemi Corona

Kamis, 02 April 2020 - 10:18 WIB

Soal Stimulus Tarif Listrik, Dirjen ESDM: Berapun Pakainya ya Gratis, Tidak Bayar

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan, keringanan tagihan listrik bagi pelanggan rumah tangga daya 450 VA yang regular atau pascabayar akan digratiskan…

PT Anabatic Technologies Tbk Dukung Pemkot Tangerang Bangun Ruang Isolasi

Kamis, 02 April 2020 - 10:14 WIB

PT Anabatic Technologies Tbk Dukung Pemkot Tangerang Bangun Ruang Isolasi

PT Anabatic Technologies Tbk menyambut baik dan siap mendukung rencana Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk membangun ruang isolasi khusus pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan yang…

Kepala Pelatih Ganda Putra PBSI Herry Iman Pierngadi. (Foto Dok Wartakota/Tribunnews)

Kamis, 02 April 2020 - 10:00 WIB

Pelatih Herry IP Siapkan Program Khusus PBSI Jelang Olimpiade

Wabah Covid-19 membuat International Olympic Committee (IOC) menunda penyelenggaraan event olahraga terakbar Olimpiade Tokyo 2020 hingga 23 Juli - 8 Agustus 2021 mendatang. Hal ini mau tak mau…