Industri Busana Muslim Indonesia Diakui Masyarakat Dunia

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 19 April 2018 - 15:22 WIB

Presiden Jokowi acara Muslim Fashion Festival (Foto Herlambang)
Presiden Jokowi acara Muslim Fashion Festival (Foto Herlambang)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo mengatakan, saat bertemu dengan masyarakat di negara lain, banyak yang menyampaikan keindahan industri busana muslim karya perancang asal Indonesia.

"Setiap kali saya keliling dunia, banyak bertemu dengan orang, selalu mereka menyampaikan kepada saya bahwa busana muslim desainer Indonesia sangat luar biasa dan sangat digandrungi," ungkap Jokowi dalam sambutan pembukaan Muslim Fashion Festival (Mufest) Indonesia 2018 di Balai Sidang Jakarta pada Kamis.

Menurut Presiden, beberapa rancangan busana muslim Indonesia merupakan hasil karya dari sektor UMKM Tanah Air.

Di tengah kompetisi global, Presiden berharap seluruh pemangku kepentingan dalam industri busana muslim dapat bekerja sama agar busana asal Indonesia memiliki ciri khas tradisi Indonesia.

"Sekarang tinggal kita bagaimana mengembangkan ini sehingga tadi seperti disampaikan oleh Ketua Indonesia Fashion Chamber, Indonesia bisa menjadi pusat busana muslim dunia," ujar Jokowi kepada awak media.

Dalam sambutannya, Presiden juga mengapresiasi salah satu start-up asal Indonesia yang mempromosikan busana muslim memanfaatkan teknologi digital dengan laman hijup.com.

Presiden memuji produk, desain laman dan pelayanan hijup yang atraktif menggunakan inovasi teknologi digital.

Kepala Negara juga mengatakan industri busana muslim perlu bersinergi melihat peluang ke sektor lain, salah satunya sektor olahraga.

Industri busana perlu "melirik" inovasi dan kebutuhan atlet dalam beraktivitas olahraga dengan nilai-nilai tetap sebagai busana muslim.

"Inilah contoh pendekatan yang sangat baik, sangat progresif memanfaatkan 'e-commerce' untuk menjalankan muslim fashion benar-benar untuk abad 21," ujar Jokowi.

Dalam acara itu, Jokowi juga mengingatkan agar model busana muslim memunculkan gaya tradisi khas Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bag Pictures Produksi Film Horor Kerjasama dengan Perusahaan Film Malaysia

Rabu, 18 September 2019 - 22:00 WIB

Bag Pictures Produksi Film Horor Kerjasama dengan Perusahaan Film Malaysia

Sepertinya film genre horor yang tengah digemari penikmat film menginpirasi Bagiono pemilik rumah produksi Bag Pictures.

Sutedja Sidarta Darmono, Presiden Direktur Jababeka Residence

Rabu, 18 September 2019 - 21:25 WIB

Sutedja Sidarta Darmono: Kedepan, Kawasan Timur Jakarta Akan Sangat Hebat

Melihat indikator dan potensi yang ada, dalam sepuluh tahun ke depan, kawasan Timur Jakarta diyakini bakal bersaing, bahkan melebihi wilayah Barat Jakarta.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 18 September 2019 - 21:01 WIB

Kementerian PUPR Mendapat Alokasi Anggaran Rp 120,21 Triliun Pada Tahun 2020

Alokasi anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam RAPBN TA 2020 disetujui Komisi V DPR RI sebesar Rp 120,21 triliun.

Bukalapak Bermitra Dengan Pluang Sediakan Produk Investasi Cicil Emas

Rabu, 18 September 2019 - 20:41 WIB

Bukalapak Bermitra Dengan Pluang Sediakan Produk Investasi Cicil Emas

Melalui produk terbaru tersebut, pelanggan dapat mengikuti investasi mulai dari 1 gram emas dengan masa cicilan paling sedikit 3 bulan, sesuai harga yang ditetapkan saat awal pembelian.

Kepala BPPI Kemenperin Ngakan Timur Antara

Rabu, 18 September 2019 - 20:05 WIB

Kemenperin Bentuk Ekosistem Industri 4.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah merumuskan pembentukan ekosistem industri 4.0. Ada lima poin mengenai manfaat dari ekosistem tersebut.