Mau Alihkan Kredit Konven ke BNI Syariah, Gini Caranya

Oleh : Wiyanto | Senin, 16 April 2018 - 14:43 WIB

BNI Syariah. (Foto: IST)
BNI Syariah. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-BNI Syariah menilai masyarakat banyak yang ingin mengalihkan kredit baik mobil atau rumah ke syariah. Itu merupakan peluang besar bagi pihaknya. 

Wahyu Avianto, Pemimpin Divisi Keuangan BNI Syariah mengatakan, pengalihan tersebut, nanti akad yang digunakan adalah hiwalah atau take over. Namun saat ini masih menggunakan akad wakalah.

"Masyarakat yang mau take over bisa kita fasilitasi, banyak yang mau," kata dia di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Akad hiwalah saat ini sedang diajukan ke OJK untuk bahan masukan agar akad tersebut dapat digunakan untuk transaksi  take over. Baru BNI Syariah yang mengajukan ke OJK. Pengajuan tersebut disesuaikan kebutuhan nasabah yang mengajukan akad hiwalah.

"Namum saat ini belum muncul regulasi piutang hiwalah, lagi diajukan dengan OJK. Potensi akad hiwalah sangat besar apalagi perumahan. Masyarakat ingin hijrah banyak sehingga siapkan solusi. Ajukan ke OJK moga dalam waktu dekat bisa launching," katanya.

Menurut dia, pihaknya juga sudah berdiskusi dengan dewan pengawas syariah, tujuannya agar pencatatannya benar-benar susuai.

"Mungkin  pendekatan piutang qord, darurat sampai pencatatan lebih sesuai juga diakui dewan pengawas syariah. Saat ini baru BNI syariah ke OJK," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pameran JWX 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 09:09 WIB

Catat! Pameran Jam Tangan Mewah & Tas Premium Kelas Atas Digelar Kamis -Minggu Ini di Grand Indonesia

Jakarta Watch Exchange atau lebih dikenal dengan JWX, merupakan pameran terbesar di Indonesia, dan sudah diselenggarakan keempat kalinya, menggelar eksibisi jam tangan mewah, tas-tas bermerek…

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.