Investor Korea Berminat Produksi The Kelor NTB

Oleh : Hariyanto | Kamis, 26 April 2018 - 13:40 WIB

Daun kelor (Foto Dok Industry.co.id)
Daun kelor (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Mataram- Investor Korea Selatan berminat menjalin kemitraan dengan CV Tri Utami untuk memproduksi teh kelor Moringa Sasambo di Nusa Tenggara Barat untuk dipasarkan ke berbagai negara.

"Masih dalam penjajakan. Tapi investor dari Korea itu sudah berkomunikasi dengan saya membahas rencana bekerja sama," kata Direktur CV Tri Utami, Nasrin, di sela penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Wilayah NTB dengan Perum Badan Urusan Logistik Divisi Regional NTB, di Mataram, Rabu (25/4/2018)

Meskipun masih penjajakan, kata dia, calon mitra bisnis tersebut sudah memberikan gambaran pola kerja sama yang akan dibangun.

Pola kemitraan yang akan dijalankan adalah memproduksi teh kelor Moringa Sasambo secara bersama-sama di NTB dengan menggandeng para petani di Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu sebagai mitra.

Investor Korea itu, kata Nasrin, siap membeli lahan di Kecamatan Kilo, untuk dijadikan lokasi penyimpanan dan pengeringan daun kelor, sebelum diproduksi menjadi teh.

"Investor itu juga siap mendatangkan beberapa jenis mesin produksi dari negaranya," ujar Nasrin sambil menunjukkan foto-foto beberapa jenis mesin yang akan didatangkan dari Korea.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Japnas NTB Bidang Perdagangan ini, menambahkan pengusaha dari Negeri Ginseng itu juga sudah memberikan sinyal akan membantu proses pemasaran di negaranya.

Perkiraan volume ekspor teh kelor Moringa Sasambo sebanyak 20 ribu toples per bulan. Satu toples beratnya 150 gram dengan harga jual Rp150 ribu.

"Kami juga sudah menjajaki pola bagi hasil dari kerja sama bisnis yang akan dijalankan. Mudahan dalam waktu dekat, kami sudah menjalankan kemitraan tersebut," ucap Ketua Gabungan Pengusaha Jamu NTB ini.

Jika kemitraan tersebut terealisasi, kata dia, maka pola industri pengolahan daun kelor menjadi teh akan dilakukan dengan prinsip pemberdayaan petani dan memanfaatkan kearifan lokal.

Pihaknya berencana mengembangkan kampung wisata kelor yang diintegrasikan dengan edukasi tentang berbagai manfaat tanaman kelor. Selain itu, membangun kelembagaan petani kelor berupa koperasi.

"Konsep pemberdayaan yang akan kami terapkan agar petani menikmati peningkatan kesejahteraan," kata Nasrin.

Saat ini, CV Tri Utami sudah mengekspor the Moringa Sasambo ke Taiwan. Ekspor perdana sebanyak 1.500 toples dilakukan pada Maret 2018 melalui eksportir di Jakarta yang menjadi mitra atau agen tunggal. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

FOTO LOW CARB

Sabtu, 20 April 2019 - 01:33 WIB

Indonesia Menjadi Tuan Rumah Untuk Seminar Pertama Yang Mengangkat Karbohidrat

April 2019 (Jakarta, Indonesia), Low Carb Indonesia (LCI) bekerjasama dengan Low Carb USA mengadakan Indonesia International Low Carb Conference (IILCC) 2019 yang akan berlangsung selama 2 hari…

Chatuchak Weekend Market (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 21:00 WIB

Penting Dicatat Para Shopaholic! Enam Destinasi Belanja di Seluruh Dunia

Ada banyak cara untuk mengangkat suasana hati seseorang, namun terapi ritel tidak diragukan lagi merupakan pilihan populer di antara banyak orang Indonesia, terutama ketika mereka bepergian.

Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)

Jumat, 19 April 2019 - 19:00 WIB

Menristekdikti: Revolusi Industri 4.0 Perlu Peningkatan Pendidikan Vokasi

Di era Revolusi Industri 4.0 ini, mutu dan relevansi pendidikan tinggi vokasi terhadap industri perlu ditingkatkan, agar Indonesia dapat memenuhi kebutuhan tenaga profesional dalam industri…

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 17:00 WIB

Industri Pariwisata, Andalan PAD Kabupaten Agam Sumbar

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp140 juta dari tiga objek wisata milik pemerintah setempat selama 2019.

CK Fong Presiden Direktur Treasure Bay Bintan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 15:00 WIB

Setahun, Treasure Bay Bintan Dikunjungi 180 Ribu Wisatawan

Objek wisata Treasure Bay yang ada di kawasan wisata Lagoi, Bintan masih menjadi objek wisata unggulan di Pulau Bintan bahkan di Kepri. Pada 2018 saja, resort yang dibangun dilahan seluas 338…