Industri Busana Muslim Indonesia Diakui Masyarakat Dunia

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 19 April 2018 - 15:22 WIB

Presiden Jokowi acara Muslim Fashion Festival (Foto Herlambang)
Presiden Jokowi acara Muslim Fashion Festival (Foto Herlambang)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo mengatakan, saat bertemu dengan masyarakat di negara lain, banyak yang menyampaikan keindahan industri busana muslim karya perancang asal Indonesia.

"Setiap kali saya keliling dunia, banyak bertemu dengan orang, selalu mereka menyampaikan kepada saya bahwa busana muslim desainer Indonesia sangat luar biasa dan sangat digandrungi," ungkap Jokowi dalam sambutan pembukaan Muslim Fashion Festival (Mufest) Indonesia 2018 di Balai Sidang Jakarta pada Kamis.

Menurut Presiden, beberapa rancangan busana muslim Indonesia merupakan hasil karya dari sektor UMKM Tanah Air.

Di tengah kompetisi global, Presiden berharap seluruh pemangku kepentingan dalam industri busana muslim dapat bekerja sama agar busana asal Indonesia memiliki ciri khas tradisi Indonesia.

"Sekarang tinggal kita bagaimana mengembangkan ini sehingga tadi seperti disampaikan oleh Ketua Indonesia Fashion Chamber, Indonesia bisa menjadi pusat busana muslim dunia," ujar Jokowi kepada awak media.

Dalam sambutannya, Presiden juga mengapresiasi salah satu start-up asal Indonesia yang mempromosikan busana muslim memanfaatkan teknologi digital dengan laman hijup.com.

Presiden memuji produk, desain laman dan pelayanan hijup yang atraktif menggunakan inovasi teknologi digital.

Kepala Negara juga mengatakan industri busana muslim perlu bersinergi melihat peluang ke sektor lain, salah satunya sektor olahraga.

Industri busana perlu "melirik" inovasi dan kebutuhan atlet dalam beraktivitas olahraga dengan nilai-nilai tetap sebagai busana muslim.

"Inilah contoh pendekatan yang sangat baik, sangat progresif memanfaatkan 'e-commerce' untuk menjalankan muslim fashion benar-benar untuk abad 21," ujar Jokowi.

Dalam acara itu, Jokowi juga mengingatkan agar model busana muslim memunculkan gaya tradisi khas Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya. foto: Tribratanews.polri.go.id

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:13 WIB

Bareskrim Polri Komitmen Tuntaskan Kasus Penipuan Investasi KSP Indosurya

Jakarta-Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…

Bandara Internasional Batam (Foto Dok Tribunnews)n

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:07 WIB

Bandara Internasional Batam DiharapkanSebagai Cargo Hub dan E-commerce

etua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penandatangan MoU antara PT. BS Kargo Indonesia dengan PT. Bandara Internasional Batam dalam bidang e-commerce dan logistik. PT. BS Kargo Indonesia…